INTEGRASI TEKNOLOGI DALAM PEMBELAJARAN IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN ILMU TEKNOLOGI DAN MASYARAKAT

Khomarudin Kamsina(1*),


(1) IAIN Syekh Nurjati Cirebon
(*) Corresponding Author

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan peranan dan pemanfaatan teknologi digital dalam pembelajaran dan masyarakat di Era Industri 4.0. Bahasan integrasi tersebut ditinjau dari implementasi dalam pembelajaran ilmu teknologi dan masyarakat. Prinsip dasar dalam integrasi ilmu teknologi dan dalam pembelajaran yaitu penggunaan teknologi tidak menyebabkan menurunya pemahaman konseptual atau menggantikan peranan intuisi mahasiswa dan masyarakat. Sebaliknya, teknologi bertujuan untuk meningkatkan pemahaman konseptual mahasiswa dan mengembangkan kemampuan mahasiswa dalam berkomunikasi dalam menjalankankan peranya baik di dunia pendidikan ataupun di masyarakat.

Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Penelitian dilakukan terhadap mahasiswa yang sedang mengikuti perkuliahan pada mata kuliah Ilmu Teknologi dan Masyarakat. Peneliti menggunakan angket sebagai instrumen untuk mendapatkan data. Peneliti menganalisa hasil data tersebut dengan mengelompokkan, display data, menganalisa kemudian menyimpulkan.

Hasil penelitian menunjukan bahwa implementasi teknologi digital dalam pembelajaran yaitu: (1) Teknologi yang berfungsi sebagai alternatif alat bantu media pembelajaran untuk melakukan kegiatan pembelajaran; (2) Teknologi sebagai asah soft skills, yaitu teknologi yang berfungsi sebagai lingkungan belajar untuk mengasah keterampilan tertentu bagi peserta didik; (3) Teknologi untuk membantu kegiatan masyarakat, yaitu teknologi digital yang berfungsi sebagai alat bantu dalam meringankan pekerjaan masyarakat. Itulah ketiga temuan yang bisa disimpulkan dari pembelajaran Ilmu Teknologi dan Masyarakat.

 

Kata kunci: Teknologi Pembelajaran; Integrasi Teknologi; Peranan Teknologi dalam masyarakat;

Full Text:

PDF 67-79

References


Referensi

Asrizal. (2013). Strategi Integrasi dan Design Perangkat Pembelajaran Sains Terpadu Berbasis ICT untuk Pembelajaran Siswa SMP. Seminar Nasional Pendidikan MIPA 2013.

Degeng, Nyoman Sudana. (2004). Teori Pembelajaran, Malang, Jawa Timur: UM Press.

Dodi Nandika, Gatot H. Priowirjanto, & Soekartawi. 2007. Integrating ICT for better quality and values of education. http://www.seameo. org/vl/library/dlwelcome/publications/report/thematic/07forum42.pdf. (Diakses, 24 Jan 2020).

Hadisi, Muna. (2015). Pengelolaan Teknologi Informasi dalam Menciptakan Inovasi Model Pembelajaran E-Learning. Jurnal Al-Ta’dib Vol. 8 No. 1, Januari-Juni 2015.

Hamidi. (2010). Metode Penelitian Kualitatif Pendekatan Praktis Penulisan Proposal dan Laporan Penelitian. Cetakan ke-2. Malang: UMM Press.

Herry F. (2013). Integrasi Teknologi Informasi Komunikasi dalam Pendidikan: Potensi Manfaat, Masyarakat Berbasis Pengetahuan, Pendidikan Nilai, Strategi Implementasi dan Pengembangan Profesional. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, VVolume 21, Nomor 3, Mei 2013

Hoyles, C., & Lagrange, J.-B. (Eds.). (2010). Mathematics education and technology--Rethinking the terrain. New York, NY/Berlin, Germany: Springer.

Miarso, Yusuf Hadi. (2004), Menyemai Benih Teknologi Penddikan, Jakarta:Kencana.

Sugiyono, (2009). Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Suyatno. (2016). Integrasi Teknologi Informasi dalam Pembelajaran Pendidikan Agama. https://bdksemarang.kemenag.go.id/integrasi-teknologi-informasi-dalam-pembelajaran-pendidikan-agama-islam/.

Suryadi, Ade. (2007). Pemanfaatan ICT dalam Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh, Volume 8, Nomor 1, Maret 2007, 83-98.

Tekege Martinus, (2017). Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pembelajaran SMA YPPGI Nabire. JURNALFATEKSA: Jurnal Teknologi dan Rekayasa, Volume 2, No.1 Juli 2017, hal.40-52.

Wikipedia, Information Technology, 2009, http://en.wikipedia.org/wiki/ Information technology, h. 1.

Woodbridge, J. (2004). Technology integration as a transformation teaching strategy. Diambil 5 Oktober 2019, dari www.techlearning.com.




DOI: 10.24235/edueksos.v9i2.7103

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF 67-79 - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

 

 


<