PENERAPAN ATRIBUT ASESMEN FORMATIF FEEDBACK PADA KONSEP SISTEM REPRODUKSI UNTUK MEMBENTUK HABITS OF MIND SISWA KELAS XI MAN 2 KOTA CIREBON

Imanah Imanah(1*), Kartimi Kartimi(2), Ria Yulia Gloria(3),


(1) IAIN Syekh Nurjati Cirebon
(2) IAIN Syekh Nurjati Cirebon
(3) IAIN Syekh Nurjati Cirebon
(*) Corresponding Author

Abstract


Tujuan dalam penelitian ini untuk mengkaji 1) aktivitas siswa; 2) perbedaan rata-rata data habits of mind siswa antara kelompok atas, tengah dan bawah; 3) perbedaan rata-rata data hasil belajar siswa antara kelompok atas, tengah dan bawah; 4) respon siswa terhadap penerapan atribut asesmen formatif feedback di MAN 2 Kota Cirebon. Habits of Mind yang dijadikan acuan terdapat 16 indikator menurut Costa & Kallick yang dikumpulkan menjadi empat komponen HoM. Metode dalam penelitian ini adalah desain quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas XI MAN 2 Kota Cirebon, sedangkan pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive random sampling, yakni kelas XI MIA 2 sebagai kelas eksperimen. Teknik pengumpulan data berupa tes, observasi dan angket. Data dianalisis dengan uji One way annova dan uji lanjut berupa uji Tukey (uji beda). Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) terdapat peningkatan aktivitas siswa, 2) tidak terdapat perbedaan rata-rata data habits of mind siswa antara kelompok atas, tengah dan bawah dengan rata-rata N-Gain 0,242, 3) tidak terdapat perbedaan rata-rata data hasil belajar siswa antara kelompok atas, tengah dan bawah dengan rata-rata N-Gain 0,069, 4) siswa merespon baik terhadap penerapan pembelajaran atribut asesmen formatif feedback (60%) termasuk dalam kategori kuat.

Keywords


Asesmen Formatif, Habits of Mind, Hasil Belajar, Sistem Reproduksi.

Full Text:

PDF

References


Arifin, Z. (2012). Evaluasi Pembelajaran. Jakarta: Dirjen Pendidikan.

Aydeniz, M., & Pabuccu, A. (2011). Understanding the Impact of Formatif Assessment Strategies on First Year University Students’ Conceptual Un¬derstanding of Chemical Concepts.Necatibey Faculty of Education Electronic Journal of Science and Mathematics Education. 5(2): 18-41. https://www.researchgate.net/publication/259850172.

Basuki, I & Hariyanto. (2014). Asesmen Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Costa, A. L & B. Kallick. (2008). Learning and Leading with Habits of Mind 16 Essential Characteristic for Success. Jakarta: Indeks.

Doan, L. (2013). Is feedback a waste of time? The stu¬dents’ perspective.Journal of Perspectives in Ap¬plied Academic Practice. 1(2): 3-10. DOI: 10.14297/jpaap.v1i2.69.

Gloria, R.Y. (2017). Efektivitas Pembelajaran Kapita Selekta Biologi Berbasis Masalah untuk Membentuk Habits of Mind Mahasiswa Calon Guru.Scientiae Educatia: Jurnal Pendidikan Sains. 6(1): 8-14. DOI: 10.24235/sc.educatia.v6i1.1372.

Ismail. (2012). Strategi Pembelajaran Agama Islam Berbasis PAKEM. Semarang: Rasail Media Group.

Juleha, S., Khuzaemah, E., & Cahyani, D. (2014). Penerapan Strategi Belajar Murder Untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Siswa pada Pembelajaran Biologi Kelas VIII MTs Al-Ikhlas Setupatok Cirebon.Scientiae Educatia: Jurnal Pendidikan Sains. 3(2): 95-109. http://www.syekhnurjati.ac.id/jurnal/index.php/sceducatia/article/view/543/478.

Kartikawati, E. (2013). Penerapan Asesmen Formatif untuk meningkatkan Habits of Mind dan Penguasaan Konsep Mahasiswa Pendidikan Biologi. repositoryupi.edu: 1-45.

Kartimi, Gloria, R.Y., Ayani, A. (2013). Penerapan Pendekatan Keterampilan Proses Dalam Pengajaran Biologi Untuk Mengetahui Hasil Belajar Siswa pada Pokok Bahasan Ekosistem Kelas VII Di SMPN 1 Talun. Scientiae Educatia: Jurnal Pendidikan Sains. 2(1): 73-85. http://www.syekhnurjati.ac.id/jurnal/index.php/sceducatia/article/view/524/464.

Mulyani, A. (2013). Penerapan Multimedia-tutorial dalam Pembelajaran Sistem Saraf untuk meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis. Scientiae Educatia: Jurnal Pendidikan Sains. 2(1): 1-17. http://www.syekhnurjati.ac.id/jurnal/index.php/sceducatia/article/view/529/469.

Nahadi, Firman H, & Farina, J. (2015).Effect Of Feedback In Formative Assessment In The Student Learning Activities On Chemical Course To The Formation Of Habits Of Mind. Indonesian Journal of Science Education. 4(1): 36-42.

Nurhasanah, S & Sobandi, A. (2016). Minat Belajar Sebagai Determinan Hasil Belajar Siswa. Jurnal pendidikan manajemen perkantoran. 1(1): 135-142. http://ejournal.upi.edu/index.php/ jpmanper/article/view/3264/2338.

Purnomo, Y. W. (2013). Keefektifan Penilaian Formatif terhadap Hasil Belajar Matematika Mahasiswa ditinjau dari Motivasi Belajar.Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika FMIPA UNY: 649-656.

Ryan, C. S., & Hemmes, N. S. (2005). Effects of The Contingency for Homework Submission on Homework Submission and Quiz Performance in a College Course.Journal of Applied Behavior Analysis. 1 (38): 79-88. DOI: 10.1901/jaba.2005.123-03.

Saptono, S., Rustaman, N.Y., Saefudin, Widodo, A. (2016). Memfasilitasi Higher Order Thinking Skillsdalam Perkuliahan Biologi Sel Melalui Model Integrasi Atribut Asesmen Formatif.Unnes Science Education Journal. 5(3): 1403-1412. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/usej/ article/view/13172.

Sriyati, S., Rustaman, N., dan Zainul Asmawi. (2010). Penerapan Asesmen Formatif Untuk MembentukHabits Of MindMahasiswa Biologi. Prosiding seminar nasional Biologi FPMIPA Universitas Negeri Semarang (UNNES): 1-14. http://file.upi.edu/Direktori/FPMIPA/ JUR._PEND._BIOLOGI/196409281989012-SITI_SRIYATI/Kumpulan_makalah_yang_sdh_ diseminarkan_12_artikel/Mklh_Unnes_2010.pdf.

Sudjana, N. (2012). Penilaian Hasil Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sunandar. (2008). Peningkatan Hasil Belajar Kalkulus 1 Melalui Umpan Balik Tes Formatif dengan Pembelajaran Remedial. Jurnal Media Peneli¬tian Pendidikan. 2(2): 188-200. DOI: 10.26877/mpp.v2i2.282.

Zein, A. (2015). Penggunaan Mind Map dalam Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Mahasiswa pada Mata Kuliah Biologi Umum.Prosiding Semirata Bidang MIPA BKS-PTN Barat: Universitas Tanjungpura Pontianak: 482-491. http://jurnal.untan.ac.id/index.php/ semirata2015/article/download/13777/12352.


Article Metrics

Abstract view : 50 times
PDF - 36 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.