ANALISIS KUALITAS ISI BUKU TEKS IPA TINGKAT SMP KELAS VII SEMESTER II BERDASARKAN PROSES SAINS PADA KONSEP KEANEKARAGAMAN MAKHLUK HIDUP

Nurenih Nurenih(1*), Edy Chandra(2), Ria Yulia Gloria(3),


(1) IAIN Syekh Nurjati Cirebon
(2) IAIN Syekh Nurjati Cirebon
(3) IAIN Syekh Nurjati Cirebon
(*) Corresponding Author

Abstract


Buku teks memiliki peranan yang sangat penting dalam proses pembelajaran terutama sains. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan kualitas buku teks dengan mengambil 3 sampel buku IPA kelas VII pada konsep Keanekaragaman Makhluk Hidup. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dengan teknik analisis deskriptif dan pengamatan. Analisis ketepatan konsep memadai untuk buku teks Kurikulum 2013 kualitasnya lebih baik dengan prosentase sebesar 92%, konsep kurang memadai yang paling besar prosentasenya adalah pada buku teks BSE dengan prosentase sebesar 10%, begitu juga  konsep yang tidak memadai buku teks BSE memiliki prosentase yang paling banyak dibandingkan dengan buku teks yang lainnya dengan prosentase sebesar 12%. Analisis relevansi materi pada buku Kurikulum 2013 memiliki prosentasi yang paling besar yaitu 100% untuk konsep terelevansi. Sementara buku  KTSP dan BSE sebesar 91% dan 57%. Adapun relevansi tugas buku teks BSE berada pada tingkatan pertama dengan prosentase sebesar 71,4%, dengan analisis jenjang soal C1 yang paling banyak adalah pada buku teks BSE, jenjang C2 pada buku teks KTSP dan jenjang C3 pada buku kurikulum 2013. Sementara hasil relevansi buku teks dengan indikator proses sains buku teks kurikulum 2013 memiliki prosentase yang paling banyak dengan prosentase sebesar 92%. Berdasarkan hasil pembahasan tersebut dapat diketahui bahwa kualitas isi buku teks pada buku kurikulum 2013 menempati urutan yang pertama, sementara KTSP dan BSE menempati prosentase yang ke 2 dan ke 3.

Keywords


Buku Teks, Analisis Konsep, Relevansi Materi, Proses Sains.

Full Text:

PDF

References


Adisendjaya, Y. H. 2007. Analisis Buku Ajar Sains Bersadarkan Literasi Ilmiah Sebagai Dasar untuk Memilih Buku Ajar Sains (Biologi). Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.

American Association for the Advancement of Science (AAAS). 2005. High School Biology Textbooks: A Benchmarks-Based Evaluation project 2061. Analysis Procedure Author: Washington DC.

Devetak&Vogrinc. 2009. The Role of Qualitative Research in Science Education. Ljubljana : University of Ljubljana.

Fathoni, Abdurrahman. 2005. Metode Penelitian dan Teknik Penyusunan Skripsi. Jakarta: Rineka Cipta.

Prastowo, Andi. 2012. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar. Yogyakatra: Penerbit Diva Press.

Puji, Dwi LA. 2011. Analisis Buku Biologi SMP Kelas VII Semester I dan II Berdasarkan Kurikulum KTSP Yang Digunakan Di Kabupaten Blora. Under Graduates thesis. Semarang: Universitas Negeri Semarang.

Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Toharudin, Uus dkk. 2011. Membangun Literasi Sains Peserta Didik. Bandung: Humaniora.


Article Metrics

Abstract view : 8 times
PDF - 5 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.