PENGARUH KETERAMPILAN SOSIAL TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS MAHASISWA

Nurma Izzati(1*),


(1) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menelaah pengaruh keterampilan sosial  terhadap kemampuan komunikasi matematis mahasiswa. Desain penelitian ini adalah one-shot case study. Populasi penelitian adalah seluruh mahasiswa Jurusan Tadris Matematika IAIN Syekh Nurjati Cirebon pada semester genap tahun akademik 2013/2014. Dari populasi dipilih satu kelas sebagai sampel dengan teknik Cluster Random Sampling, yaitu terpilih mahasiswa kelas A semester IV pada semester genap tahun akademik 2013/2014 sebanyak 35 orang mahasiswa. Teknik pengumpulan data menggunakan tes kemampuan komunikasi matematis dan angket skala keterampilan sosial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan sosial berpengaruh secara signifikan terhadap kemampuan komunikasi matematis mahasiswa. Keterampilan sosial memberikan pengaruh sebesar 68.4% terhadap kemampuan komunikasi matematis mahasiswa dan sisanya sebesar 31,6% dipengaruhi oleh faktor lain diluar keterampilan sosial. Setiap   penambahan (peningkatan) skala keterampilan sosial akan mempengaruhi kemampuan komunikasi matematis mahasiswa sebesar 1.324.

 

Kata kunci: keterampilan sosial, komunikasi matematis

Full Text:

PDF

References


Arends. 2008. Learning to Teach, Belajar untuk Mengajar. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Baroody, A.J. 1993. Problem Solving, Reasoning, and Communicating, K-8, Helping Children Think Mathematically. New York: Merril, an inprint of Macmillan Publishing Company.

Bremer, C.D. & Smith, J. 2004. Teaching Social Skills. National Center on Secondary Education and Transition Information Brief, 3 (5).

Cartledge & Milburn. 1992. Keterampilan Sosial. Jakarta: Tiga Serangkai.

Depdiknas. 2006. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Depdiknas.

Muijs, D. dan Reynolds, D. 2008. Effective Teaching. Yugyakarta: Pustaka Belajar.

NCTM. 1989. Curriculum and Evaluation Standards for School Mathematics. Reston, VA : NCTM.

NCTM. 2000. Principles and Standards for School Mathematics. USA: NCTM.

Price, J. 1996. “President’s Report: Building Bridges of Mathematical Understanding for All Children”. Journal for Research in Mathematics Education. 27(5).

Sandjaja, B dan Albertus, H. 2006. Panduan Penelitian. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Suherman, E. dkk. 2003. Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: UPI.

Sumarmo, U. dkk. 2002. Alternatif Pembelajaran Matematika dalam Menerapkan Kurikulum Berbasis Kompetensi. Makalah pada Seminar Tingkat Nasional di FPMIPA UPI Bandung. Tidak Diterbitkan.

TIM. 2003. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Within. 1992. Mathematics Task Centre; Proffesional Development and Problem Solving. In J Wakefield and L. Velardi (Ed). Celebrating Mathematics Learning. Melbourne: The Mathematical Association of Victoria.




DOI: 10.24235/edueksos.v3i1.417

Article Metrics

Abstract view : 837 times
PDF - 3553 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

 

 


<