IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN INTERAKTIF SETING KOOPERATIF UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII PADA MATA PELAJARAN IPS DI SMP NEGERI 3 PALIMANAN KABUPATEN CIREBON

Nur nuy(1*), Mahdi Mahdi(2),


(1) IAIN SNJ
(2) IAIN SNJ
(*) Corresponding Author

Abstract


ABSTRAK

 

 

Salah satu keberhasilan belajar, dipengaruhi oleh metode yang digunakan guru dalam proses pembelajaran, penelitian awal yang dilakukan oleh peneliti di SMP Negeri 3 Palimanan  Kabupaten Cirebon  yaitu  ditemukannya  guru  yang lebih dominasi  menggunakan  metode  ceramah  yang  berdampak pada siswa  kurang termotivasi dan mendapatkan hasil belajar yang kurang atau di bawah KKM yaitu

75, sedangkan rata-rata kelas baru mencapai 58,03. Maka peneliti terdorong melakukan  penelitian  untuk  meningkatkan  motivasi  dan  hasil  belajar  siswa dengan menggunakan model Pembelajaran Interaktif Seting Kooperatif. Tujuan umum penelitian tindakan kelas ini adalah untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS, sedangkan tujuan khusus dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran menggunakan model Pembelajaran Interaktif Seting Kooperatif, motivasi dan hasil belajar siswa kelas VIII   di   SMP   Negeri   3   Palimanan   Kabupaten   Cirebon.   Penelitian   ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dengan  empat  tahapan  yaitu  :  penelitian,  pelaksanaan,  tindakan,  observasi, refleksi. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Hasil implemnetasi model Pembelajaran Interaktif Seting Kooperatif yaitu pada siklus I sebesar 62,5% siklus II sebesar

92,5% dan siklus III sebesar 95%. Peningkatan motivasi belajar siswa siklus I sebesar 57,5% siklus II sebesar 90% dan siklus III sebesar 97,5%, sedangkan hasil belajarnya yaitu pra siklus sebesar 58,03 dengan ketuntasan 14,28% siklus I sebesar 67 dengan ketuntasan 50% siklus II sebesar 74 dengan ketuntasan 65% dan siklus III 80 dengan ketuntasan 85% dengan demikian dapat disimpulkan bahwasannya  implementasi  model  Pembelajaran  Interaktif  Seting  Kooperatif dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas VIII di SMP Negeri 3

Palimanan Kabupaten Cirebon.

 

 

 

Kata Kunci : Pembelajaran,  Interaktif Seting Kooperatif, Motivasi  dan Hasil

Belajar

Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Arikunto, Suharsimi. 2015. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : Bumi Aksara.

Aryani, Susanti. 2010. Pendidikan Kewarganegaraan Berbasis Nilai. Bogor : Ghalia Indonesia.

Djamarah, Dkk. 2005. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : Rineka Cipta. Kunandar, Abdul. 2013. Langkah Muda Penelitian Tindakan Kelas. Depok : Raja

Grafindo Persada.

Purwanto,Ngalim. 2007. Psikologi Pendidikan. Bandung : Remaja Rosdakarya. Rusman. 2011. Model-Model Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta Ratunaman, T.G.2003. Pengembangan Model Pembelajaran Interaktif Seting

Kooperatif (PISK) dan Pengaruhnya Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa SLTP di kota Ambon,Universitas Negeri Surabaya, RajaGrafindo: Persada.

Slameto. 2003. Belajar Dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta : RinekaCipta.

Somadoyo,Samsu. 2013. Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta : Graha Ilmu. Subur. 2015. Pembelajaran Nilai Moral Berbasis Kisah. Yogyakarta : Kalimedia. Sudjana, Nana. 2016. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung :

RemajaRosdakarya.

Syah, Muhibbin. 2010. Psikologi Pendidikan Dengan Pendekatan Baru. Bandung: Remaja Rosdakarya.




DOI: 10.24235/edueksos.v7i1.3108

Article Metrics

Abstract view : 266 times
PDF - 364 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Edueksos : Jurnal Pendidikan Sosial dan Ekonomi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.



 

free web stats Web Stats

ISSN 2548-5008 (online); ISSN 2252-9942 (print)
Copyright ©2022 Edueksos: Jurnal Pendidikan Sosial dan Ekonomi, Faculty of Tarbiyah and Teacher Training, IAIN Syekh Nurjati Cirebon