PENERAPAN MODEL KLARIFIKASI NILAI UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PENGAMBILAN KEPUTUSAN TENTANG KONFLIK SOSIAL PADA PEMBELAJARAN IPS DI MTsN 2 CIREBON

devi slamet(1*), ratna puspitasari(2),


(1) IAIN SNJ
(2) IAIN SNJ
(*) Corresponding Author

Abstract


ABSTRAK

 

Model klarifikasi nilai adalah pendekatan pendidikan nilai yang membuat peserta didik dilatih untuk menemukan, memilih, menganalisis, memutuskan, mengambil sikap   sendiri   nilai-nilai   hidup   yang   ingin   diperjuangkan.   Namun   dalam pengamatan peneliti menemukan penerapan model yang ada di sekolah hanya model konvensional yang kurang penanaman nilai, sehingga siswa kurang memiliki  keterampilan  pengambilan  keputusan.  Tujuan  umum  penelitian  ini adalah untuk meningkatkan keterampilan pengambilan keputusan tentang konflik pada  mata  pelajaran  IPS  l  kelas  VIII  H pada  pembelajaran  IPS  di  MTsN  2

Cirebon.Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitiannya adalah siswa kelas VIII H di MTsN 2 Cirebon.  Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, tes, wawancara dan dokumentasi dan analisis datanya menggunakan data kuantitatif dan data kualitatif.Hasil penerapan model klarifikasi nilai dilihat dari aktivitas guru pada siklus 1 72%, siklus 2 84%, siklus 3 90%. Keterampilan pengambilan keputusan tentang konflik sosial dilihat dari aktivitas siswa pada siklus 1 55%, siklus 2 74%, dan siklus 3 80%. Peningkatan tes keterampilan pengambilan keputusan tentang konflik rata-rata kelas pada pra siklus 67 menjadi 73 pada siklus 1 ke siklus 2 77 kemudian siklus 3 81. Ketuntasan pada pra siklus 20% kategori kurang terampil ke siklus I menjadi 45% kategori cukup terampil, kemudian dari siklus II 75% kategori terampil ke siklus III menjadi 87,5% kategori sangat terampil. Simpulan model klarifikasi nilai meningkatkan keterampilan pengambilan keputusn tentang konflik sosial pada pelajaran IPS.

 

Kata Kunci: Model Klarifikasi Nilai, Keterampilan Pengambilan Keputusan, Konflik Sosial

Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Arifin, Zaenal. 2011. Penelitian Pendidikan Metode dan Paradigma Baru.

Bandung: Remaja Rosdakarya

Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek.

Jakarta: Rineka Cipta.

Arini, Neni Setia. 2014. Pengaruh Model Kalrifikasi Nilai Berbasis Jurnal Terhadap Proses Internalisasi Nilai Dalam Pembelajaran IPS. Bandung: Tesis

Gunawan, Rudi. 2013. Pendidikan IPS Filosofi, Konsep dan Aplikasi. Bandung: Alfabeta

Kunandar. 2013. Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas. Depok: Raja

Grapindo Persada

Muslimah, Erni. dkk. 2017. Meningkatkan Hasil Belajar dan Keterampilan

Mengambil Keputusan dengan Penerapan POE pada Materi Hidrolisis

garam kelas XI-MIA 2 MAN KELUA Tahun Pelajaran 2016/2017. Jurnal of

Chemistry And Education. Vol.1, No.1 hal 46-51

Riduan. 2007. Belajar Mudah Penelitian Untuk Guru, Karyawan, Dan Peneliti

Pemula. Bandung: Alfabeta

Rofiq, Arif Ainur. 2015. Pentingnya Keterampilan Pengambilan Keputusan

Sosial Bagi Siswa SMP. Jurnal Ilmu Psikologi, Vol.2 No 2, hal 175-184

Sanjaya, Wina. 2008. Strategi Pembelajaran: Berorientasi Standar Proses

Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Medi Grup

Siregar, Eveline dan Hartini Nara. 2011. Teori Belajar dan Pembelajaran. Bogor: Ghalia Indonesia

Soetopo, Hendyat. 2012. Perilaku Organisasi. Bandung: Remaja Rosdakarya

Sudaryono. 2014. Classroom Action Research. Jakarta: Lentera Ilmu Cendekia

Sudjana, Nana. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja

Rosdakarya

Sutarjo, Adisusilo. 2013. Pembelajaran Nilai- Karakter Kontruktivisme dan VCT Sebagai Inovasi Pendekatan Pembelajaran Efektif. Jakarta: Raja Grafindo Persada

Widodo, Wahono. 2009. Keterampilan pengambilan keputusan pada https://vahonov.files.wordpress.com/2009/07/keterampilan-pengambilan- keputusan.pdf. diakes pada 25 September 2017 pukul 11.25




DOI: 10.24235/edueksos.v6i2.3162

Article Metrics

Abstract view : 128 times
PDF - 69 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

 

 


<