Analisis Kesalahan Sintaksis dan Morfologi pada Video Lomba Debat Bahasa Arab

Ahmad Hafidz Abdullah(1), Ana Fitriyana(2*), Muhammad alfan(3),


(1) Universitas Islam Negeri KH. Ahmad Shiddiq
(2) 
(3) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Debat dapat membantu peserta didik untuk melihat kekuatan penggelaran rasional, argumen beralasan dan bukti kuat dalam tindakan. Ini memungkinkan mereka menjelaskan sudut pandang mereka dengan memanfaatkan kefasihan retoris. Ini juga menanamkan rasa sangat tenang dan percaya diri. meneliti, mengorganisir, dan menyajikan informasi dengan cara yang menarik. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan dan mengeksplor bentuk kesalahan ucap dalam keterampilan berbicara di bidang debat bahasa Arab berupa analisis kesalahan siktaksis dan morfologi serta memberikan solusi untuk mengatasi problema kesalahan ucap debat bahasa Arab. Penelitian ini menggunakan pendekatan analisis isi kualitatif terhadap kesalahan pada video lomba debat bahasa Arab tingkat nasional maupun ASEAN. Hasil penelitian ini adalah: (1) terdapat 29 kesalahan sintaksis dan 12 kesalahan morfologi (2) Solusi yang ditawarkan adalah: (a) perlunya persiapan debaters dalam aspek sintaksis dan morfologi, (b) melakukan latihan berkesinambungan, dan (c) meningkatkan keseriusan mendalami debat bahasa Arab.

Keywords


Debat Bahasa Arab, Morfologi, Sintaksis

Full Text:

PDF

References


Jannah, Fithrotul. “Pembelajaran Debat Bahasa Arab Melalui Model International Universities Arabic Debating Championship (IUADC), Qatar.” Prosiding Konferensi Nasional Bahasa Arab III (Oktober 2017): 216-223.

Suharto, Toto. “Analisis Kesalahan Sintaksis dalam Buku Teks Bahasa Arab Untuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam .” Arabiyat Vol 4 No 1 (April 2017): 20-37.

Fahmi, Khairulrijal. “Analisis Kesalahan Gramatikal Teks Terjemah (Indonesia-Arab) dalam Pendidikan Bahasa Arab.” Kordinat Vol XV No 1 (April 2016): 105-116.

Wulandari, Nawang. “Analisis Kesalahan Fonologis dalam Keterampilan Berbicara Bahasa Arab.” Al-Fathin Vol 3 No 1 (Januari 2020): 71-84.

Salim, Nur. 2016. Analisis Kesalahan berbahasa pada Kitabah Siswa Kelas X MA Ta’mirul Islam Solo dan MAU Al-Imdad Jogjakarta Tahun Ajaran 2015-2016. (Thesis). Jogjakarta. UIN Sunan Kalijaga Jogjakarta.

Haniah. “Analisis Kesalahan Berbahasa Arab pada Skripsi Mahasiswa Jurusan Bahasa dan Sastra Arab.” Arabi Vol 3 No 1 (2018): 23-34.

Amriani. “Pengaruh Ilmu Ashwat Terhadap Keterampilan Berbicara Mahasiswa Pendidikan Bahasa Arab di IAIM Sinjai.” Jurnal Kajian Pendidikan dan Bahasa Arab Vol 2 No 2 (Oktober 2020):

Setianingsih, Siska. “Pengaruh Metode Debat Terhadap Keterampilan Berbicara Siswa.” Bina Gogik Vol 7 No 2 (September 2020): 55-64.

Burdah, Ibnu. 2018. Melejitkan Kemampuan Bahasa Arab Aktif Melalui Strategi Debat. Malang: CV Lisan Arabi.

Haris, Abdul. 2018. Teori dasar Nahwu & Sharf. Jember: Al-bidayah.

Rahman, Faidur. 2011. Tashilatun Nafi’in. Madura: PP. An-Nafi’iyyah.

محمد، ابي حامد. 2012. السلسل المدخل في علم الصرف. الأزهر الشريف: دار الكتب الإسلآميّة.

معصوم، محمد. الأمثلة التصرفية. سورابايا: مكتبة ومطبعة سالم نبهان.

www.youtube.com




DOI: 10.24235/ibtikar.v10i1.8016

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Ahmad Hafidz Abdullah, Ana Fitriyana, Muhammad alfan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 Daftar Indeks: