INTEGRASI MODEL PEMBELAJARAN ROLE PLAYING DENGAN MULTIMEDIA DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN PARTISIPASI SOSIAL SISWA

Apriyanda Kusuma Wijaya(1*),


(1) IAIN Syekh Nurjati Cirebon
(*) Corresponding Author

Abstract


ABSTRAK

 

Penelitian ini bertujuan untuk menguji, menemukan pengaruh dan perbedaan penerapan integrasi model role playing dengan multimedia terhadap keterampilan partisipasi sosialsiswa pada pembelajaranpendidikan kewarganegaraan. Penelitian ini dilandasi oleh teori pengajaran sosial Bruce Joyce, dengan menggunakan pendekatan kuantitatif metode quasi eksperimen atau eksperimen semu. Populasi penelitian ini adalah siswa SMK Telkom Bandung dan sampel penelitianini adalah siswa kelas X MM-2 sebagai kelas eksperimen dan kelas X MM-3 sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian yang digunakan adalah observasi, tes, dan angket.Pengolahan dan analisis data menggunakan ujistatistik inferensial parametrik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh integrasi model role playing dengan multimedia terhadap keterampilan partisipasi sosial siswa, pengaruh itu ditunjukkan dengan adanya perbedaan keterampilan partisipasi sosial siswa. Hasil skor angket kelas yang menggunakan integrasi model role playing dengan multimedia lebih besar dibandingkan kelas yang menggunakan metode konvensional.

 

Kata Kunci :, Keterampilan Partisipasi, Multimedia, Role Playing.

 

 

ABSTRACT

 

This study aims to test, find the effect and differences in the application of the integration of models role playing with multimedia on social participation skills of students in citizenship education learning. This research is based on Bruce Joyce's social teaching theory, using a quantitative approach to quasi-experimental methods. The population of this research is students of Telkom Bandung and the sample of this study is students of X MM-2 as an experimental class and X MM-3 as a control class. The research instruments used were observation, tests and questionnaires. Data processing and analysis usingstatistical parametric inferentialtests. The results of this study indicate that there is an influence of the integration ofmodels role playing with multimedia on students'social participation skills, the effect is indicated by differences in students' social participation skills. The results of class questionnaire scores that use integration of models role playing with multimedia are greater than classes using conventional methods.

 

Keywords: Multimedia, Participatory Skills, Role Playing.

Full Text:

98 - 113 PDF

References


REFERENSI

Al Muchtar, Suwarma. (2000). Pengembangan Kemampuan Berpikir dan Nilai Dalam Pendidikan IPS. Bandung: Gelar Pustaka Mandiri Bandung.

Hersted, Lone. (2017).Reflective Role-Playing in the Development of Dialogic Skill. Journal of Transformative Education 2017, Vol. 15(2) 137-155. Department of Learning and Philosophy, University of Aalborg, Aalborg, Denmark. The Author(s) 2017 Reprints and permission: sagepub.com/journalsPermissions.nav DOI: 10.1177/1541344616686765 journals.sagepub.com/home/jtd

Ibrahim dan Nur. (2005). Pengajaran Berdasarkan Masalah. Surabaya: University Press

Johnson, D.W., Johnson, R.T & Holobec, E. (1994). Circles Of Learning. Alexandria. VA: ASCD

Joyce, Bruce. Dkk. (2009). Models Of Teaching (Model-Model Pengajaran). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Kagan, S., (1990). Cooperative Learning Resources For Teachers. San Juan Capistrano CA: Resources For Teachers.

Komalasari, K. dan Didin Saripudin (2017). Nilai Berbasis Interaktif Pengembangan Multimedia melalui Praktek Terpadu untuk Pembentukan Karakter Siswa.TOJET: The Turkish Online Journal of Educational Technology – October 2017, volume 16 issue 4.

Mezirow, J. (2000). Learning as transformation: Critical perspectives on a theory in progress. San Francisco, CA: Jossey-Bass

Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen.

Undang-Undang Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem pendidikan Nasional

Wicaksono, A., dkk. (2016). Teori Pembelajaran Bahasa: Suatu Catatan Singkat Edisi Revisi. Yogyakarta: Garudhawaca.

Wijaya, A. K. (2018).Pengaruh Model Bermain Peran Berbantuan Multimedia Terhadap Keterampilan Kewarganegaraan Peserta Didik. Universitas Pendidikan Indonesia.

Wijaya, A. K.,Rahmat, K.Komalasari. (2018). Reflective Experiences of Students to the Integration of Role Playing Model with Multimedia In Citizenship Education. Advances in Social Science, Education and Humanities Research, volume 251. Annual Civic Education Conference (ACEC2018)

Winarno. 2006. Pendidikan Kewarganegaraan di Perguruan Tinggi. Jakarta : Bumi Aksara Somantri.

Winataputra, Udin dan Dasim Budiansyah. (2012). Pendidikan kewarganegaraan dalam perspektif internasional. Bandung : Widya Aksara Press.

---------------, Udin. (2008). Pembelajaran PKn. Jakarta: UniversitasTerbuka.




DOI: 10.24235/edueksos.v9i1.6420

Article Metrics

Abstract view : 60 times
98 - 113 PDF - 26 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

 

 


<