DEVIASI PERILAKU ANAK DAN POLA DIDIK ORANG TUA (KOMPARASI BIMBINGAN DAN PERKEMBANGANNYA)

Mahdi Mahdi(1*),


(1) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Abstrak

Cara atau pola didik orang tua akan mempengaruhi perilaku anak. Apabila cara atau pola didik yang digunakan orang tua baik dan tepat sesuai dengan pemikiran anakmaka  akan berdampak positif pada diri anak. Sebaliknya,  apabila orang tua mendidik anak dengan cara yang salah maka berakibat buruk pada dirianak, yaitu anak dapat melakukan perilaku-perilaku menyimpang. Maka dari itu, orang tua sebagai pendidik yang mempunyai pengaruh sangat besar dalam menentukan masa depan anak, harus pandaimemilih cara atau pola yang tepat dan sesuai dengan pertumbuhan dan perkembangan anak sehingga kelak anak tersebut mempunyai perilaku yang baik dan terhindar dari perilaku menyimpang. Perilaku menyimpang (deviasi) adalah gambaran dari kepribadian antisosial atau gangguan tingkah laku remaja yang ditandai dengan tiga atau lebih kriteriaatau gejala-gejala seperti membolos, mabuk, mencuri, merusak fasilitas umum sehingga penyimpangan bukanlah kualitas dari suatu tindakan yang dilakukan orang, melainkan konsekuensi dari adanya peraturan dan penerapan sangsi yang dilakukan oleh orang lain terhadap perilaku tindakan tersebut.

          Kata Kunci :perilaku, pola didik, bimbingan


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Al-Mighwar, Muhammad. 2006. Psikologi Remaja. Bandung: Pustaka Setia.

Amin, M. Mansyhur dan Muhammad Madjib.1993.Agama, Demokrasi, dan Transformasi Sosial. Jakarta: LKPSM NU DIY.

Bakry, Samaun.2005.Menggagas Konsep Ilmu Pendidikan Islam. Bandung: Pustaka Bani Quraisy.

Gunarsah, Singgih D. 1995.Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja. Jakarta: Gunung Mulia.

Hurlock, Elizabeth B., 1978. Perkembangan Anak Jilid 2. Terjemahan oleh Med Meitasari Tjandrasa. Jakarta: Erlangga.

Horton, Paul B, dan Chester Lhunt. 1991. Penerjemah Aminudin Ran dan Tita Sobari.Sosiologi. Jakarta: Erlangga.

Ilyas, Asnelly. 1997. Mendambakan Anak Saleh. Bandung: Al-Bayan.

Kartono, Kartini. 1998. Patologi Sosial 2: Kenakalan Remaja. Jakarta: Rajawali.

Langgulung, Hasan. 1995. Manusia dan Pendidikan Suatu Analisa Psikologi dan Pendidikan. Jakarta: Al-Husna Zikra.

Purwanto, M. Ngalim. 2004. Ilmu Pendidikan Teoritis dan Praktis. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Sabri, M. Alisuf. 1999. Ilmu Pendidik. Jakarta: Pedoman Ilmu Jaya.

Sahrodi, Jamali. 2005. Membedah Nalar Pendidikan Islam. Yogyakarta: Pustaka Rihlah Group.

Sarwono, Sarlito Wirawan. 2004. Psikologi Remaja. Jakarta: Raja Grafindo.

Yusuf, Syamsu. 2004. Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja. Bandung: Remaja Rosdakarya.




DOI: 10.24235/edueksos.v4i1.648

Article Metrics

Abstract view : 579 times
PDF - 504 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Edueksos : Jurnal Pendidikan Sosial dan Ekonomi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.



 

free web stats Web Stats

ISSN 2548-5008 (online); ISSN 2252-9942 (print)
Copyright ©2022 Edueksos: Jurnal Pendidikan Sosial dan Ekonomi, Faculty of Tarbiyah and Teacher Training, IAIN Syekh Nurjati Cirebon