KEEFEKTIFAN KALIMAT DALAM TEKS PADA BUKU PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL SD/MI

Itaristanti Itaristanti(1*),


(1) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Abstrak

Tulisan ini mendeskripsikan hasil analisis terhadap keefektifan kalimat dalam teks pada buku pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial SD/MI. Penulis melakukan analisis baik terhadap bentuk kalimat, tanda baca, unsur kalimat, maupun diksi yang digunakan. Hal ini dilakukan karena penyusunan kalimat yang efektif sangat membantu siswa dalam memahami gagasan yang disampaikan oleh penulis. Kalimat yang efektif mampu menyampaikan gagasan secara jelas sehingga pembaca dapat mengambil makna secara tepat.

 

Kata kunci: kalimat efektif, teks, buku pelajaran

 


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Alwi, Hasan, dkk. 2003. Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia. Edisi Ketiga. Jakarta: Balai Pustaka.

Finoza, Lamuddin. 2009. Komposisi Bahasa Indonesia. Jakarta: Diksi Insan Mulia.

Hs., Widjono. 2007. Bahasa Indonesia: Mata Kuliah Pengembangan Kepribadian di Perguruan Tinggi. Edisi Revisi.Jakarta: Grasindo.

Ramlan, M. 2005. Ilmu Bahasa Indonesia: Sintaksis. Yogyakarta: CV Karyono.

Sutoyo dan Leo Agung. 2009a. IPS 4: untuk SD/MI Kelas 4. Jakarta: Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional.

-------. 2009b. IPS 6: untuk SD/MI Kelas 6. Jakarta: Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional.

Sutrisno, Warsito, dan Sadikun. 2009. Mengenal Lingkungan Sosialku Ilmu Pengetahuan Sosial: untuk SD dan MI Kelas V. Jakarta: Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional.

Tim Penyusun Kamus. 1995. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.




DOI: 10.24235/edueksos.v4i1.653

Article Metrics

Abstract view : 672 times
PDF - 683 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

 

 


<