ANALISIS PEMBELAJARAN BIOLOGI BERBASIS IMTAQ DALAM MELATIH SIKAP PEDULI LINGKUNGAN SISWA DALAM MATERI PERUBAHAN LINGKUNGAN

Henny Andini(1*), Dewi Cahyani(2), Djohar Maknun(3),


(1) IAIN Syekh Nurjati Cirebon
(2) IAIN Syekh Nutjati Cirebon
(3) IAIN Syekh Nurjati Cirebon
(*) Corresponding Author

Abstract


Pembelajaran sains berbasis IMTAQ ditujukan kepada konsep Pendidikan Nilai dan berdampak kepada pencarian kebenaran yang menghilangkan perbedaan antara kebenaran agama dengan kebenaran sains. Tidak sedikit dari siswa MA Al-Ishlah Bobos yang terjadi sekarang yang minim rasa peduli lingkungan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengkaji pembelajaran Biologi berbasis IMTAQ pada materi pencemaran lingkungan, mendeskripsikan penerapan nilai IMTAQ pada kepedulian siswa mengenai lingkungan sekitar sekolah dan mengkaji faktor yang mempengaruhi penerapan nilai IMTAQ pada kepedulian siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data adalah wawancara dan juga observasi serta angket dan dokumentasi. Populasi dalam peneltian ini adalah seluruh siswa MA Al-Ishlah Bobos, mulai dari kelas X hingga dengan kelas XII, guru dan staf sekolah serta orang tua siswa. Teknik analisis data merujuk pada data reduksi, display, dan diverifikasi. Hasil penelitian ini adalah proses pembelajaran Biologi pada materi Perubahan Lingkungan dengan menerapkan konsep IMTAQ pada proses pembelajarannya sudah sangat baik dilakukan oleh guru mata pelajaran. Kemudian penerapan nilai IMTAQ pada kepedulian lingkungan siswa MA Al-Ishlah Bobos sudah baik dalam aplikasinya. Kemudian penerapan nilai IMTAQ pada kepedulian siswa MA Al-Ishlah Bobos bisa diterapkan apabila terjadi hubungan kerjasama yang baik antara peserta didik, pihak guru dan lingkungan sekolah, serta peran orang tua di rumah.

Keywords


IMTAQ; Peduli Lingkungan; Proses Pembelajaran; Penerapan; Siswa

Full Text:

PDF

References


Dewi, Fatikah Rahma, dkk. 2015. Penerapan Pembelajaran Biologi Berbasis IMTAQ pada Konsep

Ekosistem untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa di Kelas X SMA Negeri 1 Jamblang. Scientiae Educatia: Vol 4 (2).

Komariah, Siti, dkk. 2015. Penerapan Pendekatan SETS (Science, Environment, Technology, Society) dalam Pembelajaran Biologi Berbasis IMTAQ untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Konsep Pencemaran Lingkungan di SMA Negeri 8 Kota Cirebon. Scientiae Educatia: Vol 5 (1).

Miles, MB dan AM Huberman.1992. Qualitative Data Analysis: A Sourcebook of New Methods. SAGE. Beverly Hills

Milyasari. 2012. Pendidikan Biologi Berbasis Imtaq. Padang: IAIN Imam Bonjol Padang

Munadi, Yudhi. 2008. Media Pembelajaran. Jakarta: Gunung Persada Press

Nafila, N, dkk. 2016. Penerapan Pembelajaran Biologi Berbasis Iman dan Taqwa (IMTAQ) pada Konsep Sistem Reproduksi Manusia untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Ciwaringin. Scientiae Educatia: Vol 5 (2).

Sutisna, dkk. 2014. Penerapan Pembelajaran Biologi Berbasis Nilai IMTAQ pada Konsep Sistem Reproduksi Manusia untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 1 Mandirancan. Scientiae Educatia: Vol 3 (1).

Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta 2003.

Wahidin. 2006. Metode Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam. Bandung: Sangga Buana Bandung.

Yudianto, Suroso. 2005. Menajemen Alam Sumber Pendidikan Nilai. Bandung: Mughni Sejahtera, Anggota Ikapi


Article Metrics

Abstract view : 8 times
PDF - 6 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.