PENGARUH PENDEKATAN PEMBELAJARAN HUMANISTIK TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS VII DI SMP NEGERI 8 KOTA CIREBON

Nur hakiki(1*), Ratna Puspitasai(2),


(1) IAIN SNJ
(2) IAIN SNJ
(*) Corresponding Author

Abstract


ABSTRAK

 

Latar belakang permasalahan penelitian ini terkait etika peserta didik disekolah tersebut dikatakan cukup memprihatinkan, disekolah tersebut telah menerapkan KURTILAS, dalam proes pembelajaran guru dituntut untuk dapat mengikuti kurikulum yang ada dengan pendekatan Scientific, guru berupaya semampunya dalam proses pembelajaran menggunakan metode bervariasi, didukung media disekolah cukup memadai, tetapi pada kenyataannya masih banyak peserta didik mengalami kesulitan, bahkan hasil belajarnyapun masih banyak siswa tidak mencapai KKM.Tujuan penelitian ini untuk mengetahui penerapan pendekatan pembelajaran humanistik pada pelajaran IPS kelas 7, untuk mengetahui hasil belajar siswa pada pelajaran  IPS di kelas 7  setelah menggunakan pendekatan humanistik, untuk mengetahui pengaruh penerapan pendekatan pembelajaran humanistik terhadap hasil belajar siswa kelas 7 di SMPN 8 Kota Cirebon.Pembelajaran dalam pendekatan humanistik dipahami sebagai pembelajaran yang mengarah pada proses memanusiakan manusia. Penelitian ini didasarkan pada sebuah asumsi bahwa pembelajaran harus memperhatikan siswa sebagai manusia yang memiliki karakter dan perbedaan individual. Siswa diarahkan agar dapat mengembangkan potensi dirinya tanpa ada tekanan, paksaan, ataupun kekerasan dari guru.Jenis penelitian ini kuantitatif Eksperimen. Teknik dan instrumen pengumpulan datanya observasi ,wawancara, Tes (Pre-Post Test), Angket dan dokumentasi. Teknik analisi datanya uji skala prosentase, uji normalitas, uji homogenitas, analisis butir soal, uji analisis korelasi, koefisien determinasi, analisis regresi linear, uji “t”. Populasi penelitian ini seluruh siswa kelas  7  dengan  sampel  2  kelas  (kelas  7  G  dan  7  H).Hasil  penelitian  ini berdasarkan  analisi  data angket  pembelajaran  humanistik  mendapatkan respon yang “cukup” dari siswa dengan interval presentase (41-60%). Hal ini ditunjukkan dengan sebagian besar siswa (41,55%)menjawab “setuju”. Hasil belajarnya diperoleh rata-rata nilai Post-Test 81,33, yang artinya hasil belajar siswa “baik” dengan interval persentase (76-85%). Hasil perhitungan spss v.22 menunjukkan bahwa nilai signifikansi 0,000 < 0,05 dengan demikian H0 ditolak dan Ha diterima, artinya terdapat pengaruh signifikan pada penerapan pendekatan pembelajaran humanistik terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas 7 di SMPN

8 Kota Cirebon.

 

Kata Kunci : Pembelajaran, Humanistik, Hasil Belajar.

Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Ahmadi, Abu dan Prasetya, Joko. 2005. Stategi Belajar Mengajar. Bandung : Pustaka Setia.

Arikunto, Suharsimi. 2002. Prosedur Penelitian. Jakarta : Rineka Cipta. Baharuddin dan Wahyuni Nur Esa. 2015. Teori Belajar dan Pembelajaran.

Yogyakarta : AR-Ruzz Media.

Jarvis, Matt. 2000. Teori-Teori Psikologi (Pendekatan Modern untuk Memahami

Perilaku, Perasaan dan Pikiran Manusia). Bandung : Nusa Media. Nadir, dkk. 2009. Pendidikan Ilmu Penegtahuan Sosial. Jakarta : Rineka Cipta. Riyanto, Yatim. 2001. Metodologi Penelitian Pendidikan. Surabaya : SIC. Subana, dkk. 2000. Statistik Pendidikan. Bandung : Pustaka Setia.

Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Bandung : Alfabeta.

. 2010. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif. Bandung:Alfabeta.

. 2016. Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan

R&D. Bandung: Alfabeta.

. 2017. Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan

R&D. Bandung: Alfabeta.

Undang-Undang No.20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.




DOI: 10.24235/edueksos.v7i1.3105

Article Metrics

Abstract view : 271 times
PDF - 904 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

 

 


<