PENINGKATAN LITERASI BIOLOGI DALAM PENGGUNAAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) BERBASIS INQUIRY TERBIMBING PADA KONSEP EKOSISTEM

Ahyadi Ahyadi(1*), Dewi Cahyani(2), Mujib Ubaidillah(3),


(1) IAIN Syekh Nurjati Cirebon
(2) IAIN Syekh Nurjati Cirebon
(3) IAIN Syekh Nurjati Cirebon
(*) Corresponding Author

Abstract


Literasi biologi penting dimiliki siswa untuk mengetahui dan memahami karakteristik pengetahuan ilmiah, nilai-nilai ilmu pengetahuan, dan proses penyelidikan ilmiah. Tujuan penelitian ini untuk mengkaji; 1) aktivitas belajar siswa, 2) perbedaan peningkatan literasi biologi siswa antara yang menggunakan LKS berbasis inquiry terbimbing dengan yang menggunakan LKS non inquiry terbimbing, dan 3) respon siswa terhadap penerapan pembelajaran biologi menggunakan LKS berbasis inquiry terbimbing. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang dilakukan di MAN 3 Cirebon, dengan populasi 172 siswa kelas X IPA dan sampel sebanyak 46 siswa kelas X IPA 3 dan 46 siswa kelas X IPA 4. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi dan angket. Hasil penelitian menunjukkan 1) terdapat peningkatan aktivitas belajar siswa pada setiap pertemuannya, 2) terdapat perbedaan peningkatan literasi biologi siswa dengan nilai signifikansi <0,05 setiap dimensi literasi biologi antara siswa yang diterapkan pembelajaran menggunakan LKS berbasis inquiry terbimbing dengan yang menggunakan LKS non inquiry terbimbing, 3) siswa memberikan respon positif terhadap pembelajaran menggunakan LKS berbasis inquiry terbimbing sebesar 78% dengan kriteria kuat. Beradasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran menggunakan LKS berbasis inquiry terbimbing dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa dan kemampuan literasi biologi siswa serta memberikan respon positif terhadap pembelajaran biologi menggunakan LKS berbasis inquiry terbimbing.

Keywords


Literasi Biologi, Lembar Kerja Siswa, Inquiry Terbimbing, Ekosistem.

Full Text:

PDF

References


Abdurrohim. Feronika, T. & Bahriah, E. S. 2016. Pengembangan Lembar Kegiatan Siswa (LKS) Berbasis Inkuiri Terbimbing pada Materi Hidrolisis Garam. Jurnal Penelitian dan Pembelajaran IPA, 2(2): 197-212.

Arafah, S. F., B. Priyono, & S. Ridlo. 2012. Pengembangan LKS Berbasis Berpikir Kritis pada Materi Animalia. Unnes Journal of Biology Education, 1(1): 75-81.

Ardian, A. & Gita, P.C. 2017. Pengaruh Pembelajaran Levels of Inquiry Terhadap Kemampuan Literasi Sains Siswa. Scientiae Educatia: Jurnal Pendidikan Sains, 6(2): 87-101. DOI: http://dx.doi.org/10.24235/sc.educatia.v6i2.2000.

Brewer, C. A & Diane, S. 2009. Vision and Change In Undergraduate Biology Education A Call To Action. Washington: American Association For The Advancement Of Science.

Dewi, N. L. Dantes, N. & Sadia, I. W. 2013. Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Sikap Ilmiah dan Hasil Belajar IPA. Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan Pendidikan Dasar.

Nurhidayati, S. Zubaidah, S. & Indriwati, S. E. 2015. Pengaruh Metode Inkuiri Terbimbing Terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar Biologi Siswa. Jurnal Kependidikan, 14(3): 285-294.

Purwanto, A. & Lubis, I. S. 2012. Pengaruh Metode Inkuiri Terbimbing Berbasis Laboratorium IPA terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa SMAN 5 Kota Bengkulu. Prosiding Seminar Nasional Fisika 2012, Palembang.

Rahmah, A., Lesmanawati, I. R. & Wahidin. 2015. Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa pada Pokok Bahasan Ekosistem Kelas X di SMA Negeri 1 Krangkeng. Scientiae Educatiae: Jurnal Pendidikan Sains, 4 (1).

Rahmi, R. Hartini, S. & Mystika, M. 2104. Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Inkuiri Terbimbing Dan Multimedia Pembelajaran IPA SMP. Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika, 2(2): 240-256.

Rahmi. 2017. Analisis Keterampilan Psikomotorik Untuk Membangun Literasi Biologi Siswa Melalui Kegiatan Laboratorium. JESBIO, 6(1): 6-8.

Ratnasari. Endang, A. R. & Maknun, J. 2015. Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing (Guided Inquiry) Untuk Meningkatkan Sikap Peduli Terhadap Lingkungan Pada Konsep Pencemaran Lingkungan di Kelas VII SMP Negeri 3 Sumber. Scientiae Educatia: Jurnal Pendidikan Sains, 5(2).

Rika, I.A., Wahidin. & Roviati, E. 2016. Penggunaan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Keterampilan Proses Sains (KPS) Untuk Meningkatkan Literasi Sains Siswa Pada Konsep KingdomPlantae kelas X di SMAN 3 Kuningan. Scientiae Educatia: Jurnal Pendidikan Sains, 5(2): 144-155.

Rustaman, A. 2011. Membangun Literasi Sains Peserta Didik. Bandung: Humaniora.

Sagala, S. 2009. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Trianto. 2007. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kencana Prenada Media.

Trianto. 2009. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Prenada Media.

Trianto. 2010. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif: Konsep, Landasan dan Implementasinya pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Kencana Prenada Media.

Uno, Gordon E. & Rodger W. Bybee. 1994. Understanding the Dimensions of Biological Literacy. Oxford University Press on behalf of the American Institute of Biological Sciences. 44(8): 553-557.

Wahyuningsih, F. Saputro, S. & Mulyani, S. 2014. Pengembangan LKS Berbasis Inkuiri Terbimbing Pada Materi Pokok Hidrolis Garam Untuk SMA/MA. Jurnal Pedagogia, 17(1): 33-43.

Witanecahya, S. Z. & Jatmiko, B. 2014. Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing (Guided Inquiry) untuk Mengurangi Miskonsepsi Siswa Kelas X SMAN 2 Ponorogo pada Pokok Bahasan Perpindahan Panas. Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika (JIPF), 3(3): 6-10.


Article Metrics

Abstract view : 5 times
PDF - 3 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.