Analisis Implementasi Penilaian Autentik Berdasarkan Kurikulum 2013 Pada Mata Pelajaran Biologi Kelas XI Semester Genap Di MA Al-Ishlah Bobos

Aghnia Fi’la Syaravina(1*), Anda Juanda(2), Yunita Yunita(3),


(1) IAIN SYEKH NURJATI CIREBON
(2) IAIN SYEKH NURJATI CIREBON
(3) IAIN SYEKH NURJATI CIREBON
(*) Corresponding Author

Abstract


Kurikulum 2013 pada dasarnya menekankan pada pembelajaran siswa aktif dengan pendekatan saintifik dan penilaian autentik. Penilaian autentik adalah proses pengumpulan informasi oleh guru tentang perkembangan dan pencapaian pembelajaran yang dilakukan oleh peserta didik melalui berbagai teknik yang mampu mengungkapkan, membuktikan atau menunjukkan secara tepat bahwa tujuan pembelajaran telah dikuasai dan dicapai. Tujuan penelitian ini adalah untuk : (1) menganalisis pelaksanaan penilaian autentik pada mata pelajaran Biologi  di kelas XI; (2) menganalisis kendala dan solusi selama proses penilaian autentik diterapkan oleh guru biologi. penelitian ini dilakukan di sekolah MA Al-Ishlah Bobos. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan sampel guru biologi di sekolah tersebut. Tekhnik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi berupa RPP dan instrumen penilaian autentik. Hasil penelitian berdasarkan observasi setiap pertemuan guru menilai afektif siswa dari penugasan. Berdasarkan hasil penyusunan penilaian autentik, guru masih kurang baik dalam penyusunan penilaian autentik. jumlah prosentase penilaian portofolio 78%, unjuk kerja 58%, kinerja proyek 85%, kinerja produk 88%, penilaian diri 82%, dan tertulis 38%. Berdasarkan hasil wawancara guru sudah mengimplementasikan penilaian autentik dengan baik. Berdasarkan hasil wawancara kendala dalam mengimplementasikan penilaian autentik dalam pembelajaran biologi yaitu guru kurang memahami penyusunan instrumen penilaian autentik dengan baik, kurangnya waktu kegiatan pembelajaran, dan kurangnya sarana prasarana.

Keywords


Kurikulum 2013, penilaian autentik.

Full Text:

PDF

References


Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Nomor 66 Tahun 2013 Tentang Standar Penilaian Pendidikan. Jakarta : Departemen Pendidikan Nasional.

Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Nomor 104 Tahun 2014 Tentang Penilaian oleh Pendidik Pada Pendidikan Dasar Dan Menengah. Jakarta : Departemen Pendidikan Nasional.

Alfian Alif, Nonoh SA, Sarwanto. 2015. Authentic Assesment Berbasis Scientific Approach Sebagai Implementasi Kurikulum 2013 Di SMP Kelas VII Pada Materi Suhu Dan Perubahannya. Jurnal Inkuiri. Vol 4 (3).

Hamalik, Oemar. 2008. Kurikulum Yang disempurnakan. Jakarta : Bumi Aksara

Haqiqi, Zaenal. R Agus. Zulkifli. 2018. Analisis Kemampuan Pedidik Dalam Menerapkan Penilaian Autentik Pada Mata Pelajaran Biologi Kelas X IPA SMA di Kabupaten Lombok Timur. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA (JPPIPA). Vol 4(1).

Kurniasih, Imas dan Berlin Sani. 2014. Sukses Mengimplementasikan Kurikulum 2013 (Memahami Berbagai Aspek dalam Kurikulum 2013). Jakarta : Kata Pena.

Mulyasa, E. 2014. Kurikulum yang disempurnakan. Bandung: PT Ramaja Posdakarya

Mutalazimah. 2008. Pengembangan Model Penilaian Autentik untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa pada Matakuliah Statistika. Unmuh Surakarta. Varia Pendidikan Vol. 20 (2).

Rustaman, N. 2009. Strategi Belajar Mengajar Biologi. Malang: UM Press

Subali, B. 2012. Prinsip Asesmen dan Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta : UNY Press.


Article Metrics

Abstract view : 1 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.