NILAI-NILAI YANG TERKANDUNG DALAM TRADISI MASYARAKAT DAYAK HINDU BUDHA BUMI SEGANDU UNTUK MEWUJUDKAN GOOD AND SMART CITIZEN

Risladiba Risladiba(1*),


(1) IAIN Syekh Nurjati Cirebon
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan nilai-nilai yang terkandung dalam tradisi yang menjadi ciri khas dari masyarakat Dayak Hindu Budha Bumi Segandu. Masyarakat Dayak Hindu Budha Bumi Segandu adalah suatu komunitas Dayak yang berada di Kecamatan Losarang, Kabupaten Indramayu, sehingga disebut juga Dayak Losarang. Masyarakat Dayak Losarang tersebut memiliki tradisi yang menjadi ciri khas dari komunitasnya. Di dalam tradisi mereka, terkandung nilai-nilai yang diamalkannya dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Hasil penelitian menunjukkan, bahwa nilai-nilai yang terkandung dalam tradisi masyarakat Dayak Losarang antara lain:  Ajaran Sejarah Alam Ngaji Rasa, yakni merupakan ajaran etika yang menjadi sumber segala kebaikan, Memuliakan Wanita (Istri) dan Anak, Kesabaran, Bener, Jujur, Nerima, Lakonana Barang Kang Lima (melaksanakan Perkara yang lima), Toleransi, Menjaga Keharmonisan dengan Sesama Makhluk.


Full Text:

PDF

References


Coomans, Mikhail. Manusia Daya: Dahulu, Sekarang, Masa Depan. Jakarta: Gramedia, 1987.

Damanhuri, Dkk. “Implementasi Nilai-Nilai Pancasila Sebagai Upaya Pembangunan Karakter Bangsa (Studi Kasus Di Kampung Pancasila Desa Tanjung Sari Kecamatan Pabuaran Kabupaten Serang).” Untirta Civic Education Journal 1, no. 2 (2016): 185–98.

Hanifi, Muhammad Luthfan. “Ritual Perang Dalam Kebudayaan Suku Dayak.” Jurnal Sabda 11, no. 2 (2016): 83–87.

Koentjaraningrat. Manusia Dan Kebudayaan Di Indonesia. Anem Kosong Anem: Dambatan, 1970.

Mulyana, Rohmat. Mengartikulasikan Pendidikan Nilai. Bandung: Alfabeta, 2004.

Sauri Sofian. Sebuah Artikel Pendidikan Nilai: Ilmu Dan Aplikasi Pendidikan, Bagian III: Pendidikan Disiplin Ilmu. Bandung: Imperial Bhakti Utama, 2007.

Solikin, Asep. “Bimbingan Spiritual Berbasis Nilai-Nilai Budaya.” Jurnal Al-Tahrir 15, no. 1 (2015): 219–35.

Sugiyono. Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2014.

Tarsono, Tarsono. “CHARACTER BUILDING PADA MANUSIA (Analisis Terhadap Budaya Suku Dayak Losarang Indramayu).” Psympathic : Jurnal Ilmiah Psikologi 1, no. 1 (2016): 32–48. https://doi.org/10.15575/psy.v1i1.465.




DOI: 10.24235/jy.v6i1.6161

Article Metrics

Abstract view : 27 times
PDF - 5 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Yaqzhan: Analisis Filsafat, Agama dan Kemanusiaan Indexed By : 

              

                 



Editorial Office:

FUAD Building, 2nd Floor, Department of Aqeedah and Islamic Philosophy, Faculty of Ushuluddin, Adab and Dakwah, IAIN Syekh Nurjati Cirebon. Perjuangan Street of Sunyaragi, Cirebon City, West Java, Indonesia 45132 Phone. 0231-489926 email: yaqzhanjurnal@gmail.com

Jurnal Yaqzhan: Analisis Filsafat, Agama dan Kemanusiaan is licensed under a Creative Commons 4.0 International License.