Pengembangan Tes Hasil Belajar Matematika Siswa Sesuai Pendekatan Saintifik

Rizki Mulyati(1*),


(1) Jurusan Tadris Matematika, IAIN Syekh Nurjati Cirebon
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh ketersediaan instrumen penilaian hasil belajar sesuai pendekatan sainstifik belum memadai.oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan tes yang diperlukan tersebut. Pengembangan tes mengikuti model yang diusulkan oleh Djemari Mardapi yaitu dimulai dari penyusunan spesifikasi tes, menulis soal tes, menelaah soal tes, ujicoba tes, memperbaiki tes dan merakit tes secara lengkap. Tes yang dikembangkan memuat 3 komponen yaitu sikap ilmiah, keterampilan ilmiah dan berfikir ilmiah. Hasil penilaian ahli (Expert Judgment) menunjukan bahwa muatan tes yang dikembangkan memiliki validitas isi (Conten validity) yang baik. Hasil ujicoba lapangan menunjukan bahwa butir-butir tes yang dikembangkan memiliki daya pembeda dan tingkat kesukaran yang ideal. Tingkat reliabilitas tes juga dalam kategori tinggi. Hasil penerapan tes pada SMPN 3 Palimanan sebagian besar siswa (50%) memiliki hasil belajar matematika yang baik. sisanya (20,9%) berkategori sangat baik, (16,6%) berkategori kurang baik dan (12,5%) berkategori cukup baik.

Keywords


pengembangan; tes hasil belajar; pendekatan sainstifik; matematika

Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. 2014. Prosedur Penelitian : Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Djemari, M. (2008). Teknik penyusunan instrumen tes dan non tes. Yogyakarta: Mitra Cendekia.

Kurniasih, I., & Sani, B. (2014). Teknik dan cara mudah membuat Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta: Kata Pena.

Mardapi, D. 2008. Teknik Penyusunan Instrumen Tes dan Nontes. Yogyakarta: Mitra Cendekia.

Seels, B. B., & Richey, R. C. (1994). Teknologi pembelajaran: Definisi dan kawasannya. Penerjemah Dewi S. Prawiradilaga dkk. Jakarta: Kerjasama IPTPI LPTK UNJ.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Wibowo, A. (2017). Pengaruh pendekatan pembelajaran matematika realistik dan saintifik terhadap prestasi belajar, kemampuan penalaran matematis dan minat belajar. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 4(1), 1-10.


Article Metrics

Abstract view : 51 times
PDF - 28 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.