Pengaruh Penggunaan Metode Jarimatika Terhadap Hasil Belajar Matematika Kelas III B di Madrasah Ibtidaiyah

Tati Nurhayati(1*), Ibah Habibah Nurafifah(2),


(1) 
(2) IAIN Syekh Nurjati Cirebon
(*) Corresponding Author

Abstract


Abstrak

 

Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain penelitian eksperimen. Pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan teknik kuesioner (angket) dan tes. Sasaran penelitian ini adalah siswa kelas III B MI Negeri 6 Kuningan Kota Kuningan dengan jumlah murid 15 siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan metode jarimatika terhadap hasil belajar matematika di kelas III B MI Negeri 6 Kuningan Kota Kuningan.

 

Hasil penelitian menunjukan bahwa respon siswa terhadap metode jarimatika pada pembelajaran matematika adalah 86% tergolong pada kategori sangat kuat yang berada di antara 81% - 100%. Sedangkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika diperoleh nilai rata-rata sebesar 80,33. Hasil analisis diperoleh nilai signifikan 0,002 yang berada di bawah 0,05, maka terdapat hubungan yang sangat signifikan antara variabel x dan y. Uji regresi diperoleh thitung sebesar 3.957 dengan signifikan 0,002. Dengan pengujian dua sisi (signifikasi = 0,05) diperoleh hasil ttabel sebesar 1.77093. Karena thitung (3.957) > ttabel (1.77093) maka H0 ditolak artinya bahwa ada pengaruh metode jarimatika terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika siswa kelas III B di MI Negeri 6 Kuningan. Dalam hal ini pengaruh metode jarimatika terhadap hasil belajar matematika sebesar 54,6%, sedangkan sisanya dipengaruhi oleh faktor lain. Pengaruh metode jarimatika terhadap hasil belajar tingkat hubungannya kuat, karena nilai R = 0,739 berada diantara 0,600 – 0,799.

 

Kata Kunci : Metode Jarimatika terhadap Hasil Belajar Matematika

 

 

 

 

 

 

 

 

Abstract

 

This research is a quantitative research with experimental research design. Data collection used in this study using questionnaire (questionnaire) and test techniques. Target of this research is student of class III B MI Negeri 6 Kuningan Kuningan City with student number 15 student. This study aims to determine the effect of the use of methods of mathematics toward mathematics learning outcomes in class III B State MI 6 Kuningan Kuningan City.

The results showed that students' responses to the method of mathematics in mathematics learning is 86% belong to the very strong category that is between 81% - 100%. While the results of student learning on mathematics subjects obtained an average value of 80.33. The analysis results obtained significant value 0.002 which is below 0.05, then there is a very significant relationship between variables x and y. Regression test obtained t count of 3.957 with significant 0.002. With a two-tailed test (significance = 0.05) obtained tcable results of 1.77093. Because thitung (3.957)> ttable (1.77093) then H0 rejected means that there is influence of the method of fingerprint on student learning outcomes in the subjects of mathematics class III B students in MI Negeri 6 Kuningan. In this case the influence of the method of mathematics to the results of learning mathematics by 54.6%, while the rest influenced by other factors. The influence of the method of fingerprint on the learning outcomes of relationship level is strong, because the value of R = 0.739 is between 0,600 - 0,799.

 

Keywords: Method of Jarimatic to Learning Outcomes of Mathematics

Full Text:

PDF PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Abdul Majid. 2013. Strategi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Abu Ahmadi. 2005. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia.

Adji, Nahrowi & Maulana. 2006. Pemecahan Masalah Matematika. Bandung: UPI PRESS.

Arikunto, Suharsimi. 2013. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Astuti, Trivia. 2013. Metode Berhitung Lebih Cepat Jarimatika. Jakarta: Lingkar Media.

Dessy Heppy Pratiwi Soleh, Zaenal Abidin, Jati Ariati. 2011. Pengaruh Metode Jarimatika Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Tunanetra Sekolah

Dasar Slb Negeri 1 Pemalang. https://media.neliti.com/media/publications/127596-ID-none.pdf. ((Diakses pada tanggal 16 Maret Pukul 16.15 WIB).

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional (Permendiknas). 2006. Permendiknas Nomor 22 Tahun 2006 Tentang Standar Isi Untuk Mata Pelajaran Matematika. Jakarta: Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia.

Sutikno, Sobry. 2007. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Prospect.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D). Bandung: Alfabeta.




DOI: 10.24235/ijee.v1i1.5414

Article Metrics

Abstract view : 48 times
PDF - 7 times PDF - 9 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indonesian Journal of Elementary Education (IJEE) Published by Department of Madrasah Ibtidaiyah Teacher Education, Faculty of Tarbiyah and Teacher Training, IAIN Syekh Nurjati Cirebon, Indonesia

Editorial Office:

FITK Building, 5th Floor, Department of Madrasah Ibtidaiyah Teacher Education, Faculty of Tarbiyah and Teacher Training, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.  Perjuangan Street of Sunyaragi, Cirebon City, West Java, Indonesia 45132 Phone. 0231-481264, Fax. 0231-489926, Email: pgmi@syekhnurjati.ac.id