PENERAPAN TERAPI MUSIK INSTRUMENTAL KLASIK UNTUK MENINGKATKAN KONSENTRASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS DI SMP NEGERI 1 TALUN KABUPATEN CIREBON

S Nurul Janah(1*), tati nurhayati(2), masdudi masdudi(3),


(1) 
(2) 
(3) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Berdasarkan permasalahan yang ada di SMP Negeri 1 Talun Kabupaten Cirebon di ketahui terkait konsentrasi belajar siswa dalam proses pembelajaran IPS di kelas VIII H guru sudah menggunakan metode pembelajaran yang baik dengan menggunakan metode ceramah, tanya jawab, diskusi dan kuis. Akan tetapi kondisi siswa dikelas tersebut masih kurang kondusif meskipun guru sudah mengajak siswa agar memperhatikan pelajarannya tetapi siswa tetap masih belum bisa fokus untuk mengikuti pembelajaran tersebut. Dengan demikian penulis berupaya untuk mencari solusi agar siswa dapat meningkatkan konsentrasi belajar siswa dengan mencoba menggunakan penerapan terapi musik instrumental klasik  dalam proses pembelajarannya. PTK ini bertujuan untuk memperoleh data tentang penggunaan penerapan terapi musik instrumental klasik, konsentrasi belajar siswa dan peningkatan konsentrasi belajar IPS antar siklus. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas dengan penerapan terapi musik instrumental klasik pada mata pelajaran IPS kelas VIII SMP Negeri 1 Talun Kabupaten Cirebon, yang terdiri dari tiga siklus dengan subjek penelitian siswa kelas VIII H yang berjumlah 33 siswa. Pengumpulan data dilakukan denegan  menggunakan observasi, tes, dokumentasi dan angket. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa: Respon Penerapan Terapi Musik Instrumental Klasik Pada Mata Pelajaran IPS di SMP Negri 1 Talun sebesar 44,48 % dengan kreteria cukup. Konsentrasi siswa mengalami peningkatan, pada siklus I diperoleh rata-rata presentase 60,08 % dengan kriteria sedang, pada siklus II di peroleh rata-rata presentase 70,22 % dengan kriteria tinggi dan pada siklus III diperoleh rata-rata presentase 82,14 % dengan kriteria sangat tinggi. Dengan demikian Penerapan Terapi Musik Instrumental Klasik dapat meningkatkan konsentrasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas VIII H SMP Negeri 1 Talun Kabupaten Cirebon.

 

Kata Kunci: Terapi Musik Instrumental Klasik, Konsentrasi Belajar Siswa

Full Text:

PDF

References


Abin, Samsuddin Makmun. 2005. Psikologi Pendidikan Perangkat System Pengajaran Modul. Bandung : Remadja Rosdakarya.

Adi, W. Gunawan. 2012. Genius Learning Strategy. Jakarta: Gramedia.

Aisyah, Siti. 2012. Pekembangan Peserta Didik dan Bimbingan Belajar. Yogyakarta: Deepublish.

Arikunto, Suharsimi, Suharjhono & Supardi. 2015. Penelitian Tindakan Kelas Edisi Revisi. Jakarta: Bumi Aksara.

_____ .2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktis. Jakarta: Rineka Cipta.

Aunnurrahaman. 2014. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Bahruddin dan Esa Nur Wahyuni. 2015. Teori Belajar dan Pembelajaran. Yogyakata: Ar-Ruzz Media.

Dariyo, Agus. 2011. Psikologi Perkembangan Anak Tiga Tahun Pertama. Bandung: Refika Aditama.

Deporter, Bobbi, Mark Readon dan Sarah Singer-Nourie. 2000. Quantum Teaching: Orchestrating Student Success. Bandung: Kaifa.

Djohan. 2009. Psikologi Musik. Yogyakarta: Best Publisher.

________. 2006. Terapi Musik Teori Dan Aplikasi. Yogyakarta: Galangpress.

Dimyati dan Mudjiono. 2013. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

_________. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Fauzi, Ahmad. 2014. Manajemen pembelajaran. Yogyakarta: Deepublish.

Grafinia, Eya. 2014. Dunia Musik Sains Musik Untuk Kebaikan Hidup. Bandung: Nuansa Cendekia.

Hamalik, Oemar. 2008. Perencanaan Pengajaran Bedasarkan Pendekatan System. Jakarta: Bumi Aksara.

_______ . 2005. Metoda Belajar dan Kesulitan-Kesulitan Belajar. Bandung : Tarsito.

Hakim, Thursan. 2002. Mengatasi Gangguan Konsentrasi. Jakarta : Puspa Swara.

Haryono. 2015. Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Yogyakarta: Amara Books.

Hendra Surya. 2003. Kiat Mengajar Anak Belajar dan Berpestasi. Jakarta: Elex Media Komputindo.

Hidayati. 2002. Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial di Sekolah Dasar. Yogyakarta: Program D II PGSD FIP UNY.

Mansur, Muslich. 2012. Melaksanakan PTK itu mudah. Jakarta: Bumi Aksara.

Meier, Dave. 2002. The Accelerated Learning Handbook Panduan Kreatif dan Efektif Merancang Program Pendidikan Dan Penelitian. Bandung: Kaifa.

Monty, P. Satadirman, dan Fidelis E. Waruwu. 2003. Mendidik Kecerdasan. Jakarta: Pustaka Popular Obor.

Olivia, Femi. 2008. Membantu Anak Punnya Ingatan Super. Jakarta : Elek Media Komputindo.

Riduwan. 2006. Belajar Mudah Penelitian Untuk Guru, Karyawan dan Peneliti Pemula. Bandung: Alfabeta.

Rohani, Ahmad. 2010. Pengelolaan Pengajaran Sebuah Pengantar Menuju Guru Professional.Jakarta : Rineka Cipta.

Rusyan, Tabrani. 1989. Pendekatan dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remadja Rosdakarya.

Sapriya. 2009. Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial SD. Bandung: Remadja Rosdakarya.

Sardiman. 2007. Interaksi & Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Radja Grafindo Persada.

Slameto. 2003. Belajar dan Factor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Susanto, Ahmad. 2014. Pengembangan Pembelajaran IPS. Jakarta: Kencana.

Susanto, Handy. 2006. “Meningkatkan Konsentrasi Siswa Melalui Optimalisasi Modalitas Belajar Siswa”. Jurnal Pendidikan Penabur.(06): 46.

Sudjana, Nana. 2005. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remadja Posdakarya.

Sumadayo, Samsu. 2013. Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Sugiono. 2014. Metode Penelitian Bisnis. Bandung: Alfabeta.

Trianto. 2009. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progresif. Jakarta: Kencana.




DOI: 10.24235/edueksos.v5i2.1172

Article Metrics

Abstract view : 1087 times
PDF - 735 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

 

 


<