STRATEGI MARKETING MIX DALAM UPAYA MENINGKATKAN PENDAPATAN PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM

Samud Samudera(1*), Syafrudin Ujang(2),


(1) INSTITUT AGAMA ISLAM FAHMINA (ISIF) CIREBON
(2) Pascasarjana IAIN Syekh Nurjati Cirebon
(*) Corresponding Author

Abstract


 

ABSTRACT

 


The marketing mix is a combination of variables or activities that are the core of the marketing system, variables that can be controlled by the company to influence the reactions of buyers or consumers. These variables or activities need to be combined and coordinated by the company as effectively as possible in carrying out its marketing tasks / activities. The main essence of well-known marketing activities is the marketing mix, which includes the 4Ps (Product, Price, Place, Promotion). The four variables are a combination that has the same role and constitutes one unit to support the company's success. Therefore, product, price, place and promotion can be used by the company concerned to develop a basic corporate strategy which can be used as a reference for the preparation of an effective marketing strategy.

The purpose of this study is to determine the marketing mix strategy in an effort to increase income from the perspective of Islamic economics.

This research is a field research research used by digging data sourced from field research locations. This research is descriptive qualitative in nature, namely research that is descriptive and aims to obtain a complete picture of something being researched.

 

Keywords: Marketing Mix Strategy; Increase; Income and Islamic Economy.

ABSTRAK

 

Bauran pemasaran (marketing mix) merupakan kombinasi variabel atau kegiatan yang merupakan inti dari sistem pemasaran, variabel yang dapat dikendalikan oleh perusahaan untuk memengaruhi reaksi para pembeli atau konsumen. Variabel atau kegiatan tersebut perlu dikombinasikan dan dikoordinasikan oleh perusahaan seefektif mungkin dalam melakukan tugas/kegiatan pemasarannya. Inti utama dari kegiatan pemasaran yang dikenal luas adalah bauran pemasaran (marketing mix), yang mencakup 4P (Product, Price, Place, Promotion). Keempat variable tersebut merupakan kombinasi yang mempunyai peran yang sama dan merupakan satu kesatuan guna menunjang sukses perusahaan. Karena itu product, price, place dan promotion dapat digunakan oleh perusahaan yang bersangkutan untuk menyusun strategi dasar perusahaan yang dapat menjadi acuan bagi penyusunan strategi pemasaran yang efektif.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi marketing mix dalam upaya meningkatkan pendapatan perspktif ekonomi Islam.

Penelitian ini merupakan penelitian field research digunakan dengan cara menggali data yang bersumber dari lokasi penelitian lapangan. Penelitian ini bersifat deskripstif kualitatif yaitu penelitian yang bersifat memaparkan dan bertujuan untuk memperoleh gambaran yang lengkap tentang sesuatu yang sedang diteliti.

 

Kata Kunci: Strategi Marketing Mix; Meningkatkan; Pendapatan dan Ekonomi Islam.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 


Keywords


Strategi Marketing Mix; Meningkatkan; Pendapatan dan Ekonomi Islam.

Full Text:

PDF

References


Ali, Hasan. Marketing. Yogyakarta: Media Press, 2018.

Assauri. Manajemen Pemasaran: Dasar, Konsep Dan Strategi. Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2014.

Bogdan, Robert, and Steven J. Taylor. Pengantar Metodologi Penelitian Kualitatif, Terj. Arief Furchan. Surabaya: Usana Offset Printing, 2012.

Bungin, Burhan. Metode Penelitian Kualitatif. Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2014.

DH, Basu Swastha, and Hani Handoko. Manajemen Pemasaran Analisa Perilaku Konsumen. Yogyakarta: Liberty, 2017.

Gitosudarmo. Manajemen Pemasaran. Yogyakarta: BPFE, 2000.

Gousali, Saydam. Pelayanan Dalam Promosi Produk. Bandung: Tarsito, 2013.

Hurriyati, Ratih. Bauran Pemasaran Dan Loyalitas Konsumen. Bandung: Alfabeta, 2015.

Kotler, Phillip. Manajemen Pemasaran, Analisis, Perencanaan, Implementasi Dan Pengendalian. Jakarta: Erlangga, 2007.

Rachmawati, Rina. “Peranan Bauran Pemasaran (Marketing Mix) Terhadap Peningkatan Penjualan (Sebuah Kajian Terhadap Bisnis Restoran).” Jurnal Kompetensi Teknik 2, no. 2 (2011).

Rozali. “Manajemen Pemasaran Islam,” 2014. http://fe.umj.ac.id/index.php?option=com.

Saladin, Djaslim. Manajemen Pemasaran (Analisis, Perencanaan, Pelaksanaan, Dan Pengendalian). Bandung: CV. Linda Karya, 2014.

Saladin, Djaslim, and Yevis Marty Oesman. Intisari Pemasaran Dan Unsur –Unsur Pemasaran. Bandung: PT. Linda Karya, 2017.

Silviana. “Penerapan Marketing MIX Pada Minuman Ringan.” Jurnal Widya Teknika 19, no. 2 (2011).

Soerkartawi. Agribisnis: Teori Dan Aplikasinya. Jakarta: Raja Grafindo, 2010.

Sulastomo. Manajemen Pemasaran Jasa. Jakarta: Rineka Cipta, 2011.

Sunyoto, Danang. Manajemen Pemasaran. Jakarta: PT Buku Seru, 2018.

Swasta, Basu. Manajemen Penjualan. Yogyakarta: PT. BPFE, 2011.

Swastha, Basu, and Irawan. Manajemen Pemasaran Modern. Yogyakarta: Liberty, 2000.

Umar, Husein. Metode Penelitian Untuk Skripsi Dan Tesis Bisnis. Jakarta: Rajawali pers, 2017.

Winardi. Entrepreneur & Entrepreneurship. Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2014.

Zamroni, and Wahibur Rokhman. “Pengaruh Marketing MIX Dan Syariah Compliance Terhadap Keputusan Nasabah Memilih Bank

Umum Syariah Di Kudus.” Equilibrium: Jurnal Ekonomi Syariah 4, no. 1 (2016).




DOI: 10.24235/inklusif.v5i2.7116

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


  

viev my staat