IMPLEMENTASI KONSEP RELIGIUSITAS DENGAN PERILAKU SOSIAL SANTRI DI DESA PANGURAGAN KECAMATAN PANGURAGAN KABUPATEN CIREBON Studi Kasus (Pondok Pesantrn Al-Mansyuriah)

agung wahyudi(1*), ahmad fauzi(2),


(1) IAIN SNJ
(2) 
(*) Corresponding Author

Abstract


ABSTRAK

Penelitian ini  berangkat dari studi awal pondok Pesantren Al-Mansyuriah di Desa Panguragan Kecamatan Panguragan kabupaten Cirebon, Bahwa pondok pesantren yang santrinya kurang adanya interaksi sosial dengan masyarakat sekitar, sehingga santri itu kurang mengetahui dunia luar pesantren. Merekahanya interkasi dengan teman satu kamar pesantrenya saja, mereka bisa di anggap apatis terhadap lingkungan   masyarakat contohnya dalam acara maulid Nabiyang diselengarakan di masjid-masjid mereka kurang berpartisipasi, dalam acara tahlilan mereka juga tidak terlalu andil di dalamnya.          Adapun tujuan dari penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui konsep kematangan beragama santri Pondok Pesantren Al-Mansyuriah di desa Panguragan Kec.Panguragan Kab.Cirebon.(2) Untuk mengetahui perilaku sosial santri Pondok Pesantren Al-Mansyuriah di desa Panguragan Kec.Panguragan Kab.Cirebon. (3) Untukmengetahuiimplentasikonsep religiusitas dengan perilaku sosial santrisantri Pondok Pesantren Al-Mansyuriah di desa Panguragan Kec.Panguragan Kab.Cirebon.Untuk menjawab pertanyaan yang ada, peneliti menggunakanpendekatan kualitatif subjek yang digunakan adalah para santri pondokpesantren Al-Mansyuriah, data diambil melalui Wawancara, Dokumentasi dan Observasi.Hasil pengamatan daripenelitian ini adalahkonsep kematanganberagama/religiusitas pada pondok pesantren Al-Mansyuriah terlihatcukup baik sebagaimana perilaku mereka dan keta’atan beragamanya. Para santri memiliki dan menjaga hubungan yang sangat baik dengan Allah SWT, mereka belajar dengan sangat tekun tentang ilmu agama di pondok pesantrenya, selalu mematuhi anjuran-anjuran dari pemimpin pondok untuk meningkatkan kualitas ibadahnya, sedangkan hubunganya dengan manusia disekitar pondok pesantren terbilang cukup baik, para santri terkadang membantu masyarakat sekitar jika ada masyarakat yang mengalami musibah.                                                                                                .

Kata Kunci: Konsep Religiusitas, Peranan Pondok Pesantren dan Implementasi Sosial Santri.


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

DadaAli Hasan Umar, Muhammad.1992.Al Hadits. Semarang: Karya Toha Putra.

Sudiro, Sumarkoco. 1990. Masalah-Masalah Pokok Kedewasaan dalam Kedewasaan dalam Masyarakat Modern. Jakarta: Pustaka Kartini.

Sujono, Anas. 1994. Pengantar Statistika Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Sutopo, Djoko. 2000. Teknik Penentuan Subyek Penelitian. Jakarta: STAIN Salatiga.

Hurlock, B. Elizabeth. 1995. Perkembangan Anak. Jakarta: Erlangga.

Jalaluddin, Rahmat. 1996. Psikologi Agama. Jakarta: Raja Grafindo.

Rakhmat, Jalaludin. 2001. Meraih Cinta Ilahi, Pencerahan Sufistik. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Salamulloh, Alaika. 2008. Akhlak Hubungan Horizontal. Yogyakarta: Pustaka Insan Madani.




DOI: 10.24235/edueksos.v7i2.3163

Article Metrics

Abstract view : 282 times
PDF - 214 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

 

 


<