Living Sunnah Jama’ah Al-Syahadatain (Studi Kasus di Pondok Pesantren Nurul Huda Munjul Kuningan)

Istifadah Istifadah(1*), Anisatun Muthi'ah(2), Ahmad Faqih Hasyim(3),


(1) 
(2) 
(3) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Sunnah yang hidup (living sunnah) berarti kebiasaan atau prilaku yang dapat diaplikasikan dalam kehidupan sehari hari, sedangkan sunah yang  mati adalah kebiasaan yang  tidak bisa diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari. Dengan demikian sunah yang hidup identik dengan ijma kaum muslimin yang di dalamnya termasuk para ulama generasi awal. Jadi sunah yang hidup adalah sunah nabi ditafsirkan oleh para ulama, penguasa, hakim dan masyarakat sesuai dengan situasi yang mereka hadapi.

Living Sunnah dipraktikkan di pondok pesantren Nurul Huda Munjul. Praktek ini kurang mendapat pemahaman positif oleh masyarakat sekitar, untuk itu peneliti tertarik untuk menggali informasi dari Pondok Pesantren Nurul Huda Munjul Astanajapura Cirebon. Tulisan ini untuk menjelaskan living sunnah, doktrin dan  hal yang mendasari komunitas Pondok Pesantren Nurul Huda dengan metode deskriptif kualitatif dan interpretasi data. Living sunah di Munjul menggunakan tradisi lisan dan tradisi praktik. Seperti wiridan dan pakaian putih.

 

Kata kunci: living sunnah, pondok pesantren.


Full Text:

PDF

References


Abdullah, Sayyid, Al-Allamah. diterjemahkan oleh Muhammad Al-Baqir, 2000. Thariqah Menuju Kebahagiaan (Bandung: Penerbit Mizan..

Adam, Putra dari Kyai Nurkhatim Pengasuh Asrama Uswatun Hasanah, Cirebon, Wawancara Pribadi, 25 Januari 2016.

ad-Din, Zain bin Ali, al-Malibari, t.th. Kifayah al-Atqiya’ wa Minhaj al-Asyifa. Surabaya: Al-Hidayah..

Agus, Bustanuddin. 1993. Al-Islam. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Al-Hafidz Abi Daud Sulaiman, Sunan Abi Daud, Juz 3, hadis no. 3878 (Beirut: Dār al-Kitab Al-Alamiah, t.th.), hlm. 8.

Buku Arsip Kantor Kuwu Desa Munjul Buntet Cirebon. 2015, Lampiran.

Darmalaksana, Wahyudin. 2004. Hadis di Mata Orientalis. Bandung: Benang Merah Press.

Dhofier, Zamakhsyari. 2011. Tradisi Pesantren. Jakarta: LP3ES.

Dira, Muhammad, Yamani. 2007. Implikasi Kepribadian Syahadatain Terhadap Pembentukan Kesehatan Mental, skripsi (Jakarta: Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah.

Gymnastiar, Abdullah, dkk, 2002. Shalat Dalam Perspektif Sufi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Habib Ahmad. Menantu Abah Umar bin Ismail al-Yahya. Cirebon, Wawancara Pribadi, 24 Januari 2016.

Hadi, Abdul, Muhammmad, Al Misri. 1992. Ahlus Sunnah Wal Jama’ah. Jakarta: Gema Insani Press.

http://eprints.walisongo.ac.id/2100/2/63111030-Bab1.pdf

Khatim, Nur. 2015. Pengasuh Asrama Uswatun Hasanah, Cirebon, Wawancara Pribadi, 14 Mei.

Ma’mun, Hasan. Pengasuh Asrama Darul Fikr Islamiyah, Cirebon, Wawancara Pribadi, 25 Januari 2016.

Mughits, Abdul, 2008. Kritik Nalar Fiqih Pesantren. Jakarta: Prenada Media Group.

Mulyana, Deddy. 2013. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Musthafa, Mun’im, Abdul. 2008. Agar Syahadat Anda Tidak Sia-Sia. Klaten: Inas Media.

Muthi’ah, Anisatun. 2011. Living Sunnah di Lembaga Permasyarakatan. Studi Kasus di Rutan kelas 1 dan Lp Narkotika Cirebon , Laporan Hasil Peneleitian Individual. Cirebon: IAIN Syekh Nurjati.

Nufus, Khayatun. 2013. Perkembangan dan Peranan sosial jama’ah Al-Syahadatain di Desa Munjul Kecamatan Astana Japura Kabupaten Cirebon, Skripsi. Cirebon, IAIN Syekh Nurjati.

Qardhawi, Yusuf. 1995. Bagaimana Memahami hadis Nabi. Bandung: Karisma.

Rahman, Fazlur. 1995. Membuka Pintu Ijtihad, diterjemahkan oleh Anas Mahyuddin Bandung: Pustaka..

Razak, Nasruddin 1984. Dienul Islam, Bandung: PT Alma’arif.

Salim, Agus. 2016. Anak dari Pengasuh Asrama Ar-Raafah, Cirebon, Wawancara Pribadi, 13 Juli.

Shihab, Quraish, M. 2006. Wawasan Al-Qur`an tentang Zikir & Doa. Jakarta: Lentera hati,.

Shihab, Quraish, M. 2007. Ensiklopedia Al-Qur`an Kajian Kosa kata. Jakarta: Lentera Hati.

Suteja, 2011. Teori Dasar Tasawuf. Cirebon : Nurjati Pres..

Syafi’ah,dk. 1994. Kamus Istilah Fikih. Jakarta: PT Pustaka Firdaus.

Syamsuddin, Sahiron. 2007. Metodologi Penelitian Living Qur’an dan Hadits. Yogyakarta: TH-Press..

Tanzeh, Ahmad. 2011. Metode penelitian praktis. Yogyakarta: Teras.

Uyun , Fikrotu, Vika. 2012. l, Ritual Dzikir Setelah Shalat Bagi Jama’ah Asy-Syahadatain: Studi Kasus di Desa Danawarih Kecamatan Balapulang Kabupaten Tegal, Skripsi. Semarang: Institut Agama Islam Negri Walisongo.

Wayadi, Sajidi. 2009. Hadis Tarbawi Pesan-pesan Nabi saw Tentang Pendidikan. Jakarta: PT. Pustaka Firdaus.

Witri Sulchia, santri senior di Pondok Pesantren Nurul Huda Munjul, Cirebon, Wawancara Pribadi, 15 Januari 2016.

Yasin, Muchsin. 2015. Ketua yayasan Pondok Pesantren Nurul Huda Munjul, Cirebon, Wawancara Pribadi, 01 Mei.

Yasin, Muchsin. 2016. Ketua Yayasan Pondok Pesantren Nurul Huda Munjul. Cirebon, Wawancara Pribadi, 06 Maret.

Zaini, Ahmad, dkk. 2011. Pesantren Buruh Pabrik. Yogyakarta: LkiS Yogyakarta.

Zulkarnain, repositori. UIN Suska. Ac.id/2012, 212_201224TH pdf, di unduh pada pukul 07.30 WIB, 07 November 2015




DOI: 10.24235/diyaafkar.v4i02.1162

Article Metrics

Abstract view : 993 times
PDF - 892 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


         

  

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.