Pengaruh Penerapan Metode Pembelajaran Team Accelerated Instruction (TAI) terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa

Hikmah Fitriani(1*),


(1) Jurusan Tadris Matematika, IAIN Syekh Nurjati Cirebon
(*) Corresponding Author

Abstract


Ada berbagai cara untuk meningkatkan hasil belajar siswa, salah satunya yaitu dengan menerapkan metode pembelajaran Team Accelerated Instruction (TAI). Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengetahui penerapan metode pembelajaran Team Accelerated Instruction (TAI) pada pembelajaran matematika; 2) mengetahui berapa besar hasil belajar siswa setelah menerapkan metode pembelajaran Team Accelerated Instruction (TAI); 3) mengetahui pengaruh penerapan metode pembelajaran Team Accelerated Instruction (TAI) terhadap hasil belajar matematika siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif jenis eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelasVII MTs Islamiyah Mundupesisir sebanyak 120 siswa. Sample penelitianini adalah kelas VII B sebagai kelas eksperimen. Instrumen penelitian yang digunakan adalah instrument tes pilihan ganda pada pokok bahasan statistika untuk mengetahui respon siswa pada metode pembelajaran Team Accelerated Instruction (TAI). Berdasarkan pengolahan data, rata-rata hasil penyebaran angket sebesar 88% yang termasuk dalam kategori sangat kuat dan rata-rata hasil tes kemampuan berpikir statistic sebesar 75% yang termasuk ke dalam kategori tinggi. Pengujian hipotesis pada taraf signifikansi α = 0,05, dk = n – 1 diperoleh thitung = 6,002 dan ttabel = 1,69 hal ini menunjukkan bahwa thitung>ttabel.  Artinya H0 ditolak dan H1 diterima atau terdapat pengaruh yang signifikan dari penerapan metode pembelajaran Team Accelerated Instruction (TAI) terhadap hasil belajar matematika siswa.

Keywords


Team Accelerated Instruction (TAI); hasil belajar matematika

Full Text:

PDF

References


Amri, S. (2013). Pengembangan & Model Pembelajaran dalam Kurikulum 2013. Jakarta: PT. Prestasi Putrakarya

Uno, H. B., & Mohammad, N. (2011). Belajar dengan Pendekatan PAILKEM: Pembelajaran Aktif. Inovatif, Lingkungan, Kreatif, Efektif, Menarik, Jakarta: PT Bumi Aksara.

Astuti, N. F., & Rosyid, R. (2013). Efektivitas Model Pembelajaran Ekspositori Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pokok Bahasan Ayat Jurnal Penyesuaian. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 2(9).

Huda, M. (2017). Coopertive Learning. Yogyakarta: PustakaPelajar

Izzati, N. (2015). Pengaruh Penerapan Program Remedial Dan Pengayaan Melalui Pembelajaran Tutor Sebaya Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. Eduma: Mathematics Education Learning and Teaching, 4(1).

Isroah, I. (2013). Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Teknik Team Accelerated Instruction (TAI) untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Akuntansi Siswa Kelas XI IPS 2 SMA Negeri 1 Banguntapan Tahun Ajaran 2012/2013. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 11(2).

Slavin, R.E. (2008). Cooperative Learning: Teori, Riset, danPraktik. Bandung: Nusa Media

Sagala, S. (2005). Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta

Sanjaya, W. (2011). Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta :Kencana

Siregar, E & Nara, H. (2014). Teori Belajar dan Pembelajaran. Bogor: Ghalia Indonesia

Sudjana, N. (2012). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya

Sutanto, A. (2016). Manajemen Peningkatan Kinerja Guru. Jakarta: Kencana

Wulandari, P. Y., Sujana, I. W., Ganing, N. N., & Hum, M. (2014). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Accelerated Instruction (Tai) Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V SD Gugus VIII Kedewatan Kecamatan Ubud Gianyar. MIMBAR PGSD Undiksha, 2(1).


Article Metrics

Abstract view : 40 times
PDF - 19 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.