PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN LKS MODEL INKUIRI UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS

Ahmad Muzaki(1*), Cecep Sumarna(2),


(1) IAIN SNJ
(2) IAIN SNJ
(*) Corresponding Author

Abstract


ABSTRAK

 

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS sedangkan secara khusus penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan media LKS menggunakan model pembelajaran Inkuiri di kelas VIII B SMP Muhammadiyah 01 Sirampog Kabupaten Brebes. Penelitian ini bertolak dari pemikiran bahwa siswa belum memiliki media pembelajaran yang mandiri sehingga mengalami kesulitan dalam mencari sumber belajar sehingga diharapkan dengan diterapkannya media pembelajaran LKS yang bersifat mandiri dikemas dengan model pembelajaran Inkuiri dan secara tidak langsung siswa memiliki tanggung jawab masing-masing maka diharapkan motivasi belajar siswa meningkat.

Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII B SMP Muhammadiyah 01 Sirampog Kabupaten Brebes Adapun teknik pengumpulan datanya menggunakan observasi dan tes, serta instrumennya berupa lembar pengamatan dan soal tes.

Hasil penelitian menunjukan adanya peningkatan motivasi dan hasil belajar siswa berdasarkan hasil pengamatan motivasi belajar siswa pada siklus 1 sebesar 52% kemudian siklus 2 sebesar 72,5% dan siklus 3 sebesar 90%. Sedangkan hasil belajar siswa pra siklus diperoleh nilai rata-rata 58,06 dengan persentase ketuntasan belajar siswa sebesar 36% atau hanya 12 siswa yang tuntas. Setelah dilaksanakannya siklus 1 diperoleh nilai rata-rata 64,09 dengan persentase ketuntasan belajar 54% atau 20 siswa yang tuntas, selanjutnya siklus 2 diperoleh nilai rata-rata kelas 70,15 dengan persentase 69% atau 23 siswa tuntas dan siklus 3 diperoleh nilai rata-rata kelas 82,69 dengan presentase 93% atau 31 siswa tuntas dari 33 siswa. Dengan demikian dapat disimpulkan penerapan media LKS model Inkuiri dapat meningkatkan motivasi belajar siswa.

 

Kata kunci: PersepsiSiswa, PolaInteraksiSosial, Pembelajaran IPS.

Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Amiruddin. 2016. Perencanaan Pembelajaran. Yogyakarta: Parama Ilmu.

Arifin, Zainal. 2009. Evaluasi Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Arikunto, Suharsini. 2015. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara

Aqib, Zainal. 2014. Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Yrama Widya.

Azhar, L. 1993. Proses Belajar Mengajar Pola CBSA. Usaha Nasional : Surabaya.

Balitbang Depdiknas. 2002. Penilaian Berbasis Kelas. Jakarta: Depdikbud.

Burhan Bungin.2005. Analisisi Data Penelitian Kualitatif. Jakarta: Raja Grafindo

Persada.

Komalasari, Kokom. 2011. Pembelajaran Kontekstual, Konsep Dan Aplikasi, Kualitatif, Dan R & D. Alfabeta: Bandung. 321 Hlm.

Kusnandar, 2008. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : Raja Grafindo Persada.

Madjid, A. 2007. Perencanaan Pembelajaran (Mengembangkan Standar Kompetensi Guru). Remaja Rosdakarya : Bandung.

Rusman. 2012. Model-model Pembelajaran Pengembangan Profesionalisme Guru. Jakarta: Grafindo Persada.

Sanjaya, Wina. 2010, Strategi Pembelajaran Berorientasi. Standar Proses Pendidikan. Kencana Premada Media Group: Jakarta. 208 Hlm.

Sapriya. 2009. Pendidikan IPS. Jakarta: Remaja Rosdakarya.

Sardiman.1986. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali.

Soemantri, Muhammad Numan. 2001. Menggagas Pembaharuan Pendidikan IPS. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sumiati dan Asra. 2008. Metode Pembelajaran. Bandung: Wacana Prima.

Sutikno. M. Sobry. 2008. Belajar dan Pembelajaran Upaya Kreatif dalam Mewujudkan Pembelajaran yang Berhasil. Bandung: Prospect.

Suwarno, Jonathan. 2006. Metode Penelitian Kualitatif Dan Kuantitatif. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Uno, B. Hamzah. Model Pembelajaran. BumiAksara; Jakarta.

Wiria atmadja, Rochiati. 2008. Metodologi Penelitian Tindakan Kelas. Remaja Rosda karya; Bandung.




DOI: 10.24235/edueksos.v8i1.4951

Article Metrics

Abstract view : 81 times
PDF - 96 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

 

 


<