Pemerolehan Bahasa Pada Anak Berkebutuhan Khusus

Leni Rahmania(1*), Anggia Suci Pratiwi(2), Rahmat Permana(3),


(1) Universitas Muhammadiyah Tasikmalaya
(2) Universitas Muhammadiyah Tasikmalaya
(3) Universitas Muhammadiyah Tasikmalaya
(*) Corresponding Author

Abstract


Children's language acquisition is not only influenced by stimulation factors, but also by responding to a set of tools. This study aims to describe the language acquisition of children with special needs in SDIT Idrisiyyah Tamansari, Tasikmalaya City, West Java. Data were collected using observation, interviews, and documentation. The validity test was carried out by expert judgment and triangulation. The results showed that the acquisition of syntactic language through several components, namely: sentences, clauses, phrases, and words. The syntactic acquisition is in the form of being able to say, but there is still an incorrect pronunciation.

Pemerolehan bahasa anak bukan hanya dipengaruhi faktor rangsangan, tetapi juga dengan mengadakan respon pada seperangkat peralatan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pemerolehan bahasa anak berkebutuhan khusus di SDIT Idrisiyyah Tamansari, Kota Tasikmalaya Jawa Barat. Data dikumpulkan dengan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Uji validitas dilakukan dengan expert judgment dan triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemerolehan bahasa sintaksis melalui beberapa komponen, yaitu: kalimat, klausa, frasa, dan kata. Pemerolehan sintaksis berupa mampu mengatakan, tetapi masih ada pengucapan yang tidak tepat.


Keywords


child with special education need; language acquisition; SDIT Idrisiyyah

Full Text:

PDF

References


Anggraeni, L. A. V., Tirtayani, L. A., & Sujana, I. W. (2019). Pengaruh Stimulasi Wicara dalam Pembelajaran Terhadap Kemampuan Berbahasa Anak Tunarungu Usia Dinidi TK Tunarungu Sushrusa. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 7(2), 131–139.

Awalludin. (2017). Pengembangan Buku Teks Sintaksis Bahasa Indonesia (Penelitian dan Pengembangan terhadap Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Baturaja).

Chaer, A. (2009). Psikolinguistik Kajian Teoritik. Jakarta: Rineka Cipta.

Dardjowidjodjo, S. (2012). Psikolinguistik Pengantar Pemahaman Bahasa Manusia. Jakarta: Obor Indonesia.

Dardjowidjodjo, S. (2018). Echa Kisah Pemerolehan Bahasa Anak Indonesia. Jakarta: Grasindo.

Daroni, G. A. (2018). Pembelajaran Bahasa Indonesia untuk Anak Autis. INKLUSI: Journal of Disability Studies, V(2), 271–290.

Haliza, N., Kuntarto, E., & Kusmana, A. (2020). Pemerolehan Bahasa Anak Berkebutuhan Khusus (Tunarungu) dalam Memahami Bahasa. Jurnal Genre (Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya), 2(1), 5–11.

Martina. (2014). Hambatan Berbahasa Anak Berkebutuhan Khusus di Bina Anak Bangsa Pontianak. Kandai, 10(1), 28–40.

Martina, Syam, C., & Saman, S. (2014). Aktivitas Berbahasa Anak Berkebutuhan Khusus Pada Lembaga Pendidikan dan Pelatihan Bina Anak Bangsa Kota Pontianak. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 3(10), 1–14.

Mulyaningsih, I. (2015). Pemerolehan Bahasa Anak Pada Usia 4 Tahun dengan Whole Language. AWLADY: Jurnal Pendidikan Anak, 1(2), 1–13.

Moleong, L. J. (2007). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Nurgiyantoro, B. (2005). Tahapan Perkembangan Anak dan Pemilihan Bacaan Sastra Anak. 2, 197–216.

Pandudinata, R., Sumarlam, S., & Saddhono, K. (2018). Language Acquisition of Children with Mental Disabilities In Pacitan. Humanus: Jurnal Ilmu-Ilmu Humaniora, 17(1), 26–36.

Pujaningsih. (2010). Perkembangan Bahasa dan Gangguan Bahasa Pada Anak Berkebutuhan Khusus. JPK: Jurnal Pendidikan Khusus, 6(2), 42–53.

Ramlan, M. (2005). Ilmu Bahasa Indonesia: Sintaksis. Yogyakarta: C.V Karyono.

Ratri, D. (2016). Psikologi Anak Berkebutuhan Khusus. Yogyakarta: Psikosain.

Sastra, G. (2011). Neurolinguistik: Suatu Pengantar. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suhardi. (2013). Pengantar Linguistik Umum. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Zahrina, L. N. (2016). Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 6(2), 44–59. https://doi.org/10.1007/s11010-011-1216-4.




DOI: 10.24235/ileal.v6i1.6689

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF - 0 times

Refbacks



Copyright (c) 2022 Indonesian Language Education and Literature

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

ILEaL Indexed by:

 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Lihat Statistik Jurnal

View MyStat

Gedung Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, Jurusan Tadris Bahasa Indonesia, IAIN Syekh Nurjati
Jalan Perjuangan By Pass Sunyaragi Cirebon 45132, Telp. 089667890219
Email: literatureindonesian@gmail.com