Pengembangan Media Papan Flanel pada Keterampilan Berbicara bagi Siswa Sekolah Dasar

Risfi Aulya Hanni(1*), Sigit Yulianto(2),


(1) Universitas Negeri Semarang
(2) Universitas Negeri Semarang
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan desain dan mengetahui efektivitas media papan flanel muatan materi kalimat fakta dan opini pada mata pelajaran Bahasa Indonesia, sebagai media pembelajaran untuk meningkatkan keterampilan berbicara siswa kelas IV sekolah dasar (SD). Metode penelitian pengembangan ini menggunakan model ADDIE. Dilaksanakan di SDN Sekaran 01 Kota Semarang, uji coba produk skala kecil dilakukan pada 10 siswa kelas IVA dan uji coba pemakaian produk skala besar pada 28 siswa kelas IVB. Pengumpulan data meliputi observasi, penyebaran angket validasi dan respons, tes, wawancara serta dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media papan flanel memperoleh nilai kelayakan sebesar 96% oleh ahli media dan 92% oleh ahli materi. Hasil uji coba kelompok besar diperoleh nilai rata-rata 56,79 pada pretest dan pada posttest nilai rata-rata meningkat menjadi 88,07. Hal ini, menjadi bukti bahwa media papan flanel muatan materi kalimat fakta dan opini pada mata pelajaran Bahasa Indonesia efektif dan layak digunakan sebagai media alternatif strategis dalam pembelajaran berbasis praktik langsung, serta disarankan untuk digunakan dan dikembangkan lebih lanjut dalam pembelajaran keterampilan berbahasa di sekolah dasar.

Development of Flannel Board Media on Speaking Skills for Elementary School Students

This study aims to develop a design and determine the effectiveness of flannel board media content of fact and opinion sentences in Indonesian language subjects, as a learning medium to improve the speaking skills of grade IV elementary school (SD) students. This development research method uses the ADDIE model. This research was conducted for 1 month at SDN Sekaran 01 Semarang, with a small-scale trial conducted on 10 students of class IVA and a large-scale product usage trial on 28 students of class IVB. Data collection included observation, questionnaires, tests, interviews, and documentation. The results showed that the flannel board media obtained a feasibility score of 96% by media experts and 92% by material experts. The results of the large group trial obtained an average value of 56.79 on the pretest, and on the posttest, the average value increased to 88.07. This is evidence that the flannel board media content of fact and opinion sentences in Indonesian language subjects is effective and feasible to use as a strategic alternative media in hands-on practice-based learning, and it is recommended to be used and developed further, especially in learning language skills in elementary schools.


Keywords


elementary schools; flanel board media; Indonesian; speaking skills

Full Text:

PDF

References


Afriani, L., Mutmainnah, M., & Sunarni, S. (2025). Understanding the Design of Research and Development Methods in the Field of Education. IJESS: International Journal of Education and Social Science, 6(1), 1–5. https://doi.org/10.56371/ijess.v6i1.333

Anjelina, N., & Tarmini, W. (2022). Keterampilan Berbicara Siswa Sekolah Dasar pada Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Basicedu, 6(4), 7327–7333. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3495

Apriani, P. S., Gunawan, H., & Ledyawati, L. (2025). Menumbuhkan Rasa Cinta dan Bangga Berbahasa Indonesia pada Siswa-Siswi SMPN 19 Bengkulu Selatan. Jurnal Pendidikan dan Pengabdian Masyarakat, 8(1), 58–63. https://doi.org/10.29303/jppm.v8i1.8390

Astuti, I. A. D., & Bhakti, Y. B. (2018). Interactive learning multimedia based Microsoft excel on the temperature and heat. Unnes Science Education Journal, 7(1), 1–6.

Basri, F., Sahib, H., & Kaharuddin, K. (2023). Peran Guru dalam Meningkatkan Keterampilan Berbicara Siswa pada Pembelajaran Bahasa Indonesia. Journal of Innovation Research and Knowledge, 2(8), 3043–3052.

Carolina, Y. Dela. (2023). Augmented Reality sebagai Media Pembelajaran Interaktif 3D untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Digital Native. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 8(1), 10–16. https://doi.org/10.51169/ideguru.v8i1.448

Dash, M. (2023). Cone of Experience. Dalam AECT at 100 (Vol. 6, hlm. 136–144). BRILL. https://doi.org/10.1163/9789004682580_010

Dewi, K. (2017). Pentingnya Media Pembelajaran untuk Anak Usia Dini. Raudhatul Athfal: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(1), 81–96. https://doi.org/10.19109/ra.v1i1.1489

Dick, W., & Carey, L. (1996). The Systematic Design of Instruction (4 ed.). HarperCollins.

Fadilah, A., Nurzakiyah, K. R., Kanya, N. A., Hidayat, S. P., & Setiawan, U. (2023). Pengertian Media, Tujuan, Fungsi, Manfaat dan Urgensi Media Pembelajaran. Journal of Student Research, 1(2), 1–17.

Fitriani, P., Sudarmaji, S., & Permanasari, D. (2022). Kemampuan Menulis Fakta dan Opini dalam Teks Eksposisi pada Siswa Kelas X SMA Swasta Bahrul Ulum Mambaiyah Natar Tahun Pelajaran 2021/2022. Warahan: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 4(1), 1–14.

Hastuti, H. W., Baedowi, S., & Mushafanah, Q. (2019). Keefektifan Model Pembelajaran Numbered Heads Together Berbantu Media Panelpa (Papan Flanel IPA) terhadap Hasil Belajar. International Journal of Elementary Education, 3(2), 108–115. https://doi.org/10.23887/ijee.v3i2.18513

Hikmah, S. N. A. (2021). Problematika Pencapaian Kompetensi Keterampilan Berbicara Siswa dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal PENEROKA, 1(1), 59–67. https://doi.org/10.30739/peneroka.v1i01.739

Inayah, I. S. (2023). Peran Media Pembelajaran “Papan Pintar” pada Mata Pelajaran IPA di Sekolah Dasar. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(2), 2923–2936.

Jailani, M., & Aminah, S. (2018). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar IPS dengan Menerapkan Model Role Playing Berbantuan Media Papan Flanel pada Peserta Didik Kelas IV-C SDN-1 Sabaru Palangkaraya Tahun Pelajaran 2016/2017. Pedagogik: Jurnal Pendidikan, 13(1), 24–30. https://doi.org/10.33084/pedagogik.v13i1.723

Khoerunnisa, D. A., Alamsyah, A., Sanjaya, A., & Nurfitria, N. (2024). Model Pembelajaran Serta Media Pembelajaran Bahasa Indonesia di Jenjang SD/MI. Journal of Educational and Language Research, 3(6), 289–301.

Khotimah, K., & Sari, R. P. (2025). Mengevaluasi Berbagai Teknik Storytelling untuk Pendidikan Anak Usia Dini: Sebuah Studi Literatur. Efektor, 12(1), 45–52. https://doi.org/10.29407/e.v12i1.24659

Lutfi, E. A., Diana, R. R., & Munawarah, M. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Papan Flanel untuk Mengembangkan Kognitif Anak Usia 4-5 Tahun. Kindergarten: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Indonesia, 2(1), 33–45.

Mahbuubah, S., & Amrulloh, M. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Papan Flanel Berkarakter (PAFTER) pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila untuk Meningkatkan Karakter Religius Siswa Sekolah Dasar. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(1), 2608–2622. https://doi.org/10.23969/jp.v8i1.8385

Manik, D. K., Husniati, H., & Sobri, M. (2024). Pengaruh Model Pembelajaran Scramble Berbantuan Media Papan Flanel terhadap Penguasaan Kosakata Siswa Kelas 1 di SDN 2 Kuta. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(2), 1804–1817.

Maulana, M. I., Suyoto, S., & Suprihatini, G. (2024). Analisis Tingkat Pemahaman Peserta Didik terhadap Materi Fakta dan Opini (Studi pada: Siswa Kelas 2 Sekolah Dasar). Ainara Journal (Jurnal Penelitian dan PKM Bidang Ilmu Pendidikan), 5(2), 172–176. https://doi.org/10.54371/ainj.v5i2.453

Mubarok, M. I., Matin, R. A., Safaat, S., & Nurfitria, N. (2024). Metode Pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar. Journal of Educational and Language Research, 3(6), 265–273.

Mulyati, C., Muiz, D. A., & Rahman, T. (2019). Pengembangan Media Papan Flanel untuk Memfasilitasi Kemampuan Konsep Bilangan Anak pada Kelompok B. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 1(1), 59–68. https://doi.org/10.31004/jpdk.v1i1.362

Naimah, L. F., Aprilia, R., Nuraisah, F., Purweni, M., Utomo, A. P. Y., & Pramono, D. (2023). Analisis Kalimat Fakta dan Opini dalam Teks Artikel pada Buku IPS Kelas X SMA Kurikulum Merdeka. Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial, 1(2), 157–172. https://doi.org/10.54066/jupendis-itb.v1i2.294

Nurbaya, S., Zainuddin, Z., & Bahri, S. (2025). Pengaruh Media Papan Flanel Berbasis Positif Reinforcement untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca pada Pembelajaran Bahasa Indonesia dI SDN Kropoh ll. Journal of Human and Education (JAHE), 5(2), 259–266. https://doi.org/10.31004/jh.v5i2.2406

Nurfadhillah, S., Cahyani, A. P., Haya, A. F., Ananda, P. S., & Widyastuti, T. (2021). Penerapan Media Audio Visual Berbasis Video Pembelajaran pada Siswa Kelas IV di SDN Cengklong 3. Pandawa: Jurnal Pendidikan dan Dakwah, 3(2), 396–418.

Pamungkas, Z. S., Randriwibowo, A., Wulansari, L. N. A., Melina, N. G., & Purwasih, A. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Wordwall dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas VII SMP Negeri 4 Gunung Sugih. Social Pedagogy: Journal of Social Science Education, 2(2), 135–148. https://doi.org/10.32332/social-pedagogy.v3i1.4316

Pitriani, H., Faslah, D., & Masitoh, I. (2023). Implementasi Teori Perkembangan Kognitif Jean Piaget pada Anak Usia Dini. Jurnal Ilmiah Al-Muttaqin, 9(1), 33–38. https://doi.org/10.37567/al-muttaqin.v9i1.2218

Putri, A. B. E., & Kamali, N. A. (2023). Perkembangan Berbicara Anak Usia Dini. Smart Kids: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 5(1), 35–45. https://doi.org/10.30631/smartkids.v5i1.131

Riska, R., Azis, A., & Tarman, T. (2024). Pengaruh Lingkungan Keluarga dan Lingkungan Sosial terhadap Kemampuan Berbicara Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Riset dan Inovasi Pembelajaran, 4(1), 389–401. https://doi.org/10.51574/jrip.v4i1.1405

Ruwaida, R., Suarta, I. N., & Jaelani, A. K. (2024). Penerapan Media Papan Flanel untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Permulaan Anak Kelompok A TK Negeri Pembina Ampenan. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(4), 208–217.

Sakti, H. G., & Farhan, H. (2020). Pengaruh Media Papan Flanel terhadap Minat Belajar Siswa. Jurnal Paedagogy: Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan, 7(3), 226–231.

Siregar, N. A., Parapat, L. H., & Afifah, N. (2023). Kemampuan Berbicara Produktif terhadap Keterampilan Menceritakan Pesan Moral Cerita Rakyat Sampuraga Karya Puspasari Setyaningrum. Jurnal Hata Poda, 2(1), 24–38. https://doi.org/10.24952/hatapoda.v2i1.8213

Sopia, S., & Ain, S. Q. (2024). Faktor-Faktor Determinan dalam Pengembangan Keterampilan Berbicara Siswa Sekolah Dasar. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 13(3), 4067–4076.

Sumianto, S., Admoko, A., & Dewi, R. S. I. (2024). Pembelajaran Sosial-Kognitif di Sekolah Dasar: Implementasi Teori Albert Bandura. Indonesian Research Journal on Education, 4(4), 102–109. https://doi.org/10.31004/irje.v4i4.1015

Supriyono, S. (2018). Pentingnya Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa SD. Edustream: Jurnal Pendidikan Dasar, 2(1), 43–48.

Syahputri, A., Aspa, A. P., & Maesaroh, S. (2024). Pengembangan Media Susun dari Kain Flanel Bergambar Alat Olahraga sebagai Media Pembelajaran pada Motorik Halus Anak Usia Dini TK FKIP UNRI. Journal of SPORT (Sport, Physical Education, Organization, Recreation, and Training), 8(1), 44–59. https://doi.org/10.37058/sport.v8i1.10304

Tarigan, Y. H. B., Cipta, N. H., & Rokmanah, S. (2023). Pentingnya Keterampilan Berbahasa Indonesia pada Kegiatan Pembelajaran Sekolah Dasar. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 9(5), 829–842. https://doi.org/10.36989/didaktik.v9i5.2032

Ulfa, K. (2022). Pengembangan Media Papan Flanel sebagai Media Pembelajaran Keterampilan Berbicara Siswa Kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Roudlotul Ulum [Skripsi]. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang.

Widiastuti, W., Adawiyah, R. R., Jaya, I., & Yurita, H. O. (2024). Penggunaan Media Papan Flanel untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Anak Kelompok B. Jurnal Anak Bangsa, 3(2), 208–218.

Wikanengsih, W., & Ningrum, P. (2021). Peningkatan Keterampilan Menulis Teks Cerita Pendek dengan Menggunakan Adobe Flash. Indonesian Language Education and Literature, 6(2), 262–272. https://doi.org/10.24235/ileal.v6i2.8417

Wulandari, D. (2020). Pengembangan Media Papan Flanel untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siklus Air Siswa SD Swasta Darma Medan [Skripsi]. Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

Zahwa, F. A., & Syafi’i, I. (2022). Pemilihan Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi. Equilibrium: Jurnal Penelitian Pendidikan dan Ekonomi, 19(1), 61–78. https://doi.org/10.25134/equi.v19i01.3963




DOI: 10.24235/ileal.v10i2.20260

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Indonesian Language Education and Literature

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

ILEaL Indexed by:

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Lihat Statistik Jurnal

View MyStat

Gedung Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, Jurusan Tadris Bahasa Indonesia, Universitas Islam Negeri Siber Syekh Nurjati
Jalan Perjuangan By Pass Sunyaragi Cirebon 45132, Telp. 089667890219
Email: literatureindonesian@gmail.com