ANALISIS KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU DALAM LITERASI TEKNOLOGI INFORMASI DI SMA NEGERI 1 RAJAGALUH

Muhyi Muhaiminullah(1*), Dewi Cahyani(2), Yuyun Maryuningsih(3),


(1) IAIN Syekh Nurjati Cirebon
(2) IAIN Syekh Nurjati Cirebon
(3) IAIN Syekh Nurjati Cirebon
(*) Corresponding Author

Abstract


Tujuan penelitian ini sesuai dengan rumusan masalah di atas, yaitu untuk 1) Mengetahui Kompetensi Pedagogik Guru IPA dalam tahap perencanaan pembelajaran berdasarkan Kurikulum 2013. 2) Mengetahui Pedagogik Guru IPA dalam upaya memanfaatkan Teknologi Informasi pada tahap pelaksanaan pembelajaran dikelas 3) mengetahui jenis media apa saja yang sering digunakan dalam proses pembelajaran.Pendekatan penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode wawancara dan dokumentasi berupa video dan foto kegiatan proses pembelajaran guru yang sedang mengajar. Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa, 1) guru biologi dalam proses pembelajaran selalu memanfaatkan teknologi informasi dalam subab materi Ekosistem untuk menunjang proses pembelajaran 2) Guru biologi mempersiapkan RPP diawal tahun 3) Respon siswa terhadap penerapan Pembelajaran dengan memanfaatkan teknologi sebagai penunjang responnya sangat baik dan siswa lebih cepat mengerti dengan materi yang sedang dipelajari.


Keywords


Kompetensi Pedagogik Guru, Pembelajaran memanfaatkan Teknologi Informasi

Full Text:

PDF

References


Azizah Siti. et al.2017.Penggunaan Media Internet eXe-Learning Berbasis Masalah pada Materi Perubahan Lingkungan untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa.Cirebon:IAIN Syekh Nurjati Cirebon. Scientie Educatia.6 (2). Tersedia online: http://dx.doi.org/10.24235/sc.educatia. v6i2.1957

Bawden, D. (2001). Information and digital literacies: a review of concepts. Journal of documentation, 57(2), 218-259.

Chai, C.S Koh, J. H.L&Tsai. (2013). A Review of Technological Pedagogical Content Knowledge. Educational Technology & Society, 16 (2), 31-51.

Dewi R.F. et al.2015. Penerapan Pembelajaran Biologi Berbasis Imtaq Pada Konsep Ekosistem Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Di Kelas X Sma Negeri 1 Jamblang.Cirebon:IAIN Syekh Nurjati Cirebon. Scientie Educatia.5 (2). Tersedia online: file:///C:/Users/Asus/ Downloads/489-1260-1-SM.pdf

Fathurrohman. 2007. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: PT Refika Aditama.

Isjoni. 2007. Cooperative Learning Efektifitas Pembelajaran Kelompok. Bandung Alfabeta.

Kunandar. 2008. Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas sebagai Pengembangan Profesi Guru. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Lie. 2002. Cooperative Learning. Jakarta: Gramedia Widiasarana Indonesia.

Maemunah S.M, et al.2013. Penerapan Model Sains Teknologi Masyarakat (Stm) Pada Pokok Bahasan Pencemaran Lingkungan Untuk Meningkatkan Kreativitas Siswa Kelas X Di Man 2 Cirebon.Cirebon: IAIN Syekh Nurjati Cirebon. Scientie Educatia.2 (2). Tersedia online: https://www.syekhnurjati.ac.id/jurnal/index.php/sceducatia/article/viewFile/525/465

Muspiroh Novianti.2013. Profil Kompetensi Guru Dan Fasilitas Pendukung Pembelajaran Biologi Pada Madrasah Aliyah Berbasis Pesantren Di Cirebon.Cirebon:IAIN Syekh Nurjati Cirebon. Scientie Educatia. 2 (1). Tersedia online: https://www.syekhnurjati.ac.id/jurnal/index.php/sceducatia/article/viewFile/525/4652

Riel, J., Christian, S., & Hinson, B. (2013). Charting digital literacy: A framework for information technology and digital skills education in the community college. Presentado en Innovations.

Rusilowati et al.2012.Profil Kemampuan Pedagogical Content Knowledge(PCK) Calon Guru Biologi.

Setyosari, P. 2009. Pembelajaran Kolaborasi: Landasan untuk Mengembangkan Keterampilan Sosial, Rasa saling menghargai dan Tanggung Jawab. Kumpulan Pidato Pengukuhan Guru Besar Universitas Negeri Malang. Jilid 1, Pendidkan Pembelajaran dan Mengajar.

Sharan, Y. & Sharan, S. 1992. Expanding Ciiperative Learning Through Group Investigation. New York: Teachers College Press.

Slavin, R.E . 2005. Cooperative Learning: Teory, Research and Practice. London: Allyn & Bacon.

Sulman Niess.(2008). Guilding Inservice Mathematic Teacchers in Developing a Technology Pedagogical Knowledge (TPACK)


Article Metrics

Abstract view : 47 times
PDF - 43 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.