Peran Media Pembelajaran Komik Sains dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa di Pendidikan Dasar

Anip Dwi Saputro(1*),


(1) Unmuh Ponorogo
(*) Corresponding Author

Abstract


Komik sebagai media pembelajaran Sains (Tematik) dalam penyajiannya mengandung unsur visual dan cerita yang menarik dan kuat. Ekspresi yang divisualisasikan membuat pembaca (peserta didik) terlibat secara emosional sehingga membuat pembaca atau peserta didik untuk terus membacanya hingga selesai. Hal inilah yang juga menginspirasi dalam penggunaan media pembelajaran komik yang isinya materi-materi pelajaran sains (tematik).
Peranan utama dari komik sains dalam pembelajaran adalah kemampuannya dalam menciptakan minat peserta didik. Penggunaan komik sains dalam pembelajaran di pendidikan dasar sebaiknya dipadu dengan metode mengajar yang aktif, sehingga komik sains akan menjadi alat pembelajaran yang efektif, efisien dan menarik.
Komik sains bisa menjadi salah satu solusi bagi guru Sekolah Dasar/Madrasah Ibtida’iyah dalam menjaga profesionalisme dalam menerapkan pembelajaran pada peserta didiknya. Media komik sains akan membantu peserta didik agar tidak bosan di kelas dalam menghadapi guru kelas yang jarang sekali berganti. Sehingga guru harus benar-benar pandai dalam mengelola kelas dengan mempersiapkan strategi, model dan media pembelajaran yang akan digunakan di kelas.
Berdasarkan tabel di atas menunjukkan bahwa p value (Sig.) ˂ 0,05. Dari data tersebut dapat diketahui bahwa hipotesis ditolak. Hal tersebut menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara media pembelajaran dan prestasi belajar siswa. Sehingga Media Pembelajaran Komik Sains mmpu meningkatkan prestasi belajar siswa di Sekolah Dasar.


Keywords


Media Pembelajaran, Komik Sains, Prestasi Belajar, Pendidikan Dasar

Full Text:

PDF

References


Abdelraheem, A. Y. & Al-Rabane, A. H. (2005). Utilisation and Benefits of Instructional Media in Teaching Social Studies Courses as Perceived by Omani Students. Malaysian Online Journal of Instructional Technology. (diakses tgl 20 Juli 2011).

Ali, Muhammad. dkk. (2007). Ilmu Dan Aplikasi Pendidikan. Bandung: Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Pendidikan Indonesia & Pedagogiana Press.

Anitah, Sri. (2010). Media Pembelajaran. Surakarta: Yuma Pustaka.

Arsyad, Azhar, (2008), Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Carin, A. A. & Sund, R. B. (1989). Teaching Modern Science. Columbus, Ohio: A Bell & Howell Company.

Chiapetta, E. L. & Koball, T. R. (2010). Science Instruction in the Middle and Secondary Schools Developing Fundamentall Knowledge and Skills. Canada: Maxwell Macmillian

Collette, A. T. & Chiapetta, E. L. (1994). Science Instruction in the Middle and Secondary Schools. Canada: Maxwell Macmillian.

Dananjaya, Utomo. (2011). Media Pembelajaran Aktiv. Bandung: Nuansa.

Daryanto, (2010). Media Pembelajaran, Yogyakarta : Gava Media.

Dewantara, Ki Hadjar. (2004). Pendidikan. Yogyakarta: Majelis Luhur Taman Siswa.

Hamalik, Oemar. (1989). Media Pendidikan. Bandung: Citra Aditya Bakti.

Rohani, Ahmad, (1997), Media Instruksional Edukatif. Jakarta: Rineka Cipta.

Sadiman, Arif. S. et al. (2008). Media Pendidikan Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya; Seri Pustaka Teknologi Pendidikan no.6 Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Sanjaya, Wina, (2006), Strategi Pembelajaran (Berorientasi Standar Proses Pendidikan). Jakarta: Kencana.

Solihatin, Etin, (2007), Cooperative Learning (Analisis Model Pembelajaran IPS). Jakarta: Bumi Aksara.

Sudjana, N. & Rivai, A. (2005). Media Pengajaran . Bandung : Sinar Baru Algesindo.

Sudjana, N. & Rivai, A. (2010). Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar . Bandung : Sinar Baru Algesindo.

Sukarno, dkk. (1981), Dasar-Dasar Pendidikan SAINS (Pegangan mengajarkan IPA bagi guru-guru dan calon-calon guru IPA – Sekolah Lanjutan). Jakarta: Bhratara Karya Aksara.

Sunaryo, dkk., Modul Pembelajaran Inklusif Gender. Jakarta Pusat: LAPIS.

Syah, Muhhibin, (2006). Psikologi Belajar Dengan Pendekatan Baru, Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada.

Trimo, (1997). Media Pendidikan, Jakarta: Depdikbud.

Uzer Usman, Moh., (2008), Menjadi Guru Profesional, Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.

Winkel, W. S, (1996), Psikologi Pengajaran, Jakarta : PT. Gramedia Widiasarana Indonesia.

Yoto dan Saiful Rahman, ( 2001). Manajemen Pembelajaran, Malang : Yanizar Group.

Dwi Nanto. 2009. Komik: Disuka atau Dibenci. (Online). http://www.mdwiner. wordpress.com (diakses 15 Januari 2016)

(http://www.ul.ie/philos/vol1/dewey.html) diakses 16 Januari 2016

(https://id.wikipedia.org/wiki/Pendidikan dasar) diakses 16 Januari 2016




DOI: 10.24235/holistik.v2i1.1708

Article Metrics

Abstract view : 745 times
PDF - 429 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.