Analisis Kontrastif Kelas Kata Bahasa Arab dan Bahasa Indonesia (The Contrastive Analysis of Arabic Word Classes and Indonesian)

M. Wildan(1*), Tri Pujiati(2), Zamzam Nurhuda(3),


(1) Universitas Pamulang, Tangerang Selatan
(2) Universitas Pamulang, Tangerang Selatan
(3) Universitas Pamulang, Tangerang Selatan
(*) Corresponding Author

Abstract


This study aims to describe the word class in Arabic and Indonesian. This study uses contrastive analysis to describe the similarities and differences in word classes between the two languages from March - July 2020. The data collection technique used documentation techniques in Arabic and Indonesian texts. Sources of data come from books and magazines in Arabic and Indonesian. The results showed the use of ism al-Jins, ism al-s`awt and fi'l al-Madah. This finding is expected to be a morning solution for Arabic learners when learning Arabic.

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kelas kata dalam bahasa Arab dan bahasa Indonesia. Penelitian ini menggunakan analisis kontrastif sebagai upaya untuk mendeskripsikan persamaan dan perbedaan kelas kata di antara kedua bahasa. Waktu penelitian dilakukan pada bulan Maret - Juli 2020. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik dokumentasi pada teks bahasa Arab dan bahasa Indonesia. Sumber data berasal dari buku dan majalah berbahasa Arab dan bahasa Indonesia. Hasil penelitian menunjukkan adanya penggunaan ism al-Jins, ism al-s`awt dan fi‘l al-Madah. Temuan ini diharapkan mampu menjadi solusi pagi pemelajar bahasa Arab.


Keywords


Arabic and Indonesian texts; contrastive analysis; fi'l al-Madah; ism al-Jins ism al-s`awt

Full Text:

PDF

References


Abdurahman, M. (2007). Studi Kontrastif Kalimat Verbal Bahas Arab-Bahasa Indonesia dan Implikasinya dalam Pengajaran Nahwu. Buletin Al-Turas, 13(2), 137–147.

Al Ghulayani, S. al M. (2005). Jami’al-Durus al-‘Arobiyyah. Beirut: Darul, Kitab Al Ilmiyah.

Alwi, H., Dardjowidjojo, S., Lapoliwa, H., & Moeliono, A. (2003). Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Arsyad, B. (2020). Makna Gramatikal Huruf Mâ dalam Surah Al-Baqarah. Prosiding Konferensi Nasional Bahasa Arab, 6, 724−739.

Asmuki, A., & Muhammadiyah, A. (2020). Pembelajaran Bahasa Arab sebagai Dasar Pengembangan Keterampilan Membaca Kitab Lahjah Arabiyah. Jurnal Bahasa Arab dan Pendidikan Bahasa Arab, 1(1), 49–64.

Azzuhri, M. (2012). Perubahan Makna Nomina Bahasa Arab dalam Al-Qur’an: Analisis Sosiosemantik. Jurnal Penelitian, 9(1), 129–143.

Basit, A., Irawati, R. P., & Rahmawati, N. (2019). Ism Al-Jam’i dan Ism Al-Jinsi Al-Jam’i dalam Al-Qur’an (Analisis Sintaksis). Journal of Arabic Learning and Teaching, 8(2), 100–105.

Bloomfield, L. (1995). Language. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Fadilah, A. N., Busri, H., & Zukhaira, Z. (2019). Mubtada (Topic) Isim Nakirah (Nomina Indenfinit) dalam Fath Al-Qarib Al-Mujib (Analisis Sintaksis). Journal of Arabic Learning and Teaching, 8(2), 111–115.

Fathoni, H. (2013). Pembentukan Kata Dalam Bahasa Arab (Sebuah Analisis Morfologis “K-T-B”). Jurnal At-Ta’dib, 8(1), 45–58.

Hadi, S. (2014). Kata-Kata Arab dalam Bahasa Indonesia. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Hasan, R. (2018). Implikasi Analisis Kontrastif Kalimat Bahasa Arab dan Bahasa Indonesia dalam Meningkatkan Pemahaman Siswa. Jurnal Shaut Al-’Arabiyah, 6(1), 105–113.

Hidayah, B. (2013). Afiksasi Kata Kerja Masa Lampau dalam Bahasa Arab dan Bahasa Indonesia: Analisis Kontrastif. Tafáqquh: Jurnal Penelitian dan Kajian Keislaman, 1(2), 114–129.

Hidayataullah, M. S. (2017). Cakrawala Linguistik Arab. Jakarta: PT Grasindo.

Humaini, A. (2017). Penanda Jamak (Perbandingan Antara Bahasa Arab dan Bahasa Indonesia). Jurnal al Mahāra, 3(2), 255–267.

Ilyas, H. (2015). Al-Nakirah wa al-Ma’rifah. Jurnal Shaut Al-’Arabiyah, 3(2), 7–15.

Iskak, A., & Yustinah. (2008). Bahasa Indonesia Tataran Semenjana untuk SMK dan MAK Kelas X. Jakarta: Erlangga.

Kamal, M. S. (2018). Perbandingan Struktur Kata Sifat dalam Bahasa Arab dengan Bahasa Indonesia. (LISANUNA): Jurnal Ilmu Bahasa Arab dan Pembelajarannya, 8(2), 184–193.

Kamalia, K. (2019). Pronomina (Isim Dhamir) atau Kata Ganti dalam Bahasa Arab (Tinjauan Gender). Al-Idarah : Jurnal Pengkajian Dakwah dan Manajemen, 7(2), 62–78.

Kridalaksana, H. (2005). Kelas Kata dalam Bahasa Indonesia. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Kridalaksana, H. (2008). Kamus Linguistik edisi keempat. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Marlina, L. (2019). Analisis Kontrastif Fonologi Bahasa Arab dan Bahasa Indonesia dalam Pembelajaran Pidato Bahasa Arab pada Program Studi Pendidikan Bahasa Arab UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Metalingua, 18(2), 125–134.

Mijianti, Y., & Afrizal, M. (2015). Kontrastif Indonesia-Arab: Pengungkapan Makna Konjungsi Verba Bahasa Arab dalam Bahasa Indonesia. Jurnal CMES, 8(1), 70–80.

Mirdayanti, I., Safa, N. A., & Kaharuddin, K. (2018). Analisis Kontrastif Pembentukan Verba Bahasa Arab dan Bahasa Indonesia serta Implikasinya dalam Pembelajaran Bahasa Arab. Jurnal Ilmu Budaya, 6(2), 258–267.

Misdawati, M. (2019). Analisis Kontrastif dalam Pembelajaran Bahasa. A Jamiy: Jurnal Bahasa dan Sastra Arab, 8(1), 53–66.

Muflihah, M. (2013). Komparasi Subjek Kalimat Verbal Aktif dan Pasif dalam Bahasa Arab, Inggris, Indonesia dan Bahasa Jawa (Studi Analisis Linguistik). Arabia, 5(2), 225–238.

Nadroh, I., Hasyim, M. Y. A., & Elmubarok, Z. (2019). Partikel Non-direktif pada Kategori Verba Arab dalam Al-Qur’an Juz 1-10 (Analisis Sintaksis). Journal of Arabic Learning and Teaching, 8(2), 124–134.

Ni‘mah, F. (1988). Mulakh-khas Qawa>‘idul-Lugah Al-‘Arabiyyah At-Tab‘ah At-Ta> si ‘ah. Damaskus: Darul-Hikmah.

Nur, T. (2016). Analisis Kontrastif dalam Studi Bahasa. Arabi: Journal of Arabic Studies, 1(2), 65–74.

Nurhuda, Z. (2019). Sintaksis Bahasa Arab. Tangerang: Unpam Press.

Oktavianti, I. N., Chaerani, N., & Prayogi, I. (2019). Analisis Kontrastif Nominalisasi dalam Bahasa Inggris, Bahasa Indonesia, dan Bahasa Jawa. Sasdaya: Gadjah Mada Journal of Humanities, 3(2), 103–119.

Pribadi, M. (2013). Kasus Analisis Kontrastif Bahasa Indonesia dan Bahasa Arab serta Implikasinya dalam pengajaran Bahasa (Analisis Deskriptif Metodologis). Adabiyyāt: Jurnal Bahasa dan Sastra, 12(1), 157–189.

Ramadhani, S. (2018). Interjeksi dalam Bahasa Arab. Lisania: Journal of Arabic Education and Literature, 2(1), 1–12.

Rappe, R. (2017). Kaidah Perubahan Bentuk Isim Mufrad Menjadi Bentuk Mutsana’ dan Bentuk Jama’. Jurnal Shaut Al-’Arabiyah, 5(1), 91–1007.

Rohayati, E. (2018). Analisis Kontrastif dalam Pembelajaran Bahasa Arab. Taqdir, 4(2), 105–117.

Rohim, M. (2013). Analisis Kontrastif Bahasa Indonesia dan Bahasa Arab Berdasarkan Kala, Jumlah, dan Persona. Jurnal Sastra Indonesia, 2(1), 1–7.

Rusdianto, R. (2015). Bahasa Arab Secepat Kilat. Yogyakarta: Diva Press.

Ruskhan, A. G. (2007). Bahasa Arab dalam bahasa Indonesia: Kajian tentang pemungutan bahasa. Jakarta: Grasindo.

Sadiyah, Z. (2017). Analisis Kontrastif: Sebuah Metode Pengajaran al-Lughah al-Ammiyyah pada Mahasiswa PBA STAIN Kudus. Arabia, 8(2), 287−305.

Samsuri, S. (1985). Tata kalimat Bahasa Indonesia. Jakarta: Sastra Hudaya.

Senen, M. D. (2018). Kontribusi Ilmu Fonetik Dalam Studi Bahasa Arab. Amaddun: Jurnal Kebudayaan dan Sastra Islam, 17(1), 37–58.

Setiyawan, A. (2014). Mudzakkar dan Muannats: Sumber Pendidikan Islam Bias Gender. Jurnal Pendidikan Islam, 3(2), 245–266.

Sitorus, J. P. (2019). Mengenal Tata Bahasa Indonesia. Malang: Evernity Fisher Media.

Subroto, E. (2007). Pengantar Metode Penelitian Linguistik Struktural. Surakarta: UNS Press.

Sudaryanto, S. (2015). Metode dan Aneka Teknik Analisis Bahasa Pengantar Penelitian Wahana Kebudayaan Secara Linguistis. Yogyakarta: USD Press.

Supardi, S., Hadi, S., Poedjosoedarmo, S., & Suhandono. (2017). Tipe-Tipe Kesalahan Konkordansi Gramatikal Sintaksis Pada Frasa Bahasa Arab. Bahasa Dan Seni, 45(1), 1–12.

Tarigan, H. (1989). Pengajaran Analisis Kontrastif Bahasa. Proyek Pengembangan Lembaga Pendidikan Tenaga Pendidikan, Direktorat Pendidikan Tinggi.

Ummi, H. U. & Mulyaningsih, I. (2016). Penerapan Teori Konstruktivistik Pada Pembelajaran Bahasa Arab di Kelompok 28 Program Intensifikasi Bahasa Arab IAIN Syekh Nurjati Cirebon. Indonesian Language Education and Literature, 1(2), 162−172.

Zuhriyah, L., Sholihuddin, A., & Thohir, M. (2018). Proses Afiksasi Morfologi Ism (Nomina) dalam Bahasa Arab. Arabiyat: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab dan Kebahasaaraban, 5(2), 292–313.




DOI: 10.24235/ileal.v6i2.8116

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Indonesian Language Education and Literature

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

ILEaL Indexed by:

 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Lihat Statistik Jurnal

View MyStat

Gedung Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, Jurusan Tadris Bahasa Indonesia, IAIN Syekh Nurjati
Jalan Perjuangan By Pass Sunyaragi Cirebon 45132, Telp. 089667890219
Email: literatureindonesian@gmail.com