PENGEMBANGAN NILAI-NILAI IPS DALAM PENDIDIKAN ALTERNATIF BAGI ANAK NELAYAN DI KOTA CIREBON

Ratna Puspitasari(1*),


(1) 
(*) Corresponding Author

Abstract


ABSTRAK

Pada umumnya puluhan juta masyarakat di sepanjang pantai atau daerah pesisir,

mengalami kehidupan ekonomi dan social yang sulit karena tidak mendapatkan

kesempatan untuk memperoleh layanan pendidikan dan sarana publik lainnya. Hal ini

perlu mendapat perhatian dari mereka yang berkecimpung di dunia pendidikan, mengingat

belajar merupakan proses yang sangat penting dalam menghadapi tantangan-tantangan

di masyarakat. Guru perlu mengetahui lebih banyak tentang cara mendesain dan

mengembangkan model pembelajaran, agar proses belajar siswa dapat lebih efektif,

efisien, dan menarik. Dengan adanya program pembelajaran yang telah dirancang dan

dikembangkan sesuai kebutuhan dengan baik, maka perubahan-perubahan yang cepat

dalam masyarakat yang disebabkan oleh perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi

diharapkan akan dapat ditanggulangi.

Kata Kunci: Nilai, Budaya, Nelayan


Full Text:

PDF

References


REFERENSI

Beane, A. J. (1995). Integrated Curriculum in the Middle School. ERIC Digest.

Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, Direktorat Jenderal Pendidikan Luar Sekolah,Pemuda dan Olahraga, Direktorat Pendidikan Masyarakat.(1995). Petunjuk Teknis Program Kejar Paket A Setara SD. Jakarta

Depdiknas. (2002). Pendekatan Kontekstual dalam Pembelajaran. Jakarta: Depdiknas.

De Potter, B. (1998). Quantum Learning. Boston: Allyn & Baccon

De Potter, B, Mark R & Sarah S. N. (1990). Quantum Teaching: Orchestrating Student Success. Boston: Allyn & Baccon.

Fogarty, F. (1991) How to Integrate the Curricula. Skyligh Publisisng Inc. Polatine 11 lions

Gabel, D.L.(editor). (1999). Handbook of Research on Science Teaching and Learning. A Project of the National Science Teachers Association. Macmillan Publishing Company: New York.

Gange, R.M., (1992) Principles of Instructinal Design. (2nd ed.) New York: Holt,Illions.

Hadi, T. & Herawati, I., S. (1990) Modul Pembelajaran Terpadu, Jakarta: Universitas Terbuka

Media Indonesia. Minggu, 25 Oktober 1998, h.9 Di “Kampus Tikyan”, Anak jalanan Belajar

Mintz,Jerry (editor-in-chief)(1994). The Handbook of Alternative Education. New York: Macmillan Publishing Company

Reigeluth,Charles M. dan Robert J.Garfinkle.(eds.)(1994).. Systemic Change in Education Englewood Cliffs,NJ: Educational Technology Publications

Wahyoetomo.(1997). Perguruan Tinggi Pesantren. Pendidikan Alternatif Masa Depan. Jakara: Gema Insani Press

Zamakhsyari Dhofier.(1994). Tradisi Pesantren. Jakarta: LP3ES

Hadi, T. & Herawati, I., S. (1990) Modul Pembelajaran Terpadu, Jakarta: Universitas Terbuka

Joni, R. (1996) Pembelajaran Terpadu Naskah: Untuk Pelatihan Guru Pamong, DirJen Dikti2-13 Maret l996

Johnson, David. W. and Frank. P Johnson, (1992) Joining Together Group Theory and Group Skills. 4 th. Ed. Englewood Clft., Ny: Prentice Hall.

Joyce, B., Weill, M. (2000) Models of Teaching. Boston: Allyn and Bacon

Yager, R.E., (1992) The Constructivist Learning Model: A must for STS Classroom the Sattus of Science Technology Socity. Reform efforts around the world. IOWA University.




DOI: 10.24235/edueksos.v1i2.378

Article Metrics

Abstract view : 537 times
PDF - 558 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Edueksos : Jurnal Pendidikan Sosial dan Ekonomi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.



 

free web stats Web Stats

ISSN 2548-5008 (online); ISSN 2252-9942 (print)
Copyright ©2022 Edueksos: Jurnal Pendidikan Sosial dan Ekonomi, Faculty of Tarbiyah and Teacher Training, IAIN Syekh Nurjati Cirebon