Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Kepuasan Nasabah Menggunakan Internet Banking Pada Bank Muamalat

Nining Wahyuningsih(1*), Nurul Janah(2),


(1) 
(2) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Abstrak

Perubahan dalam  teknologi informasi dan komunikasi telah mendorong kemajuan dalam teknologi dibidang perbankan, serta terbentuknya masyarakat informasi. Perbankan harus memperhatikan kemajuan teknologi informasi agar dapat terus bersaing di pasar global. Dibalik perkembangan teknologi yang semakin maju ini terdapat berbagai permasalahan hukum yang terjadi di kemudian hari dan akan merugikan jika tidak dapat di antisipasi dengan baik. Banyak kasus yang menyebabkan nasabah enggan menggunakan pelayanan melalui internet banking karena yang paling utama adalah masalah keamanan yaitu kejahatan dalam dunia internet seperti pencurian data pribadi nasabah, pencurian data pembiayaan nasabah.

Internet banking adalah pelayanan jasa bank yang memungkinkan nasabah untuk memperoleh informasi, melakukan komunikasi dan melakukan transaksi perbankan melalui jaringan internet. Internet Banking merupakan aktifitas perbankan yang dilakukan dari rumah, kantor atau tempat-tempat lain dengan memanfaatkan internet. Transaksi yang dapat dilakukan melalui internet banking adalah transfer uang, pengecekan saldo, pemindah bukuan, pembayaran rekening. Diharapkan dengan adanya internet banking ini akan semakin banyak masyarakat yang mau menggunakan dan mengakses internet banking.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran nasabah yang menggunakan internet banking dan untuk mengetahui pengaruh efesiensi, kepercayaan, kemudahan penggunaan terhadap kepuasan nasabah yang menggunakan internet banking di Bank Muamalat KCP Plered Cirebon.

Penelitian ini merupakan penelitian survey yaitu suatu penelitian yang dilakukan melalui pengisian kuesioner yang diberikan kepada responden yaitu nasabah Bank Muamalat KCP Plered yang menggunakan internet banking. Pengisian kuesioner diukur melalui skala Likert.

Hasil uji F menunjukan berdasarkan hasil perhitungan F hitung sebesar 20,318 lebih besar dari Ftabel 2,77dan angka signifikan sebesar 0,000 yaitu < 0,05 hal ini berarti H0 ditolak dan Haditerima. Hal ini berarti variabel efesiensi (X1), kepercayaan (X2) dan kemudahan (X3) secara bersama-sama mempengaruhi variabel kepuasan nasabah. Koefesien determinasi (R2) nilainya 42,1 % dan sisanya 57,9% dipengaruhi variabel lain yang mungkin bisa berpengaruh lebih besar terhadap kepuasan nasabah.

 

 

 

Kata kunci: Layanan Internet Banking, Kepuasan Nasabah

 

 

Abstract

Changes in information and communications technology have driven advances in banking technology, and the formation of an information society. Banking should pay attention to the progress of information technology in order to continue to compete in the global market. Behind this increasingly technological advance there are various legal problems that occur in the future and will be detrimental if it can not be anticipated properly. Many cases that cause customers are reluctant to use the service through internet banking because the most important is the security issues of crime in the world of the Internet such as the theft of personal data customers, the theft of finance numbers.

Internet banking is a bank service that enables customers to obtain information, communicate and conduct banking transactions through internet network. Internet Banking is a banking activity carried out from home, office or other places by utilizing the internet. Transactions that can be made through internet banking are money transfer, balance checking, book transfer, bill payment and account information. It is expected that with this internet banking will be more and more people who want to use and access internet banking.

This study aims to determine the description of customers who use internet banking and to determine the effect of efficiency, trust, ease of use to customer satisfaction using internet banking at Bank Muamalat KCP Plered Cirebon.

This research is a survey research that is a research conducted through the completion of questionnaires given to the respondents are customers of Bank Muamalat KCP Plered using internet banking. Questionnaire filling is measured through Likert scale.

F test results show based on the calculation of F 20.318 greater than Ftabel 2.77 and a significant number of 0.000 ie <0.05 this means H0 rejected and Ha accepted. This means that efficiency variables (X1), trust (X2) and ease (X3) together affect customer satisfaction variables. Coefficient of determination (R2) is 42,1% and the rest 57,9% is influenced by other variables that may influence bigger to customer satisfaction. Keywords: Internet Banking Service, Customer Satisfaction.

 

Keywords: Internet Banking Service, Customer Satisfaction


Full Text:

PDF

References


Daftar Pustaka

Amanah, A. (2014). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Minat Menggunakan Internet Banking (Study Pada Nasabah Bank Syariah Mandiri Yogyakarta), (Skripsi UIN Sunan Kalijaga).

Amijaya, G. R. (2015). Pengaruh Persepsi Teknologi Informasi, Kemudahan Resiko dan Fitur Layanan terhadap Minat Ulang Nasabah Bank Dalam Menggunakan Internet Banking (Study Pada Nasabah Bank Bca), Volume 1.

Ansori, A. (2016). Digitalisasi Ekonomi Syariah. IAIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten, 7(1), 1–18.

Antasari, A. S., Administrasi, F. I., & Brawijaya, U. (2013). Pengaruh Penggunaan Internet Banking, 1(2), 2.

Bank Muamalat Indonesia. (2016). Profil Bank Muamalat. http://www.bankmuamalat.co.id/tentang/profil-muamalat.

Bank, P. T., & Persero, M. (2012). Security System Layanan Internet Banking, Volume 2, 54–60.

Darmawan, D. (2012). Pendidikan Teknologi Informasi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Febriana, S. (2017). Perbankan Wajib Tingkatkan Teknologi Digital. https://finance.detik.com/moneter/perbankan-wajib-tingkatkan-layanan-teknologi-digital.

Firstly, K. (2013). Pengaruh Persepsi Teknologi Informasi, Kemudahan Penggunaan, Resiko Transaksi dan Fitur Layanan Pada Minat Ulang Nasabah Dalam Menggunakan Internet Banking. Jurnal Manajemen, Volume 1, 6.

Fitri, F. (2016). Pengaruh Pengetahuan Nasabah, Teknologi Informasi, Kepercayaan dan Mutu E-Banking terhadap Minat Bertransaksi Online (Study Kasus Nasabah BNI Syariah Medan), (Tesis Program Pascasarjana Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan).

Ghozali, I. (2011). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS IBM SPSS 19. Semarang: Penerbit Universitas Diponegoro.

Hamzah, B. U. (2011). Teknologi Komunikasi dan Informasi Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Hermana, B. (2012). Pengukuran Kualitas Layanan Internet Banking. Depok: Universitas Gunadarma.

Imanuel, C. A. W. (2017). Analisis Swot Implementasi Teknologi Finansial Terhadap Kualitas Layanan Perbankan Di Indonesia. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 20(1), 133–144.

Indonesia, I. B. (2014). Memahami Bisnis Perbankan Syariah. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Jasmi. (2015). Bijak Ber-Ebanking. http://www.ojk.co.id.

Joy, E. T. (2017). Digital Banking. http://manadopostonline.com/read/digital-banking.

Kadir, A. (2005). Pengantar Teknologi Informasi. Yogyakarta: Andi.

Kartono. (1998). Pengantar Metodelogi Riset Sosial. Bandung: Alfabeta.

Kotler, P. (2002). Manajemen Pemasaran : Analisis Perencanaan, Implementasi dan Kontrol, Edisi Milenium. Jakarta: PT. Prenhalindo.

Kurniasari, T. P. (2016). Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Nasabah Internet Banking Bank BRI di Surabaya.

Market, I. C. I. (2001). The Indonesian Cyber Industry and Market Research and Analysis Team. Jakarta: PT Elek Media Komputindo.

Muamalat. B. (2016). Internet Banking Muamalat. http://www.bankmuamalat.co.id/layanan/internet-banking#.

Muflih, M. (2006). Perilaku Konsumen dalam Prespektif Ilmu Ekonomi Islam. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Nasution, N. (2004). Manajemen Jasa Terpadu. Bogor: Ghalia Indonesia.

Nazir, M. (1998). Metode Penelitian. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Noor, J. (2011). Metodologi Penelitian. Jakarta: Kencana.

Noviarni, E. (2014). Analisis Adopsi Layanan Internet Banking Oleh Perbankan di Pekanbaru. Jurnal Al-Iqtishad, Vol.1, 34.

Nur, H., & Isgiyarta, Y. J. (2015). Analisis Pengaruh Persepsi Nasabah Bank Terhadap Internet Banking Adoption (Studi pada Nasabah Perbankan yang Menggunakan Internet Banking di Kota Surakarta). Diponegoro Journal of Accounting, 4(1).

Nurastuti, W. (2011). Teknologi Perbankan. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Oxford, A. & H. (1995). Booz- Allen’s Worldwide Survey Revealed a Huge Perception Gap Between Japanese and American/European Banks Regarding Internet Banking.

Perwitasari, W. R. (2015). Hubungan Kualitas Sistem Internet Banking dengan Kepuasan Dosen Akuntansi Sebagai Nasabah di Semarang, 2.

Putra, D. (2017). OJK: Empat Tahun Pengguna Internet Meningkat http://infobanknews.com.

Putrawan, M. (1990). Pengujian Hipotesis dalam Penelitian Sosial. Jakarta: Rineka Cipta.

Ridwan. (2007). Belajar Mudah untuk Guru, Karyawan dan Peneliti Pemula (Bandung). Alfabeta.

Riswandi, B. A. (2005). Aspek Hukum Internet Banking. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Rokhman, A. (2014). Pengaruh Penggunaan Internet Banking terhadap Kepuasan Nasabah Pada (PT Bank Muamalat Indoesia, TBK Cirebon), (Skripsi Fakultas Syariah IAIN Syekh Nurjati Cirebon).

Rusdianti, E., Purwantini, S., Wardoyo, P., Index, S., Performance, A. I., Index, C. S., Kartesius, D. (2016). Kepuasan Nasabah Terhadap Kualitas Layanan Bni E – Banking, 18, 226–240.

Silvia, M. A. (2014). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Nasabah Menggunakan Internet Banking Pada Pt. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk, Cabang Ahmad Yani Makassar, (Skripsi Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Hasanuddin Makasar).

Sugiyono. (2004). Metode Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Supranto. (2003). Metode Penelitian Hukum dan Statistik. Jakarta: Rineka Cipta.

Susanto, P. K. (2000). Manajemen Pemasaran di Indonesia. Jakarta: Salemba Empat.

Sutarman. (2004). Pengantar Teknologi Informasi. Jakarta: Bumi Aksara.

Tjiptono, F. (2014). Pemasaran Jasa. Yogyakarta: CV. ANDI OFFSET.

Trisetyanto, T. (2013). Analisis Pengaruh Trust dan Mutu E-Banking Terhadap Minat Bertransaksi Ulang Secara Online (Study Kasus Nasabah Bni Semarang). Jurnal Nominal, Volume 1.

Ujang, S. (2011). Perilaku Konsumen. Bogor: Ghalia Indonesia.




DOI: 10.24235/amwal.v10i2.3596

Article Metrics

Abstract view : 942 times
PDF - 1841 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 Al Amwal Indexed by:

          

 

 

This journal provides immediate open access to its content on the principle that making research freely available to the public supports a greater global exchange of knowledge. Creative Commons Licence
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.-->View My Stats