POLA-POLA PENYESUAIAN DIRI MAHASISWA DI LINGKUNGAN KAMPUS

Naeila Rifatil Muna(1*),


(1) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Mahasiswa memiliki tanggung jawab secara pribadi maupun sosial. Dalam hal ini pola

perilaku mahasiswa yang menggambarkan tanggung jawab tersebut adalah menunjukkan

perilaku yang diharapkan lembaga seperti aktif mengikuti perkuliahan, melaksanakan

tugas-tugas akademik, menghormati dosen, dan mampu menyesuaikan diri di lingkungan

teman sebayanya. Kemampuan mahasiswa dalam penyesuaian diri adalah suatu proses

dinamik terus menerus yang bertujuan untuk mengubah perilaku guna mendapatkan

hubungan yang lebih serasi antara diri dan lingkungan kampus.


Full Text:

PDF

References


Alex sobur. Psikologi Umum. Bandung : IKAPI, 2003.

Arkhoff. Adjusment and Mental Health, New York : Graww Hill,. 1968.

Hamzah B.Uno. Orientasi Baru dalam Psikologi Pembelajaran, Jakarta : Bumi Aksara,2006.

Kartini Kartono dan Jeni Andari. Hygiene Mental dan Kesehatan Mental dalam Islam, Bandung : Mandar Maju, 1989.

Samsunuwijayati Mar’at & Lieke Indieningsih Kartono. Perilaku Manusia : Pengantar Singkat Tentang Psikologi. Bandung : Refika Aditama, 2006.

Syamsu Yusuf, L.N. Mental Hygiene : Perkembangan Kesehatan Mental dalam Kajian Psikologi dan Agama, Bandung : Pustaka Bani Quraisy, 2004.

W.A. Gerungan. Psikologi Sosial, Bandung : Refika Aditama, 2002.

Whitherington. Psikologi Pendidikan. Jakarta.: Rineka Cipta, 1991.

W.S.Winkel. Psikologi Pengajaran, Jakarta : Grasindo, 1991

Zakiyah Darajat. Penyesuaian Diri. Jakarta.: Bulan Bintang, 1982.




DOI: 10.24235/edueksos.v1i2.418

Article Metrics

Abstract view : 1289 times
PDF - 1349 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

 

 


<