Minat Baca Siswa SMP: Faktor Latar Belakang Ekonomi dan Pendidikan Keluarga (Middle School Students Reading Interests: Factors of Economic Background and Family Education)

Nurhaliza Nurhaliza(1), Usman Usman(2), Sultan Sultan(3*),


(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author

Abstract


This study aims to analyze students' reading interests based on economic background and family education. The population of this study was 203 students of SMP Negeri 3 Tarowang, Jeneponto, South Sulawesi. Data were collected through questionnaires and documentation. Data were analyzed by descriptive and inferential statistics. The results showed that (1) students' reading interests based on family economic background and family educational background were in the moderate category, (2) there were significant differences in students' reading interests based on family economic background, and (3) there were significant differences in students' reading interest. based on family educational background. This finding indicates that economic factors and family background have a relationship with the level of students' reading interest.

Penelitian ini bertujuan unuk menganalisis minat baca siswa berdasarkan latar belakang ekonomi dan pendidikan keluarga. Populasi penelitian ini adalah 203 siswa SMP Negeri 3 Tarowang, Jeneponto, Sulawesi Selatan. Data dikumpulkan melalui kuesioner dan dokumentasi. Data dianalisis dengan statistik deskriptif dan inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa  (1) minat baca siswa berdasarkan latar belakang ekonomi keluarga dan latar belakang pendidikan keluarga berada pada kategori sedang, (2) terdapat perbedaan signifikan minat baca siswa berdasarkan latar belakang ekonomi keluarga, dan (3) terdapat perbedaan signifikan minat baca siswa berdasarkan latar belakang pendidikan keluarga.  Temuan ini mengindikasikan bahwa faktor ekonomi dan latar belakang keluarga memiliki hubungan dengan tingkat minat baca siswa.


Keywords


family economic background; family educational background; reading culture

Full Text:

PDF

References


Afriani, E. D., Masfuah, S., & Roysa, M. (2021). Analisis Minat Baca Siswa Kelas V Sekolah Dasar dalam Pembelajaran Daring. Jurnal Prasasti Ilmu, 1(3), 21–27. https://doi.org/10.24176/jpi.v1i3.6648

Afsari, A. S., Ayu, S., & Risma, R. (2017). Peningkatan Minat Baca Para Siswa SMPN 1 Banjaran, Kabupaten Majalengka, Melalui Penguatan Perpustakaan Sekolah. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 72–76.

Anjani, S., Dantes, N., & Artawan, G. (2019). Pengaruh Implementasi Gerakan Literasi Sekolah terhadap Minat Baca dan Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Kelas V SD Gugus II Kuta Utara. PENDASI: Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 3(2), 74–83. https://doi.org/10.23887/jpdi.v3i2.2869

Arumdini, S., Winoto, Y., & Anwar, R. K. (2016). Hubungan Antara Pola Asuh Orang Tua Dengan Minat Baca Anak. Jurnal Kajian Informasi & Perpustakaan, 4(2), 171-178. https://doi.org/10.24198/jkip.v4i2.8430

Aryandani, N. M. S., Mahadewi, L. P. P., & Wibawa, I. M. C. (2021). Minat Baca dan Peran Orang Tua di Masa Pandemi COVID-19 Terhadap Keterampilan Membaca Bahasa Indonesia. MIMBAR PGSD Undiksha, 9(3), 459–467. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v9i3.37086

Bramantha, H. & Yulianto, D. E. (2020). Pengaruh Kondisi Ekonomi Orang Tua Terhadap Motivasi Belajar Pada Siswa Sekolah Dasar. Al-Aulad: Journal of Islamic Primary Education, 3(1), 46–55. https://doi.org/10.15575/al-aulad.v3i1.5851

Desyantoro, I., Widyawati, S., & Winta, M. V. I. (2020). Hubungan Antara Dukungan Sosial Orang Tua dengan Kedisiplinan pada Peserta Didik SMP Hasanuddin 10 Kota Semarang. Philanthropy Journal of Psychology, 4(1), 34–44. http://dx.doi.org/10.26623/philanthropy.v4i1.1850

Elendiana, M. (2020). Upaya Meningkatkan Minat Baca Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 2(1), 54–60. https://doi.org/10.31004/jpdk.v1i2.572

Etnanta, Y. C., & Irhandayaningsih, A. (2017). Pengaruh Penggunaan Smartphone Terhadap Minat Baca Siswa SMA Negeri 1 Semarang. Jurnal Ilmu Perpustakaan, 6(1), 371–380.

Falah, S., & Suparmin. (2016). Hubungan Motivasi Belajar dan Perilaku Hidup Sehat dengan Prestasi Belajar Kejuruan Otomotif Kelas XI Program Keahlian Teknik Otomotif SMK Muhammadiyah Imogiri Bantul Tahun Ajaran 2014/2015. Jurnal Taman Vokasi, 4(2), 238–242. https://doi.org/10.30738/jtv.v4i2.508

Febriani, A. S., Mulyana, E. H., & Rahman, T. (2020). Pengembangan Educative Game Berbasis Aplikasi Android untuk Memfasilitasi Keterampilan Membaca Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Paud Agapedia, 2(2), 187–196. https://doi.org/10.17509/jpa.v2i2.24544

Hapsari, Y. I., Purnamasari, I., & Purnamasari, V. (2019). Minat Baca Siswa Kelas V Sd Negeri Harjowinangun 02 Tersono Batang. Indonesian Journal Of Educational Research and Review, 2(3), 371–378. https://doi.org/10.23887/ijerr.v2i3.22634

Irna, I. (2019). Menumbuhkan Minat Baca Anak Usia Dini Melalui Implementasi Literasi Keluarga. Jurnal Fascho: Kajian Pendidikan dan Sosial Kemasyarakatan, 9(1), 15–34.

Kaisiyun, S. (2015). Upaya Meningkatkan Minat Baca Sebagai Sarana untuk Mencerdaskan Bangsa. Jurnal Pena Indonesia (JPI): Jurnal Bahasa Indonesia, Sastra, dan Pengajarannya, 1(1), 79–95. https://doi.org/10.26740/jpi.v1n1.p79-95

Khasanah, A., & Isah, C. (2016). Peningkatan Kemampuan Membaca Pemahaman dengan Strategi Qustion Answer Relationships (QAR) pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Pedagogik Pendidikan Dasar, 4(2), 161–175. https://doi.org/10.17509/jppd.v1i2.6468

Maharani, O. D. (2017). Minat Baca Anak-Anak di Kampoeng Baca Kabupaten Jember. Jurnal Review Pendidikan Dasar: Jurnal Kajian Pendidikan dan Hasil Penelitian, 3(1), 320–328. https://doi.org/10.26740/jrpd.v3n1.p320-328

Mariska, A., Adiningsih, A., Anindyta, C., Ratri, P. D., Anggraini, Y. P., & Safitri, D. (2020). Peningkatan Minat Baca di Kalangan Anak Usia Dini di Sekolah Alternatif Anak Jalanan (Saaja). Jurnal Terapan Abdimas, 5(1), 106–113. http://doi.org/10.25273/jta.v5i1.5013

Maufur, S., & Puadah, A. (2015). Pengaruh Bimbingan Orang Tua Terhadap Kemampuan Membaca Siswa Kelas Rendah di SD Negeri Cimohong 02 Kecamatan Bulakamba Kabupaten Brebes. Al Ibtida: Jurnal Pendidikan Guru MI, 2(1), 1–19. http://dx.doi.org/10.24235/al.ibtida.snj.v2i1.178

Muhyidin, A. (2018). Reading Interest And Mastery of Foreign Absorbing Vocabulary (Minat Baca dan Penguasaan Kosakata Serapan Asing), 3(2), 143-156. http://dx.doi.org/10.24235/ileal.v3i2.1835

Mursalim, M., Solehun, S., & Pramudia, R. (2020). Pengaruh Motivasi Orang Tua terhadap Minat Baca Siswa Kelas III SD Inpres 26 Kabupaten Sorong Tahun Pelajaran 2016/2017. Jurnal Papeda: Jurnal Publikasi Pendidikan Dasar, 2(2), 103–112. https://doi.org/10.36232/jurnalpendidikandasar.v2i2.484

Nayren, J., & Hidayat, H. (2021). Pengaruh Nilai-Nilai Estetika Pada Penataan Pojok Baca Terhadap Minat Baca Anak Usia Dini. Al-Abyadh, 4(2), 81–88. https://doi.org/10.46781/al-abyadh.v4i2.321

OECD (2019), PISA 2018 Results (Volume I-III): Indonesia-Country Note, PISA, OECD Publishing, Paris.

Prasetyo, K. B., & Diana, R. (2016). Hubungan antara Dukungan Sosial Keluarga dengan Motivasi Belajar pada Siswa. Jurnal Penelitian Psikoligi, 7(1), 1–9.

Putri, E. D. P., & Ary, S. (2019). Upaya Peningkatan Minat Baca Anak Melalui Kegiatan "Seni Berbahasa" (Studi Kasus di Taman Baca Masyarakat Wadas Kelir Kec. Purwokerto Selatan, Kab. Banyumas). Jurnal Ilmu Perpustakaan, 5(4), 81–90.

Riyanda, A. R. (2020). Kreativitas Belajar, Tingkat Pendidikan Orang Tua, dan Pendapatan Orang Tua terhadap Motivasi Belajar Siswa SMK Al-Huda Jatimulyo Kabupaten Lampung Selatan. Jurnal Inovasi Pendidikan dan Teknologi Informasi (JIPTI), 1(2), 56–61. https://doi.org/10.52060/pti.v1i2.359

Rosidi, A. (2016). Pembinaan Minat Baca Bahasa dan Sastera. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Rusnaini. (2013). Pengaruh Kondisi Ekonomi Keluarga Terhadap Tingkat Keaktifan Anak Masuk Sekolah di SDN Pinggir I Kec. Kalianget. Jurnal Performance, 3(2), 83–100.

Safitri, T. M., Susiani, T. S., & Suhartono, S. (2021). Hubungan antara Minat Membaca dan Keterampilan Menulis Narasi Siswa di Sekolah Dasar. EDUKATIF: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(5), 2985–2992. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i5.1029

Santosa, A. (2019). Pengaruh Pola Asuh Orang Tua dan Sikap Bahasa terhadap Kemampuan Membaca Pemahaman. Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia, 6(2), 91–103. https://doi.org/10.17509/bs_jpbsp.v18i1.12147

Setiawan, D. (2016). Dukungan Sosial Orang Tua dalam Menumbuhkan Minat Baca pada Siswa Kelas VIII di SMP Negeri 3 Sewon Bantul. Jurnal Kebijakan Pendidikan, 5(4), 395–407.

Sukirman, S., Firman, F., Aswar, N., & Mirnawati, M. (2021). Pengaruh Beberapa Faktor Determinan terhadap Peningkatan Minat Baca Mahasiswa. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, dan Sastra, 7(1), 46–61. https://doi.org/10.30605/onoma.v7i1.462

Sulistyo, A. (2017). Evaluasi Program Budaya Membaca di Sekolah Dasar Negeri. Kelola: Jurnal Manajemen Pendidikan, 4(1), 48–58. https://doi.org/10.24246/j.jk.2017.v4.i1.p48-58

Sunain. (2017). Pengaruh Tingkat Pendidikan Orang Tua Terhadap Tingkat Kecerdasan dan Keaktifan Siswa dari Kelas Satu Sampai dengan Kelas Enam pada Semester I. Jurnal Pendidikan, 6(2), 160–176. https://doi.org/10.21070/pedagogia.v6i2.942

Swasono, M. A. H., Sa’diyah, A. I., Niafitri, R. E., & Hidayanti, R. (2020). Membangun Membangun Kebiasaan Membaca pada Anak di Masa Pandemi Covid-19 melalui Program Satu Jam Tanpa Gawai di Griya Baca Desa Karangrejo. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(2), 38–50. https://doi.org/10.32815/jpm.v1i2.236

Tanrere, S. B., Sastradiharja, E. J., & Mustaqim, A. (2019). Pengaruh Pemahaman Orang Tua tentang Pendidikan dan Profesionalisme Guru terhadap Minat Baca Al-Qur’an Siswa SMP Islam Al-Kautsar Pondok Cabe Ilir Tangerang Selatan. Alim J. Islam. Educ., 2(1), 151–160. https://doi.org/10.51275/alim.v2i1.175

Thohir, M., Yoyok, S., & Harti. (2016). Pengaruh Status Sosial Ekonomi Orang Tua, Literasi Ekonomi dan Percaya Diri terhadap Wirausaha Siswa SMP Negeri di Kecamatan Tenggilis Mejoyo Surabaya. Jurnal Ekonomi Pendidikan dan Kewirausahaan, 4(2), 149–163. https://doi.org/10.26740/jepk.v4n2.p149-163

Triatma, I. N. (2016). Minat Baca pada Siswa Kelas VI Sekolah Dasar Negeri Delegan 2 Prambanan Sleman Yogakarta. Jurnal Prodi Teknologi Pendidikan, 5(6), 166–178.

Utami, R. D., Wibowo, D. C., & Susanti, Y. (2018). Analisis Minat Membaca Siswa pada Kelas Tinggi di Sekolah Dasar Negeri 01 Belitang. Jurnal Pendidikan Dasar Perkhasa, 4(1), 179–188. https://doi.org/10.31932/jpdp.v4i1.22

Walimah, S. (2021). Pengaruh Komunikasi Guru Dan Orang Tua Terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(3), 1532–1538. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i3.966

Wittentirelli, W., Saputra, A. H., & Putra, A. E. (2019). Analisis Karakter Gemar Membaca Siswa SMP Negeri 30 Muaro Jambi. Briliant: Jurnal Riset dan Konseptual, 4(2), 182–188. http://dx.doi.org/10.28926/briliant.v4i2.305

Widodo, H. (2019). Cara Meningkatkan Minat Baca Siswa. Semarang: Mutiara Aksara.

Yani, S. & Irdamurni, I. (2019). Efektivitas Media Kartu Kata Bergambar untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Permulaan pada Anak Berkesulitan Membaca (Disleksia). JuPPEKhu: Jurnal Penelitian Pendidikan Kebutuhan Khusus, 7(2), 55-60.




DOI: 10.24235/ileal.v7i2.10208

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Indonesian Language Education and Literature

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

ILEaL Indexed by:

 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Lihat Statistik Jurnal

View MyStat

Gedung Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, Jurusan Tadris Bahasa Indonesia, IAIN Syekh Nurjati
Jalan Perjuangan By Pass Sunyaragi Cirebon 45132, Telp. 089667890219
Email: literatureindonesian@gmail.com