Analisis Kualitas Wacana Argumentasi Buku Teks Biologi SMA Kelas XI Semester 2 pada Materi Sistem Ekskresi

Mega Indah Puspita Sari(1*), Edy Chandra(2),


(1) IAIN SYEKH NURJATI CIREBON
(2) IAIN SYEKH NURJATI CIREBON
(*) Corresponding Author

Abstract


Buku teks memegang peranan sangat penting dalam proses pembelajaran. Materi yang disampaikan oleh buku teks harus dapat membangun pemahaman peserta didik dan membantu proses pembelajaran. Analisis wacana argumentasi dilakukan untuk mengetahui kualitas suatu buku teks dilihat dari cara penyajiannya. Tujuan dari dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui kualitas wacana argumentasi buku teks biologi kelas XI pada materi sistem ekskresi, agar guru atau siswa lebih teliti lagi mencari buku teks yang memiliki penyajian lengkap dan mudah dipahami. Buku sampel yang dianalisis yaitu tiga buku sampel dengan pengarang yang berbeda dan yang digunakan paling banyak dibeberapa sekolah. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan instrumen tabel ceklis atau cheklist, untuk mengethui keberadaan wacana argumentasi yang dianalisis dan dilakukan perhitungan sederhana, kemudian dilakukan skoring untuk mengetahui kualitas wacana argumentasi buku yang dianalisis. Hasil dari penelitian tersebut yaitu buku teks memiliki masing-masing keunggulan dalam penyajiannya. Secara keseluruhan, buku teks yang dianalisis memiliki kualitas wacana argumentasi baik, namun dengan skor yang berbeda. Ketiga buku yang dianalisis lebih banyak menyajikan motif informing dibandingkan motif yang lain. Motif informing berfungsi hanya menginformasikan materi saja. Aspek argumentasi yang terdapat pada buku lebih banyak mengandung expert opinion dan tidak ada aspek argumentasi evidence to hypothesis.


Keywords


Buku Teks, Wacana Argumentasi, Sistem Ekskresi

References


Adisendjaja, Y. H. 2007. Analisis Buku Ajar Biologi SMA X Di Kota Bandung Berdasarkan Literasi Ilmiah. Jurusan Pendidikan Biologi, FPMIPA UPI. Laporan Penelitian

Dahar, W, Ratna. 1996. Teori-teori Belajar. Jakarta: Erlangga

Erduran, Sibel. 2007. Argumentation in Science Education. Science & TechnologyEducation Library

Muslich, Mansur. 2010. Text Book Writing. Jakarta: Ar-Ruzz Media

Rosnita. 2006. Standar Pendidikan Untuk Calon Guru Sains: Pedagogi Materi SubjekSebagai Sarana Pengembangan Pengetahuan Konten Pedagogi Calon Guru. Pontianak: Universitas Tanjungpura

Sholikatun, Anik. 2010. Kualitas Isi Buku Teks Bahasa Indonesia Pasti Bisa Pembahasan Tuntas Kompetensi Bahasa Indonesia Untuk SMP dan MTS Kelas VII Aspek Menulis Terbitan Essis The Innovative Learning. Skripsi. Semarang: Universitas Negeri Semarang

Siregar. 1998. Penelitian Kelas: Teori, Metodologi dan Analisis. Bandung: IKIP Bandung Press

Siregar, N., Alwasilah, C. 2005. Dasar Wacana Argumentasi Dari Hiperteks Untuk Meningkatkan Aksebilitas Pemakai Terhadap Informasi Pendidikan Sains. Jurnal Pengajaran MIPA. Vol 6 (2)

Tarigan, H, G. 2009. Telaah Buku Teks Bahasa Indonesia. Bandung: Aksara

Walton, D.N. 1996. Argumentation Schemes for Presumtive Reasoning. Mahwah, NJ: Lawrence Erlbaum

Yusup, I.R. 2013. Penguasaan Konsep dan Kreativitas Siswa SMA pada Materi Pokok Sistem Ekskresi Manusia Melalui Penerapan Model Projeck Based Learning (PJBL). Bandung: UPI


Article Metrics

Abstract view : 32 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.