PENGARUH KONDISI EKONOMI KELUARGA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI

nurul senja wiraning fury(1*),


(1) Universitas Swadaya Gunung Jati
(*) Corresponding Author

Abstract


Peran orang tua dalam pendidikan anak di sekolah sangat penting, terutama orang tua yang berasal dari kondisi ekonomi keluarganya mencukupi akan lebih mudah memenuhi segaala kebutuhan sekolah. Tingkat ekonomi keluarga mempunyai pengaruh yang tinggi terhadap motivasi belajar siswa.

            Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran kondisi ekonomi keluarga pada siswa kelas XI IPS di SMA Negeri Kota Cirebon, gambaran motivasi belajar pada siswa kelas XI IPS di SMA Negeri Kota Cirebon, adakah pengaruh kondisi ekonomi keluarga terhadap motivasi belajar siswa di SMA Negeri Kota Cirebon.

Penelitian ini, peneliti menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan menggunakan pendekatan survei. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS di SMA Negeri Kota Cirebon Tahun Ajaran 2016/2017 dengan jumlah 288 siswa. Besarnya sampel ditentukan oleh rumus taro yamane dan teknik simple random sampling di peroleh 75 siswa sebagai sampel yang di tentukan dari sekolah SMA Negeri 8 dan 9 kota Cirebon. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah angket dan dokumentasi. Uji prasyarat data dilakukan dengan uji normalitas, uji korelasi, uji koefisien determinasi, uji regresi, linier regresi, koefisien regresi, dan pengujian nilai t.

Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa kondisi ekonomi keluarga termasuk dalam kategori sedang (60,63%). Motivasi belajar siswa kelas XI IPS SMA Negeri Kota Cirebon termasuk kategori tinggi (75,70). ada pengaruh yang signifikan kondisi ekonomi keluarga terhadap motivasi belajar siswa. hal ini menunjukan bahwa kondisi ekonomi orang tua turut mempengaruhi motivasi belajar anak, hasil perhitungan pada penelitian ini menunjukkan ada pengaruh yang signifikan antara kondisi ekonomi keluarga terhadap motivasi belajar siswa kelas XI IPS di SMA Negeri Kota Cirebon. dari hasil analisis menggunakan uji regresi sederhana dieroleh hasil koefesien korelasi sebesar 0,702 dan hasil koefesien determinasi sebesar 0,492 atau (49,2%). setelah dilakukan uji t diperoleh t hitung sebesar 8,413 > t tabel 1,67  pada taraf signifikansi 5%. Maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang positif dan signifikan antara kondisi ekonomi keluarga  terhadap motivasi belajar siswa.

 

Kata Kunci          : Kondisi Ekonomi Keluarga Terhadap Motivasi Belajar Siswa

 


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Buku:

Arikunto, Suharsimi. (2013). Prosedur penelitian suatu pendekatan praktik. Jakarta : Rineka Cipta

Aunurrahman. (2012). Belajar daan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Doriza, Shinta. (2015). Ekonomi Keluarga. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Fatah, Nana. (2012). Standar Pembiayaan Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Gerungan. (2010). Psikologi Sosial. Bandung: Refika Aditama

Hamalik. (2014). Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: PT Bumi Aksara

Kopri. (2015). Motivasi Pembelajaran Guru dan Siswa. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Riduwan. (2013). Belajar Mudah Penelitian untuk Guru-Karyawan dan Peneliti Pemula. Bandung: Alfabeta

Riduwan. (2015). Belajar Mudah Penelitian untuk Guru-Karyawan dan Peneliti Pemula. Bandung: Alfabeta

Rozak, Abdul. Endang D.M. Dan Suhena E.P. (2016). Pedoman Penulisan Skripsi. Cirebon: FKIP Unswagati Press

Sudijono. 2015. Pengantar Statistika Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung:Alfabeta CV.

Suhardan, Dadang, dkk. (2014). Ekonomi dan Pembiayaan Pendidikan. Bandung: Alfabeta

Sujarweni. (2014). Metode Penelitian. Jogjakarta: Pustaka Press

Triwiyanto, Teguh. (2014). Pengantar Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara

Internet:

Irwan. (2009).“Pengaruh Kondisi Ekonomi Keluarga”. [Online]. Tersedia http://irwanproposal proposal.blogspot.co.id/2009/12/pengaruh-kondisi-ekonomi keluarga.html diakses pada tanggal 06 Desember 2015.

Jurnal:

Juariah, Siti. (2010). Analisis Kondisi Sosial Ekonomi dan Tingkat Pendidikan Masyarakat Desa Srigading, Kecamatan Labuhan Maringgai, Kabupaten Lampung Timur. Jurnal Ekonomi & Pendidikan, Volume 7 No 1.

Rusnani. (2013). Pengaruh Kondisi Ekonomi Keluarga Terhadap Tingkat Keaktifan Anak Massuk Sekolah di SDN Pinggir Papas 1 Kec. Kalianget. Jurnal “Performance” Bisnis dan Akuntansi Volume III, No.2.




DOI: 10.24235/edueksos.v6i1.1557

Article Metrics

Abstract view : 1238 times
PDF - 3574 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

 

 


<