Strategi Socio Scientific Issues untuk Meningkatkan Kemampuan Argumentasi Ilmiah Siswa pada Konsep Sistem Respirasi Di Kelas XI MIPA SMAN 1 Suranenggala

Siska Siska(1*), Yunita Yunita(2), Mujib Ubaidillah(3),


(1) IAIN SYEKH NURJATI CIREBON
(2) IAIN SYEKH NURJATI CIREBON
(3) IAIN SYEKH NURJATI CIREBON
(*) Corresponding Author

Abstract


Kemampuan argumentasi menjadi salah satu tujuan utama pembelajaran sains karena siswa harus mengetahui penjelasan ilmiah mengenai fenomena alam, menggunakannya untuk memecahkan masalah dan mampu  memahami  temuan lain yang siswa dapatkan. Pembelajaran SSI (Socio-scientific Issues) diharapkan dapat mengembangkan kemampuan berargumentasi ilmiah peserta didik, karena dalam pembelajaran SSI (Socio-scientific Issues) dilakukan terhadap konsep-konsep sains yang memiliki dampak pada kehidupan masyarakat. Tujuan penelitian ini (1) mendeksripsikan penerapan strategi pembelajaran Socio Scientific Issues pada kelas eksperimen (2) menganalisis perbedaan peningkatan kemampuan argumentasi ilmiah siswa antara kelas kontrol dan kelas eksperimen terhadap strategi pembelajaran Socio Scientific Issues, (3) mendeksripsikan respon siswa terhadap strategi pembelajaran Socio Scientific Issues pada konsep sistem respirasi. Penelitian ini dilakukan di SMAN 1 Suranenggala pada semester genap dengan desain penelitian pretest-posttest control group design. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI-MIPA 1 (kelas eksperimen) berjumlah 35 orang dan kelas XI-MIPA 4 (kelas Kontrol) berjumlah 35 orang. Teknik pengambilan data: observasi, lembar kerja siswa, tes (pretest dan posttest), dan angket. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) penerapan strategi Socio Scientific Issues secara keseluruhan dapat terlaksana dengan sangat baik, (2) Terdapat perbedaan peningkatan kemampuan argumentasi ilmiah siswa antara yang menggunakan strategi pembelajaran Socio Scientific Issues dengan siswa yang tidak menggunakan strategi pembelajaran Socio Scientific Issues pada pembelajaran biologi. (3) Respon siswa terhadap penerapan strategi pembelajaran Socio Scientific Issues menunjukan respon setuju dari siswa dan dapat menghasilkan respon yang positif dari siswa.

Keywords


Socio Scientific Issues, Sistem Respirasi, Argumentasi Ilmiah

Full Text:

PDF

References


Andryani.Fitrian. (2016) Penerapan Pendekatan SSI (Socio Scientifici Issues) Dengan Menggunakan Edia Power Point Terhadap Kekemampuan Berpikir Kritis Pada Mahasiswa Baru Angkatan 2015 Jurusan Pendidikan Fisiska Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan Universitas Islam Negeri Alauddin Makasar. Skripsi. Universitas Islam Negeri Alauddin makasar. Makasar

Erduran, S., Simon, S, dan Osborne, J. (2006). Learning To Teach Argumentation: Research And Development In The Science Classroom. International Journal of Science Education. Vol. 28, Nos 2–3, Fisher, Alec. (2009). Berpikir Kritis Sebuah Pengantar. Jakarta: Erlangga. Inch, E.S.,

Warnick, B., & Endres, D. (2006). Critical Thinking and Communication: The Use of Reason in Argument. Boston: Pearson Education Inc.

Keraf, G. (2007). Argumentasi dan Narasi. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Khun, D. 2010. Teaching And Learning Science As Argument. Wiley Periodicals, Inc. Sci Ed. 94: 810 – 824

Llewellyn. (2013). Teaching High Scholl Science Through Inquiry and Argumentation. USA: Corwin.

Mc. Neill Katherine L. dan Joseph Krajcik. (2006). Supporting Students’ Construction of Scientific Explanation through Generic versus ContextSpecific Written Scaffolds. American Educational Research Association. San Francisco.

Newton, Driver, R, & Osborne, J. (2000). Establishing The Norms Of Scientific Argumentation In Classrooms. Science Education, 84, 287-312.

Osborne, J. (2010). Arguing to Learn in Science: The Role of Collaborative, Critical Discourse. ETR&D, 328:463-466.

Osborne, J., Erduran, S., & Simon. (2004).”Enhancing The Quality Of Argumentation In School Science”. Journal Of Reasearch In Science Teaching. 41 (10),994-1020

Sadler, T. D. (2011). Socio-Scientific Issues In The Classroom: Teaching, Learning And Research. New York: Springer.

Sandoval. (2005). The Quality Of Students Use Evidence In Writen Scientific Explanation Cognition And Intruction. Journal International Of Science Education. 23(1) :23-25

Song, Y., & Deane, P. (2014). A Case Study in Principled Assessment Design: Designing assessments to Measure and Support the Development of Argumentative Reading and Writing Skills. Psicologia Educativa. 20(2):99-108

Subiantoro, A.W. (2017). Promoting Socio-Scientific Issues-Based Learning In Biology: Indonesian Students’ And Teachers’ Perceptions And Students’ Informal Reasoning. Thesis. Curtin University, Australia.

Sugiyono. (2009). Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta

Yuliastini, I. B., Rahayu, S., dan Fajaroh, F.(2016). POGIL Berkonteks Socio Scientific Issues (SSI) dan Literasi Sains Siswa SMK. Proseding Seminar Nasional Pendidikan IPA Pascasarjana UM, 1: 601-614.

Zeidler, D.L., et al. (2005). Beyond STS: A Research-Based Framework for Socioscientific Issues Education. Journal of Science Education. Vol 89 (3): 357-377.


Article Metrics

Abstract view : 40 times
PDF - 22 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.