MAKNA FILOSOFIS DALAM PAGELARAN KESENIANSINTREN DI SANGGAR SEKAR INSANI CIREBON

Eka Wati(1*),


(1) IAIN Syekh Nurjati Cirebon
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini membahas tentang Filsafat Nilai Pertunjukan Kesenian Sintren (Studi Kasus Sanggar Sintren Sekar Insani desa Babadan, Gunungjati, Kabupaten Cirebon). Cirebon adalah kota yang kaya akan kesenian dan budaya. Cirebon memiliki banyak kesenian dan budaya diantaranya yaitu sintren. Pertunjukan kesenian sintren syarat akan nilai-nilai filosofis. Nilai-nilai filosofis tersebut ada dalam  unsur-unsur yang ada dalam pertunjukan kesenian sintren. Dalam pementasan kesenian sintren sangat banyak pesan-pesan yang terselubung yang mengandung nilai-nilai falsafah keagamaan, dapat dilihat pada saat pementasannya, gerakan tariannya, lagu-lagu yang dinyanyikan, alat musik yang digunakan semua itu mengandung unsur keagamaan agar penonton mudah menangkap pesan kesan yang ingin disampaikan dalam pertunjukan kesenian sintren tersebut. Selain sebagai tontonan, pertunjukan kesenian sintren juga berfungsi sebagai tuntunan. Pesan-pesan simbolik di setiap adegannya mengandung unsur-unsur pendidikan. Tujuan diadakannya penelitian ini yaitu untuk mengetahui dan mengidentifikasi falsafah nilai yang terdapat dalam kesenian Sintren, untuk menambah wawasan tentang kesenian dan kebudayaan terutama kesenian Sintren.Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, maka kehadiran penelitian ini observasi di lapangan dan wawancara sangat penting. Data yang berbentuk hasil wawancara yang diperoleh dari para informan, sedangkan data tambahan berupa dokumen. Analisis data dilakukan dengan cara menelaah data yang ada.


Full Text:

PDF

References


Aliet Noorhayati. Metafisika dalam Tarian Sintren (Filsafat Pantura). Jurnal Yaqzan: IAIN Syekh Nurjati Edisi I/No.2/Juli-Desember, 2015.

Amin, Samsul Munir. Ilmu Tasawuf. Jakarta: AMZAH, 2012.

Bakker.SJ, J.W.M. Filsafat Kebudayaan: Sebuah Pengantar. Yogyakarta: PT.Kanisius, 1984.

Daradjah, Zakiah. Perbandingan Agama 1. IAIN Jakarta: Jakarta, 1982.

Hendropuspito. Sosiologi Agama. Kanisius: Yogyakarta, 1983.

Komala, Diah Laksmiwati dkk, SINTREN (Rumah Budaya Nusantara Pesambangan Jati Cirebon: Cirebon.

Kholil, Ahmad. Agama (Kultural) Masyarakat Pinggiran. UIN-MALIKI PRESS: Malang, 2011

Labib. Memahami Ajaran Tashawwuf. Surabaya: Bintang Usaha Jaya, 2001.

Laksmiwati. Rumah Budaya Nusantara Pesambangan Jati Cirebon. Yogyakarta: Deepublish, 2013.

Notowidagdo, Rohiman. Ilmu Budaya Dasar. Jakarta: PT.RajaGrafindo Persada, 2000.

Ryan Prayogi dan Endang Danial. Pergeseran Nilai-Nilai Budaya pada Suku Bonai sebagai Civic Culture di Kecamatan Bonai Darussalam Kabupaten Rokan Hulu Provinsi Riau. Jurnal Humanika Vol. 23 No. 1, 2016.

Subagya, R. Agama Asli Indonesia. Sinar Harapan: Jakarta, 1979.

Scharf, Betty R. Sosiologi Agama. Prenada Media: Jakarta Timur, 2004.

Sudarto. Metodologi Penelitian Filsafat, Jakarta: RajaGrafindo Persada, 2002.

Suparto, Charim. Deskripsi Kesenian Daerah Cirebon. Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Cirebon: Sumber, 2009.

Tumanggor, Rusmin dkk. Ilmu Sosial dan Budaya Dasar. Jakarta: Kencana, 2012.




DOI: 10.24235/jy.v3i2.5483

Article Metrics

Abstract view : 82 times
PDF - 35 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Yaqzhan: Analisis Filsafat, Agama dan Kemanusiaan Indexed By : 

              

                 



Editorial Office:

FUAD Building, 2nd Floor, Department of Aqeedah and Islamic Philosophy, Faculty of Ushuluddin, Adab and Dakwah, IAIN Syekh Nurjati Cirebon. Perjuangan Street of Sunyaragi, Cirebon City, West Java, Indonesia 45132 Phone. 0231-489926 email: yaqzhanjurnal@gmail.com

Jurnal Yaqzhan: Analisis Filsafat, Agama dan Kemanusiaan is licensed under a Creative Commons 4.0 International License.