PERANAN PENDIDIKAN ILMU PENGETAHUN SOSIALDALAM UPAYA MENCEGAH PERILAKU BULLYING SISWA (Studi Kasus di MTs Negeri 1 Kota Cirebon)

nur alifah(1*), cecep sumarna(2),


(1) IAIN SNJ
(2) IAIN SNJ
(*) Corresponding Author

Abstract


ABSTRAK

 

Berdasarkan observasi yang penulis lakukan di MTs Negeri 1 Kota Cirebon bertempat di Jalan Pilang Raya Nomor 38 Kota Cirebon diidentifikasi terdapat masalah yakni siswa-siswi di kelas VIII tersebut terindikasi sering melakukan salah satu gejala penyimpangan sosial yaitu bullying, karena peran pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial belum secara optimal membentuk karakter siswa yang berbudi pekerti baik. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh data tentang proses pembelajaran pendidikan IPS, fenomena perilaku bullying siswa di kelas, Faktor penyebab dari perilaku bullying siswa, dan Peranan dari pendidikan IPS dalam mencegah perilaku bullying siswa. Kerangka pikir dalam penelitian ini adalah perilaku bullying siswa yang terjadi saat pembelajaran IPS merupakan salah satu indikasi bahwa nilai-nilai yang terkandung dalam pendidikan IPS belum terlaksana dengan sempurna. Sehingga perlu dikaji lebih lanjut bagaimana proses pembelajaran pendidikan IPS di MTs Negeri 1 Kota Cirebon yang mampu mencegah perilaku bullying siswa, supaya dapat menghasilkan karakter siswa yang berbudi baik seperti Menghargai perbedaan yang ada; Dapat bekerjasama dengan semua siswa; dan Memiliki  sikap yang bertanggung jawab, peduli, dan empati.Penelitian menggunakan metode kualitatif studi kasus dan menggunakan teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi patsisipatif, wawancara mendalam, dokumentasi.Data yang diperlukan dalam penelitian ini berupa data teoritik dan data empirik, sumber data teoritik diambil dari referensi buku-buku dan referensi lain yang sesuai dengan kajian penelitian. Data empirik diambil dari hasil kegiatan observasi, wawancara, dokumentasi yang dilakukan peneliti. Teknik analisis data melalui tiga tahap yaitu reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa proses pembelajaran pendidikan IPS di MTs Negeri 1 Kota Cirebon sudah maksimal, terbukti dengan proses perencanaa, pelaksanaan, dan tindak lanjut yang baik dilakukan oleh guru mata pelajaran IPS kepada siswa-siswinya; Perilaku bullying yang terjadi saat pembelajaran adalah bullying verbal; Faktor penyebab terjadinya bullying berasal dari faktor internal dan eksternal; Peranan nilai-nilai pendidikan IPS dalam mencegah perilaku bullying masih kurang terlaksana karena makna nilai-nilai pendidikan IPS dalam setiap sub bab materi belum dipahami oleh siswa.

 

Kata Kunci: Pendidikan, IPS, Bullying

Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Ahmadi, Iif Khoiru dan Sofan Amri. 2011. Metode Pembelajaran IPS Terpadu. Jakarta: Prestasi Pustakaraya.

Bungin, Burhan. 2007. Penelitian Kualitatif: Komunikasi, Ekonomi, Kebijakan Publik, dan Ilmu Sosial Lainnya. Jakarta: Kencana.

Darmalina, Bibit. 2014. “Perilaku School Bullying di SD Negeri Grindang, Hargomulyo, Kokap, Kulon Progo Yogyakarta”. Skripsi. Yogyakarta. Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta.

Moleong, J. Lexy. 2013. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Priyatna, Andri. 2010. Let’s End Bullying: Memahami, Mencegah, dan Mengatasi Bullying. Jakarta: Elex Media Komputindo.

Rugaiyah dan Atiek Sismiati. 2013. Profesi Kependidikan. Bogor: Ghalia Indonesia.

Sapriya. 2011. Pendidikan IPS Konsep dan Pembelajaran. Bandung: PT. Rosdakarya.

Suwarma, Al-Muchtar. 2014. Inovasi dan Transformasi Pembelajaran Pendidikan IPS. Bandung: Gelar Pustaka Mandiri.

Tim Yayasan Semai Jiwa Amini (SEJIWA). 2008. Bullying: Mengatasi Kekerasan di Sekolah dan Lingkungan. Jakarta: PT. Grasindo.

Wahidmurni. 2017. Metodologi Pembelajaran IPS. Yogyakarta:Ar-Ruzz Media.

Wiyani, NovanArdy. 2012. Save Our Children From School Bullying. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.




DOI: 10.24235/edueksos.v6i2.3161

Article Metrics

Abstract view : 239 times
PDF - 364 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Edueksos : Jurnal Pendidikan Sosial dan Ekonomi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.



 

free web stats Web Stats

ISSN 2548-5008 (online); ISSN 2252-9942 (print)
Copyright ©2022 Edueksos: Jurnal Pendidikan Sosial dan Ekonomi, Faculty of Tarbiyah and Teacher Training, IAIN Syekh Nurjati Cirebon