IMPLEMENTASI KARAKTER MARKETING SYARIAH DALAM MENINGKATKAN KEPUASAN KONSUMEN

Mawar Jannati Al Fasiri(1*), Nurjati Nurjati(2), Dapiah Dapiah(3),


(1) IAI Bunga Bangsa Cirebon
(2) IAI Bunga Bangsa Cirebon
(3) IAI Bunga Bangsa Cirebon
(*) Corresponding Author

Abstract


 

ABSTRAC

 


In a business business, in general, business competition is very tight, making it difficult for competitors or similar businesses to attract consumers. Some competitors may be more oriented towards satisfying rather than maximizing profit. Marketing itself is a form of muamalah that is justified in Islam, as long as the transaction process is protected from things that are prohibited by sharia provisions. Service must be done as well as possible to be able to provide added value in attracting consumers.

This study aims to find out how the Islamic marketing character is applied, find out what factors can increase customer satisfaction and whether the implementation of sharia marketing character can increase customer satisfaction at STOKIS NASA E.2317 Warujaya Village, Depok District, Cirebon Regency.

In this study the authors used a qualitative approach. Data collection techniques using observation, interviews and documentation.

The implementation of sharia marketing character in increasing consumer satisfaction at Stokis Natural Nusantara E.2317 Warujaya, Depok District, Cirebon Regency is in the following way: the soul of a sharia marketer believes that these theistic or divine Shari'a laws are the fairest, where the owner of STOKIS NASA E.2317 places great emphasis on moral (moral and ethical) issues in all aspects of its activities. With the implementation of a clean, neat and unpretentious appearance whatever the model or style of dress worn by the owner and all employees of STOKIS NASA E.2317, and they work by prioritizing religious values, piety, moral aspects and honesty in all marketing activities.

 

Keywords: Implementation; Marketing character; Consumer Satisfaction.

 

 

ABSTRAK

 

Dalam sebuah bisnis usaha secara umum persaingan usaha sangat ketat membuat para pesaing atau usaha yang sejenis akan sulit untuk menarik konsumen. Beberapa pesaing mungkin lebih berorientasi pada memuaskan bukan memaksimalkan laba. Marketing itu sendiri adalah salah satu bentuk muamalah yang dibenarkan dalam islam, sepanjang dalam proses transaksinya terpelihara dari hal-hal yang terlarang oleh ketentuan syariah. Pelayanan harus dilakukan dengan sebaik mungkin untuk dapat memberikan nilai tambah dalam menarik hati konsumen.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana karakter marketing syariah yang diterapkan, mengetahui faktor apa saja yang dapat meningkatkan kepuasan konsumen dan apakah dengan implementasi karakter marketing syariah dapat meningkatkan kepuasan konsumen di STOKIS NASA E.2317 Desa Warujaya Kecamatan Depok Kabupaten Cirebon.

Dalam penelitian ini penulis menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi.

Implementasi karakter marketing syariah dalam meningkatkan  kepuasan Konsumen di Stokis Natural Nusantara E.2317 Warujaya Kecamatan Depok Kabupaten Cirebon adalah dengan cara sebagai berikut: jiwa seorang syariah marketer meyakini bahwa hukum-hukum syariat yang teistis atau bersifat ketuhanan ini adalah yang paling adil, dimana owner STOKIS NASA E.2317 sangat mengedepankan masalah akhlak (moral dan etika) dalam seluruh aspek kegiatannya. Dengan diterapkannya penampilan yang bersih, rapi dan bersahaja apapun model atau gaya berpakaian yang dikenakan oleh owner dan seluruh pegawai STOKIS NASA E.2317, dan mereka bekerja dengan mengedepankan nilai-nilai religius, kesalehan, aspek moral dan kejujuran dalam segala aktivitas pemasarannya.

 

Kata Kunci :Implementasi; Karakter Marketing; Kepuasan Konsumen.

 


Keywords


Implementasi; Karakter Marketing; Kepuasan Konsumen.

Full Text:

PDF PDF

References


Agustin, R. P., Suparwo, A., Yuliyana, W., & Sunarsi, D. (2021).

Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pelanggan serta dampaknya pada Word of Mouth Jasa Pengurusan Nenkin di CV Speed Nenkin. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 4(3), 186–190.

Al Qur’an. (1993). Al-qur’an dan Terjemahan. Menara Kudus.

Ananda, M. R. (2021). PEMANFAATAN MEDIA BARU UNTUK EFEKTIFITAS KOMUNIKASI PEMBELAJARAN DALAM MASA WABAH COVID 19. Jurnal Komunikasi Universitas Garut: Hasil Pemikiran Dan Penelitian, 7(1), 578–581.

Arif, M. N. R. Al. (2010). Dasar-dasar Pemasaran Bank Syari’ah. Alfabeta.

Aryani, D., & Rosinta, F. (2011). Pengaruh kualitas layanan terhadap kepuasan pelanggan dalam membentuk loyalitas pelanggan. BISNIS & BIROKRASI: Jurnal Ilmu Administrasi Dan Organisasi, 17(2).

Danang Suyono. (2015). Penelitian Sumber Daya Manusia. PT. Buku Seru.

Elqorni, A. (2012). Hakikat & sejarah.

Fahmi, A., Siswanto, A., & Farid, M. F. (2021). HRD Syariah: Teori dan Implementasi. Gramedia Pusataka Utama.

Ferdinand, A. (2002). Kualitas Strategi Pemasaran: Sebuahstudi Pendahuluan. Jurnal Sains Pemasaran Indonesia (Indonesian Journal of Marketing Science), 1(1), 107–119.

Gultom, D. K., Arif, M., & Fahmi, M. (2020). Determinasi Kepuasan Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan Melalui Kepercayaan. Maneggio: Jurnal Ilmiah Magister Manajemen, 3(2), 171–180.

Hasari, A. (2010). Marketing pegadaian Syariah. Chalia Indonesia.

IAIN Sunan Ampel. (2012). Ilmu Alamiah dasar Ilmu Sosial Dasar dan Ilmu Budaya Dasar. LKiS Yogyakarta.

Kotler, P. (1982). MARKETING 4. O. Auflage, Stuttgart.

Kristiana. (2016). Pengaruh Karakter Syariah Marketing Terhadap Kepuasan Konsumen. Institut Agama Islam Negeri Purwokerto.

Miftah, A. (2015). Mengenal Marketing dan Marketers Syariah. Islamiconomic: Jurnal Ekonomi Islam, 6(2).

Nashri. (2017). IMPLEMENTASI PEMASARAN BERDASARKAN KARAKTERISTIK DAN PRINSIP SYARIAH MARKETING (STUDI PADA WARUNG KULINER KHAS ACEH BUNGONG JEUMPA). Jurnal Skripsi.

Nurhisam, L. (2017). Etika Marketing Syariah. IQTISHADIA: Jurnal Ekonomi Dan Perbankan Syariah, 4(2), 171–193.

Prasetio, A. (2012). Pengaruh kualitas pelayanan dan harga terhadap kepuasan pelanggan. Management Analysis Journal, 1(1).

Sangkay, R. (2021). ANALISIS PENGARUH CITRA MEREK DAN HARGA TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN DALAM MENGGUNAKAN JASA TRANSPORTASI GRAB CAR (STUDI PADA PENGGUNA JASA GRAB-CAR DI KEC. WENANG MANADO). Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 9(3), 1375–1385.

Sula, H. K. M. S. (2006). Syariah Marketing (cetakan pe). PT. Mizan Pustaka.

Weenas, J. R. S. (2013). Kualitas produk, harga, promosi dan kualitas pelayanan pengaruhnya terhadap keputusan pembelian Spring Bed Comforta. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 1(4).

Wibowo, D. H., & Arifin, Z. (2015). Analisis strategi pemasaran untuk meningkatkan daya saing UMKM (Studi pada Batik Diajeng Solo). Jurnal Administrasi Bisnis, 29(1), 59–66.

Wibowo, R. A. (n.d.). Manajemen Pemasaran. Radna Andi Wibowo.

Widiyanto, P., Aranza, F., & Hernawan, M. A. (2021). KUALITAS PELAYANAN DAN HARGA TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN PERUSAHAAN JASA ANGKUTAN BARANG. Jurnal Transportasi, Logistik, Dan Aviasi, 1(1), 65–73.

Wulandari, N. M. A. A. W. (2021). PENERAPAN PRINSIP AKUNTABILITAS OLEH PERUSAHAAN DI BIDANG AIRLINES CATERING DALAM PENGENDALIAN KEAMANAN PRODUK MAKANAN BAGI KONSUMEN PENERBANGAN (Studi di PT. Aerofood Indonesia Unit Surabaya). Kumpulan Jurnal Mahasiswa Fakultas Hukum.

Yanuar, M. M., Qomariyah, N., & Santosa, B. (2017). Dampak kualitas produk, harga, promosi dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan Optik Marlin cabang Jember. Jurnal Manajemen Dan Bisnis Indonesia, 3(1).




DOI: 10.24235/inklusif.v6i2.8877

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF - 0 times PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


  

viev my staat