PENGARUH KEGIATAN EKSTRAKURIKULER CALISTUNG TERHADAP KETERAMPILAN M

Latifah Latifah(1*), Rosmatul Alawiyah(2),


(1) IAIN Syekh Nurjati Cirebon
(2) IAIN Syekh Nurjati Cirebon
(*) Corresponding Author

Abstract


Abstrak

Penelitian ini membahas mengenai kegiatan esktrakurikuler calistung sebagai wadah dalam peningkatan keterampilan membaca siswa. Tujuan dari peneleitian ini yaitu mendeskripsikan seberapa besar pengaruh kegiatan ekstrakurikuler calistung terhadap keterampilan membaca nyaring siswa di kelas II MI Hidayatus Shibyan Kabupaten Cirebon. Pendekatan dalam peneltian ini yaitu kuantitatif dengan desain expost facto. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket, tes, dan dokumentasi. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 48 siswa di kelas II. Data penelitian ini diperoleh dengan melakukan uji normalitas, uji linearitas, uji determinasi, uji regresi sederhana, dan uji hipotesis (uji t). Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) kegiatan ekstrakurikuler calistung di kelas II MI Hidayatus Shibyan tergolong dalam kategori sangat kuat karena hasil penyebaran angket untuk variabel X adalah sebesar 85%, 2) keterampilan membaca siswa terletak pada kategori B (baik) karena nilai rata-rata siwa sebesar 83 dengan presentase 83%, dan 3) terdapat pengaruh kegiatan ekstrakurikuler calistung terhadap keterampilan membaca nyaring siswa yang diperoleh dengan uji hipotesis dengan nilai signifikan sebesar 0,002 < 0,05 dan thitung (6,124) > ttabel (1,67866). Adapun besarnya pengaruh vatriabel X terhadap variabel Y sebesar 62,7% yang diperoleh dari data uji R square sebesar 0,627. Dengan demikian, terdapat pengaruh dari kegiatan ekstrakurikuler calistung terhadap keterampilan membaca siswa di MI Hidayatus Shibyan Kabupaten Cirebon.

Kata kunci: ekstrakurikuler, calistung, membaca

 

Abstract

This study discusses the extracurricular activities of calistung as a forum for improving students' reading skills. The purpose of this research is to describe how much influence the calistung extracurricular activities have on reading aloud skills of students in class II MI Hidayatus Shibyan Cirebon District.  The approach in this research is quantitative with an ex post facto design . Data collection techniques used were questionnaires, tests, and documentation. The sample in this study amounted to 48 students in class II. The data of this study were obtained by conducting a normality test, linearity test, determination test, simple regression test, and hypothesis test (t test). The results showed that 1) calistung extracurricular activities in class II MI Hidayatus Shibyan belonged to a very strong category because the results of questionnaires for variable X were 85%, 2) students' reading skills were in category B (good) because of the mean score the student average is 83 with a percentage of 83%, and 3) there is the influence of calistung extracurricular activities on students' loud reading skills obtained by hypothesis testing with a significant value of 0.002 <0.05 and t count (6.124)> t table (1, 67866). The magnitude of the effect of vatriab el X on Y variable is 62.7% which is obtained from the R square test data of 0.627. Thus, there is an effect of calistung extracurricular activities on students' reading skills at MI Hidayatus Shibyan Cirebon Regency.

Keywords : extracurricular , calistung , reading


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Antoni, N. (2010). Exploring EFL Teacher's Strategies In Teaching Reading Comprehension. Jurnal Penelitian Pendidikan , 11(2), 39-51.

Asiah, N. (2018). Pembelajaran Calistung Pendidikan Anak Usia Dini dan Ujian Masuk Calistung Sekolah Dasar di Bandar Lampung. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar , 5(1), 19-42.

Block, N. K. (2012). Improving Reading in The primary Grades. The Furure of Children , 22(2), 55-72.

Dahniar. (2014). Peningkatan Keterampilan Membaca Lanjutan Dengan Metode SAS Siswa Kelas II SDN 2 Ogowele. Jurnal Kreatif Tadulako Online , 4(8), 136-154.

Djafri, N. (2008). Pengaruh Kegiatan Ekstrakurikuler Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Pesantren Al-Khaerat Kota Gorontalo. Inovasi , 5(3), 136-150.

Hanafi, R. A. (2017). Pengaruh Keaktifan Siswa dalam Kegiatan Ekstrakurikuler Multimedia Club (M2C) Terhadap Prestasi Belajar Siswa dalam Mata Pelajaran Komposisi Foto Digital Kelas XI Multimedia SMK Negeri 2 Jakarta . Jurnal Pinter , 1(1), 1-4.

Harold, L. S. (2009). Elements in The Taeching of Reading. Teachers, Learners and Curriculum , 4(2), 14-21.

Hayati Akyol, A. C. (2014). Study on The Development of Reading. International Electronic Journal of Elementary Education , 6(2), 199-212.

Ilter, I. (2017). Improving The Reading Comprehension of Primary-School Students at Frustation-Level Reading Through The Paraphasing Strategy Trainning: A Multiple-Probe Design Study. International Electronic Journal of Elementary Education , 10(1), 147-161.

Istitani, D. (2013). Model Pembelajaran Membaca Menulis Menghitung Pada Anak Usia Dini di Kabupaten Pekalongan. Jurnal Penelitrian , 10(1), 1-18.

Latifah, D. A. (2018). Pengaruh Perkembangan Psikosial Terhadap Hasil Belajar PPKn Siswa Kelas IV MIN Kota Cirebon. Al Ibtida: Jurnal Pendidikan Guru MI , 5(2), 249-260.

Lestari, R. Y. (2016). Peran Kegiatan Ekstrakurikuler dalam Mengembangkan Watak Kewarganegaraan Peserta Didik. Untirta Civic Education Journal , 1(2), 136-152.

Prasetyarini, U. H. (2011). Implementasi Metode Pembelajaran Calistung Permulaan bagi Anak Play Group Aisyah di Kecamatan Kartasura Sukoharjo. Jurnal Penelitian Humaniora , 12(2), 126-136.

Putri Parahapitania Iswara, D. L. (2013). Studi Kegiatan Bernyanyi Pada Pembelajaran Calistung Untuk Anak Usia Dini di TK Sekolah Alam Bandung. Jurnal Pendidikan Seni Musik , 1(3), 1-9.

Saragih, N. K. (2014). Pengaruh Kegiatan Ekstrakurikuler Kepramukaan Terhadap Perilaku Prososial Remaja di SMP Santa Ursula Jakarta. Jurnal Psikologi Indonesia , 3(03), 253-268.

Sarkiyah. (2014). Upaya Meningkatkan Keterampilan Membaca Permulaan Melalui Media Kartu di Kelas 1 Madrasah Ibtidaiyah Alkhairaat Uemalingku Kecamatan Ampana Kota. Jurnal Kreatif Tadukolo Online , 4(4), 137-151.

Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. 2015. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2017). Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Wawan Krismanto, A. K. (2015). Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Melalui Metode Survey, Question, Recite, Review (SQ3R) Pada Siswa Kelas IV SD Negeri 46 Parepare. Jurnal Publikasi Pendidikan , 5(3), 234-242.

Wiyono, I. S. (2012). Manajemen Kegiatan Ekstrakurikuler dalam Meningkatkan Kualitas Sekolah. Jurnal Manajemen Pendidikan , 23(5), 424-433.

Yudha, S. M. (2009). Pengembangan Ekstrakurikuler . Jakrta: Depdikbud.




DOI: 10.24235/ijee.v2i1.6393

Article Metrics

Abstract view : 28 times
PDF - 4 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indonesian Journal of Elementary Education (IJEE) Published by Department of Madrasah Ibtidaiyah Teacher Education, Faculty of Tarbiyah and Teacher Training, IAIN Syekh Nurjati Cirebon, Indonesia

Editorial Office:

FITK Building, 5th Floor, Department of Madrasah Ibtidaiyah Teacher Education, Faculty of Tarbiyah and Teacher Training, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.  Perjuangan Street of Sunyaragi, Cirebon City, West Java, Indonesia 45132 Phone. 0231-481264, Fax. 0231-489926, Email: pgmi@syekhnurjati.ac.id