Pengembangkan Kompetensi Mahasiswa Jurusan Bimbingan Konseling Islam melalui Peningkatan Laboratorium Konseling

Jaja Suteja(1*),


(1) IAIN Syekh Nurjati Cirebon
(*) Corresponding Author

Abstract


Setiap Perguruan Tinggi harus memiliki Standar Pendidikan Nasional  di dalam memaksimalkan kompetensi mahasiswa yang meliputi; Standar Isi, Proses, Kompetensi Lulusan, pendidik dan tenaga kependidikan, sarana dan prasarana, pengelolaan, pembiayaan dan penilaian. Salah satu upaya dalam memaksimlakan kompetensi mahasiswa yaitu dengan adanya laboratorium sebagai penunjang dalam menggali ilmu pengetahuan dan mengembangkan skill atau keterampilan konseling mahasiswa. Kondisi rill saat ini Jurusan BKI belum memiliki sarana laboratorium konseling, di dalam mengembangkan skill mahasiswa padahal sudah hampir 4 (empat) tahun jurusan BKI ini berdiri di Kampus IAIN Syekh Nurjati Cirebon. Saat ini, baik mahasiwa maupun dosen yang mengajar di Jurusan BKI sudah sangat membutuhkan tempat laboratorium sebagai tempat Praktikum Kuliah mahasiswa. Dalam penelitian ini pendekatan yang digunakan oleh peneliti adalah pendekatan kualitatif/naturalistik dengan sumber datanya diambil dari respon mahasiswa, dosen BKI dan pimpinan Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah. Sedangkan teknik pengumpulan datanya melalui kegiatan observasi partisipan, wawancara mendalam dan studi dokumentasi. Kesimpulan dari penelitian ini menunjukkan bahwa mahasiswa BKI saat ini sangat membutuhkan laboratorium konseling BKI, oleh karena itu untuk terwujudnya laboratorium konseling yang berkualitas dibutuhkan perhatian dan dukungan dari semuanya baik itu dari lembaga, fakultas maupun dosen-dosen yang ada di jurusan Bimbingan Konseling Islam.


Full Text:

PDF

References


Ali, Abdullah. (2007). Penelitian Kualitatif, Cirebon : STAIN Press, Cirebon.

Arintoko, (2011). Wawancara Konseling di Sekolah, Yogyakarta : Andi Offset, Yogyakarta.

Arthur J. Jones (Sofyan S. Willis), (2004). Konseling 1ndividual;Teori & Praktek. Bandung: Alfaheta.

BSNP (Badan Standar Nasional Pendidikan), (2006). Panduan Penyusunan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah, Jakarta : BSNP.

BPMPT (Badan Penjaminan Mutu Pendidikan Tinggi), (2006). SOP Laboratorium. Makasar : Universitas Gorontalo.

Casmini, (2014). Evaluasi dan Peninjauan Kurikulum BKI berbasis KKNI, Yogyakarta : dalam Jurnal Hisbah, 125-143.

Hasan Basri, Said. A. (2014). Urgensi Laboratorium BKI dalam Pengembangan Kompetensi Mahasiswa, Yogyakarta : dalam Jurnal Hisbah, 99-123.

Suteja, Jaja. (2013). Bimbingan Konseling di Sekolah, Cirebon: Nurjati Press.

J. Moleong, Lexy. (2003). Penelitian Kualitatif, Bandung : Remaja Rosda Karya.

Subana, M. (2005). Dasar-dasar Penelitan Ilmiah, Bandung : Pustaka Setia.

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 19 tahun 2005, Tentang Standar Pendidikan Nasional

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional No. 24 tahun 2007, Tentang Pengelolaan Laboratorium.

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional No. 27 tahun 2008, Tentang Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Konselor.

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional No. 63 tahun 2009, Tentang Penjaminan Mutu Pendidikan.

Rina, (2011) Manajemen Laboratorium. www. Unikal.ac.id.diakses tanggal 25 Oktober 2015.

R.M. Gagne & Medsker K. L. 1996. The Conditions of learning: Training applications. Hartcourt Brace College: Fort Wort TX.

S. Hall Calvin, Lindzey Gardner, 1993. Psikologi Kepribadian (Teori-Teori Psikodinamik), Yogyakarta, Kanisius.

Danim, Sudarwan. (2002). Menjadi Peneliti Kualitatif. Bandung: Pustaka Setia.

Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 tahun 2002, Tentang Tujuan Pendidikan Nasional.

Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 tahun 2003, Tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Wakhit, Hasyim, (2013). “Borang Akreditasi Jurusan Bimbingan Konseling Islam IAIN Syekh Nurjati Cirebon Tahun, 2014. Cirebon.




DOI: 10.24235/prophetic.v1i01.3481

Article Metrics

Abstract view : 87 times
PDF - 133 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Prophetic Indexed By:  

 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

View My Stats Prophetic: Professional, Empathy and Islamic Counseling Journal Published by Department Islamic Guidance Counseling, Faculty of Ushuluddin, Adab and Da'wah, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

Editorial Office:

FUAD Building, 2nd Floor, Department Islamic Guidance Counseling, Faculty of Ushuluddin, Adab and Da'wah, IAIN Sheikh Nurjati Cirebon.  Perjuangan Street of Sunyaragi, Cirebon City, West Java, Indonesia 45132 Phone. 0231-481264, Fax. 0231-489926, Email: prophetic.bki@syekhnurjati.ac.id / Email: prophetic.jurnal@gmail.com