Dampak Pola Pembelajaran Sekolah Inklusi terhadap Anak Berkebutuhan Khusus

Dewi Asiyah(1*),


(1) IAIN Syekh Nurjati Cirebon
(*) Corresponding Author

Abstract


Kenyataan bahwa masih banyak anak-anak berkebutuhan khusus yang berada di Indonesia ini belum mendapatkan pendidikan, maka dilakukan suatu solusi kepada anak-anak berkelainan untuk memperoleh pendidikan di sekolah umum di sekolah dasar terdekat. Pola pendidikan seperti ini disebut pendidikan inklusif. Tujuan penelitian ini adalah untuk membuktikan bagaimana dampak dari pola pembelajaran yang diterapkan di sekolah inklusi Sada Ibu Cirebon terhadap anak berkebutuhan khusus, untuk menjelaskan bagaimana pola pembelajaran di Sekolah Dasar Sada Ibu serta menggambarkan respon peserta didik dan orang tua terhadap pola pembelajaran yang diterapkan di Sekolah Dasar Sada Ibu. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data seperti observasi, wawancara, dokumentasi dan angket. Berdasarkan analisis data dapat diketahui bahwa pola pembelajaran di Sekolah Dasar Sada Ibu menggunakan Pola pembelajaran adaftif,  sedangkan model pelayanan inklusif yang digunakan adalah dengan menggunakan pengkombinasian berbagai macam pola pelayanan inklusif namun seringnya pola pelayanan kelas reguler dengan pull out lah yang sering digunakan. Respon anak dan orang tua terhadap pola pembelajaran inklusif di Sekolah Dasar Sada Ibu dalam hal ini menunjukkan  hal yang positif, hal ini dibuktikan sebanyak 100%  anak (peserta didik) menyatakan senang belajar di Sekolah Sada Ibu. Dan 50% dari orang tua murid menyatakan cukup puas terhadap pola pembelajaran inklusif yang diterapkan di Sekolah Dasar Sada Ibu ini.


Full Text:

PDF

References


Ali, Abdullah, 2003. Metodologi Penelitian dan Penulisan Karya Ilmiah, Cirebon: Stain Press

Smith J. David, 2006. Inklusi, Sekolah Ramah Untuk Semua terj. Dennis dan ny. Enrica,Bandung : Nuansa

Trianto,2010. Model Pembelajaran Terpadu, Konsep, Strategi, dan Implementasi dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP), Jakarta : Bumi Aksara

Darajat, Zakiah, Perawatan Jiwa Untuk Anak-anak, Bulan Bintang, 1980

Wetty, .Anak-Anak yang Cemerlang terj. Sadik samaan dan Zakiah Darajat Jakarta : Bulan Bintang

Arikunto, Suhrsimi. 1998. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Hineka Putra

Ahmadi, Abu. 1985. Metodik Khusus Pendidikan Agama Islam, Bandung: Amrico

Danim, Sudarwan. 2002. Inovasi Pendidikan Dalam Upaya Peningkatan Profesionalisme Tenaga Kependidikan. Bandung: Pustaka Setia

Danumihardja, Mintarsih. 2001. Peran Guru Sebagai Inovator. Bandung: Jurnal Formasi No. 5, Tahun III, September 2001

Hasan Sadlo, 1982. Sosiologi Suatu Pengantar. Jakarta: Bulan Bintang

Sri Anita. 2008. Media Pembelajaran. Surakarta: FKIP UNS

Moleong, Lexy. 2008. Metodologi Penelitian Kualitatif(Edisi Revisi). Bandung: PT Remaja Rosda Karya

Delphie, Bandi. 2006. Pembelajaran Anak Berkebutuhan Khusus. Bandung: Refika Aditama

Abdurrahman, Mulyono. 1999. Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: Rineka Cipta

Wardani, I.G.A.K. 2007.Pengantar Pendidikan Luar Biasa. Jakarta: Universitas Terbuka

Hamalik, Oemar. 2007. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara

Hassan, Shadily.1991. Ensiklopedi Indonesia 1. Jakarta: PT Ichtiar Baru – Van Hove

Sardiman, A. M. (2004). Interaksi dan motivasi belajar-mengajar. Jakarta: Rajawali

Colin Marsh. (1996). Handbook for beginning teachers. Sydney: Addison Wesley Longman Australia Pry Limited

Salim, Abdul. 2010. Identifikasi Dan Asesmen Anak Berkebutuhan Khusus. Makalah Disampaikan Pada Workshop Bagi Para Guru Di BP-Dikjur Dinas Pendidikan Propinsi Jawa Tengah Tanggal 10-13 Mei 2010

Salim, Abdul. 2009. Implementasi Pendidikan Inklusif Pasca Permendiknas No. 70 Tahun 2009.Makalah Disampaikan Pada Kegiatan Sosialisasi Implementasi Pendidikan Inklusi Di SMKN IX Surakarta, Tanggal 30 Nopember 2009

Rita Jordan. 1977. Educating of Children and Young People With Autism. Birmingham University. United Kingdom

Badan Penelitian dan Pengembangan Pendidikan dan Kebudayaan Mengidentifikasi Siswa BerkesulitanBelajar.Pusat Pengembangan Kurikulum dan Sarana Pendidikan.Jakarta. 1977

Permendiknas Nomor 70 tahun 2009 tanggal 5 Oktober 2009 tentang Pendidikan inklusif bagi Peserta Didik yang memiliki Kelainan dan Memiliki Potensi Kecerdasan dan/atau Bakat Istimewa

Undang Undang Republik Indonesia Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional




DOI: 10.24235/prophetic.v1i01.3480

Article Metrics

Abstract view : 1333 times
PDF - 1911 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Prophetic Indexed By:  

 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

View My Stats Prophetic: Professional, Empathy and Islamic Counseling Journal Published by Department Islamic Guidance Counseling, Faculty of Ushuluddin, Adab and Da'wah, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

Editorial Office:

FUAD Building, 2nd Floor, Department Islamic Guidance Counseling, Faculty of Ushuluddin, Adab and Da'wah, IAIN Sheikh Nurjati Cirebon.  Perjuangan Street of Sunyaragi, Cirebon City, West Java, Indonesia 45132 Phone. 0231-481264, Fax. 0231-489926, Email: prophetic.bki@syekhnurjati.ac.id / Email: prophetic.jurnal@gmail.com