PENGUATAN KETERAMPILAN BAHASA INGGRIS PEKERJA MIGRAN INDONESIA (PMI) CIREBON

Royani Afriani(1*), Maimunah Maimunah(2),


(1) IAIN Syekh Nurjati Cirebon
(2) IAIN Syekh Nurjati Cirebon
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini dilakukan dalam rangka turut menyelesaikan satu dari beberapa persoalan yang dihadapi oleh Pekerja Migran Indonesia. Penelitian yang mengambil topic tentang Penguatan Keterampilan Bahasa Inggris bagi Calon Pekerja Migran Indonesia ini dilakukan di Pondok Pesantren Al-Quranniyah, Krangken, Indramayu. Penelitian dilakukan selama empat bulan dalam bentuk pendidikan dan pengajaran.  Output dari kegiatan ini adalah meningkatkan kemampuan bahasa Inggris CPMI di Indramayu. Pihak-pihak yang terlibat dalam kegiatan ini adalah Dinas Ketenagakerjaan Indramayu dan Pengasuh, guru, ustadz, dan santri di Pondok Pesantren Al-Quranniyyah.


Full Text:

PDF

References


https://www.ilo.org/wcmsp5/groups/public/---asia/---ro-bangkok/---ilojakarta/documents/publication/wcms_366944.pdf

https://www.republika.co.id/berita/q1p84r428/bahasa-masih-jadi-kendala pekerja-migran

https://www.republika.co.id/berita/dunia-islam/islam nusantara/14/10/23/ndvkxy-pondok-pesantren-alquraniyah-krangkeng-bentengi-moral-masyarakat-2habis

Ibad, M,I,. Muthahhari, N,. Ikhtiyarini, P,. Fathulloh,. Maarif, A.B,.and Nuraini. F,. 2013. Buruh migran menggugat: laporan pemantauan keterbukaan informasi publik di sektor migrasi ketenagakerjaan. Yogyakarta: Pusat Sumber Daya Buruh Migran-Infest Yogyakarta.

Laporan Tahun 2016, Internasiola Labour Organization (ILO). www.ilo.org

Laporan Tahun 2017, Internasiola Labour Organization (ILO). www.ilo.org

Rahayu, M,D, and Isbandono,P,I. 2010. Pengawasan terhadap PPTKIS (pelaksana penempatan tenaga kerja Indonesia swasta) oleh dinas Tenaga Kerja, Transmigrasi dan Kependudukan Provinsi Jawa Timur: studi pada pra penempatan tenaga kerja Indonesia ke luar negeri. Jakarta: Universitas Negeri Surabaya.

Undang-undang No.18 tahun 2017 tentang Perlindungan Pekerja Migran Indonesia




DOI: 10.24235/equalita.v2i1.7059

Article Metrics

Abstract view : 14 times
PDF - 5 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Equalita: Jurnal Studi Gender dan Anak Indexed By:

           

   


EDITORIAL OFFICE:

LP2M Building, IAIN Syekh Nurjati Cirebon. Perjuangan Street of Sunyaragi, Cirebon City, West Java, Indonesia 45132 Phone. 0231-489926.

 

Creative Commons License
Equalita: Jurnal Studi Gender dan Anak is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.