Strategi Kemitraan Pelaksanaan Layanan Bimbingan Dan Konseling Melalui Kegiatan Parenting Bagi Wali Murid Di Lembaga PAUD Kecamatan Kedungbanteng Kabupaten Banyumas

Novan Ardy Wiyani(1*),


(1) IAIN Purwokerto
(*) Corresponding Author

Abstract


Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini ditujukan untuk memberikan bekal pengetahuan dan pengalaman bagi orangtua dalam mengatasi masalah tumbuh-kembang anak usia dini. Ada empat kegiatan yang dilaksanakan untuk mencapai tujuan tersebut. Pertama, sosialisasi program kegiatan pengabdian masyarakat kepada HIMPAUDI kecamatan Kedungbanteng kabupaten Banyumas propinsi Jawa Tengah. Kedua, penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) antara Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK) IAIN Purwokerto dengan HIMPAUDI kecamatan Kedungbanteng tentang pelaksanaan layanan bimbingan dan konseling melalui kegiatan parenting bagi wali murid. Ketiga, pelaksanaan layanan bimbingan dan konseling melalui kegiatan parenting bagi wali murid. Keempat, pelaporan kegiatan pelaksanaan layanan bimbingan dan konseling melalui kegiatan parenting bagi wali murid.

 


Keywords


Layanan, Bimbingan dan Konseling, Parenting, Wali Murid

Full Text:

PDF

References


Izzaty, R. E. (2017). Model Konseling Anak Usia Dini. Bandung: Rosda Karya.

Latif, M. (2014). Orientasi Baru Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Putro, K. Z., & Suyadi. (2016). Bimbingan dan Konseling PAUD. Bandung: Rosda Karya.

Saripudin, A. (2019). Kompetensi Guru Pendamping PAUD dalam Memenuhi Standar Layanan PAUD Non Formal di Kabupaten Tasikmalaya. Jurnal Pendidikan Anak: Awlady, 5(2).

Wiyani, N. A. (2014). Psikologi Perkembangan Anak Usia Dini. Yogyakarta: Gavamedia.

Wiyani, N. A. (2016). Konsep Dasar PAUD. Yogyakarta: Gavamedia.

Yani, A., Khaeriyah, E., & Ulfah, M. (2017). Implementasi Islamic Parenting dalam Membentuk Karakter Anak Usia Dini di RA at-Taqwa Kota Cirebon. Jurnal Pendidikan Anak: Awlady, 3(1), 153–174.




DOI: 10.24235/dimasejati.v1i1.5408

Article Metrics

Abstract view : 85 times
PDF - 70 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Novan Ardy Wiyani