DAMPAK PENGGUNAAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI TERHADAP PERILAKU SOSIAL SISWA DI MAN 2 KUNINGAN

khodijah siti(1*), Yeti Nurizzati(2),


(1) IAIN SNJ
(2) IAIN SNJ
(*) Corresponding Author

Abstract


ABSTRAK

Berdasarkan studi pendahuluan yang penulis lakukan di MAN 2 Kuningan yang terletak di Jl. Siliwangi Desa Ciawigebang Kecamatan Ciawigebang Kabupaten Kuningan yang diindentifikasi merupakan masalah diantaranya penggunaan teknologi informasi dan komunikasi khususnya handphone smartphone di kalangan siswa kelas XII IPS yang dipergunakan tidak menyesuaikan tempat dan waktu penggunaanya. Penggunaan handphone di lingkungan sekolah berimbas kepada perubahan perilaku sosial siswa kepada guru maupun siswa lainnya.

            Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan teknologi informasi dan komunikasi siswa kelas XII IPS, mendeskripsikan perilaku sosial siswa terhadap guru, siswa dengan siswa di lingkungan sekolah, dan menganalisis dampak dari penggunaan teknologi informasi dan komunikasi khususnya handphone smartphone terhadap perilaku sosial siswa di MAN 2 Kuningan.

Penggunaan teknologi informasi dan komunikasi khususnya handphone smartphone di lingkungan sekolah yang dilakukan oleh para siswa tanpa sepengetahuan para guru diperlukan adanya pengawasan yang lebih ketat lagi dan penerapan sanksi yang lebih memberikan efek jera kepada para siswa yang melanggar peraturan yang ada di sekolah, agar siswa tidak lagi melanggar aturan tersebut.

Penelitian menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara mendalam, dokumentasi, dan triangulasi. Teknik analisis data melalui tiga tahap yaitu reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. subjek penelitian adalah kepala sekolah, guru, dan beberapa siswa kelas XII IPS.

Hasil penelitian menunjukan bahwa 1) penggunaan teknologi informasi dan komunikasi khususnya handphone smartphone digunakan di waktu dan tempat yang kurang tepat 2) terjadi perubahan perilaku sosial siswa ketika mereka memainkan handphone smartphone, interaksi sosial diantara siswa menjadi terganggu. 3) dampak negatif dari penggunaan teknologi informasi dan komunikasi handphone smartphone  di lingkungan sekolah yaitu: siswa tidak fokus saat belajar, siswa menjadi individualis, dan menghiraukan lingkungan sekitar mereka. Sedangkan dampak positif dari penggunaan teknologi informasi dan komunikasi handphone smartphone di lingkungan sekolah yaitu: membantu siswa mencari bahan materi tambahan, membantu siswa mengerjakan tugas sekolah, dipergunakan siswa untuk berwirausaha dengan berjualan online melalui handphone smartphone.

   Kata kunci: Teknologi informasi dan komunikasi, handphone smartphone, perilaku sosial.

Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Anisa, Nurul. 2013. Penggunaaan Jejaring Sosial “Facebook” Terhadap Minat Belajar PAI Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Yogyakarta. Skripsi, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Arikunto. 2013. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Delphie, Bandi. 2009. Psikologi Perkembangan (Anak Berkebutuhan Kusus). Sleman: Intan Sejati Klaten.

Desmita. 2007. Psikologi Perkembangan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Effendy, Onong Uchjana. 2005. Ilmu Komunikasi Teori dan Komunikasi. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Fadhilah, Ahmad. 2011. Pengaruh Penggunaan Alat Komunikasi Handphone (HP) Terhadap Aktivitas Belajar Siswa SMP Negeri 66 Jakarta Selatan. SkripsiFakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta.

Fathoni. 2014. Pengertian Teknologi Informasi dan Komunikasi TIK. (online),(http://www.zonasiswa.com/2014/10/pengertian-teknologi-informasi-dan.html).

Gunawan, Ary H. 2010. Sosiologi Pendidikan. (Cetakan ke-2). Jakarta: Rieneka Cipta.

Hendri. 2010. Teknik Pengumpulan Data. (online), (https://teorionline.wordpress.com).

Kartono, Kartini. 2007. Psikologi Anak (Psikologi Perkembangan). Bandung: Mandar Maju.

Liyasatya. 2013. Definisi Teknologi Informasi dan Komunikasi. (online), (https://liyaasatya.wordpress.com).

Mahayana, Dimitri. 2014. Pengaruh Gadget terhadap Perilaku Masyarakat Modern. Makalah, Bandung: ITB.

Mohamad, Monalisa. 2015. Dampak Penggunaan Alat Komunikasi Handphone Terhadap Aktivitas Belajar Siswa Kelas VII di SMP Negeri 12 Kota Gorontalo. Skripsi Jurusan Pendidikan Ekonomi Program Studi S1 Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Negeri Gorontalo.

Moleong, Lexy J. 2013. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Mulyana, Deddy. 2007. Ilmu Komunikasi. Bandung: Remaja Rosdakarya.

, 2008. Komunikasi Efektif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Mulyana, Arifin dan Cangara. 2011. Ilmu Komunikasi Sekarang dan Tantangan Masa Depan. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group.

Mulyasa, E. 2002. Manajemen Berbasis Sekolah. Bandung : Remaja Rosdakarya.

Purwanto, Ngalim. 2004. Psikologi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Qamar, Syamsuwal. 2009. Internet Masuk Sekolah Desa. Bandung : Cipta Dea Pustaka.

Rangkuti, Ahmad Nizar. 2014. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Citapustaka Media.

Saifuddin, Azwar. 1998. Metode Penelitian. Yogyakarta : Pustaka pelajar

Sarlito, Wirawan. 1997. Psikologi Remaja. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Sangit. 2016. Model-Model Analisis Data. (online), (http//expresisastra.blogspot.co.id)

Setiadi, Julianto Arief dkk. 2009. Teknologi Informasi dan Komunikasi. Ristek: Jakarta.

Sugiyono, 2007. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Syam, Nina W. 2012. Psikologi Sosial. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

. 2012. Sosiologi sebagai Akar Ilmu Komunikasi. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 11 Tahun 2008 Tentang Informasi dan Transaksi Elektronik: pkps. Bappenas.go.id.

Uswatun. 2011. Dampak Positif dan Negatif Hanphone bagi Pelajar. (online), (www.edukasi.kompasiana.com).

Walgito, Bimo. 2002. Psikologi Sosial (Suatu Pengantar). Yogyakarta: Andi.

Wikipedia. 2017. Teknologi dan komunikasi. (online), (https://id.wikipedia.org).

Yusuf, Iwan. 2010. Teori Dampak Teknologi. (online), (https://bincangmedia.wordpress.com)




DOI: 10.24235/edueksos.v7i2.3370

Article Metrics

Abstract view : 142 times
PDF - 3577 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

 

 


<