Self-Instruction Training untuk Meningkatkan Resiliensi Siswa Sekolah Menengah Atas

Anggi Azzi Purnama(1*),


(1) SMA Negeri 1 Mangunjaya, Pangandaran
(*) Corresponding Author

Abstract


Resiliensi merupakan faktor esensial dalam perkembangan hidup remaja. rendahnya resiliensi pada remaja menjadikan remaja yang rentan (vulnerable adolescence) dan remaja yang rentan memiliki kecenderungan yang tinggi untuk menjadi remaja yang bermasalah. Tujuan akhir penelitian ini menghasilkan program pelatihan self-instruction training untuk meningkatkan resiliensi siswa. Untuk mencapai tujuan tersebut digunakan metode penelitian quasi experimen dengan desain non-equivalent pretest-posttest control group. Dalam pelaksanaanya, penelitian ini melalui tiga langkah utama, yakni (1) langkah pertama adalah mengungkap kondisi awal/ profil umum resiliensi siswa; (2) langkah kedua, perumusan program pelatihan self-instruction untuk meningkatkan resiliensi siswa; dan (3) langkah ketiga pengujian efektivitas penerapan program pelatihan self-instruction untuk meningkatkan resiliensi siswa. Penelitian menemukan bahwa mayoritas siswa berada pada kategori cukup resilien dengan tingkat kecenderungan resiliensi yang dominan ditunjukkan oleh remaja adalah tingkatan sedang, atau rata-rata (average), atau moderat. Setelah pelaksanaan intervensi, resiliensi siswa meningkat terutama pada aspek efikasi diri, penilaian realistis terhadap lingkungan, problem solving, dan planning & goal setting. Hal ini menandakan program pelatihan self-instruction secara empirik efektif dalam meningkatkan resiliensi siswa.

 

Kata Kunci: Self-Instruction Training; Resiliensi Siswa; Remaja.


Full Text:

PDF

References


Anesty, E. (2012). Konseling Rasional Emotif Behavioral Untuk meningkatkan Resiliensi Remaja. Tesis pada Sekolah Pascasarjana UPI Bandung: Tidak diterbitkan.

Azzi, P. A. (2012). Efektivitas Teknik Self-Instruction untuk Mereduksi Kecemasan Menghadapi Ujian. Bandung: Skripsi Jurusan PPB-FIP UPI. (Tidak Diterbitkan).

Barnard, P. M. I. & Nagy, J. (1999). Children, Bereavement and Trauma : Nurturing Resilience. London : Jessica Kingsley Publisher.

Campbell, D. T. & Stanley, J. C. (1963). Experimental and Quasi-Experimental Designs for Research. Boston: Houghton Mifflin Company.

Castro, V., Johnson, M. B. & Smith, R. (2011). Self-Reported Resilient Behaviors of Seventh and Eighth Grade Students Enrolled in an Emotional Intelligence Based Program. (Lecture Paper). Universitas of Texas Pan American.

Creswell, J. W. (2008). Educational Research (Fourth Edition). Boston: Pearson Education.

Desmita. (2009). Psikologi Perkembangan. Bandung. Remaja Rosdakarya.

Goldstein, S., & Brooks, R. B. (2005). Handbook of Resilience in Children. New York, USA: Springer Science and Business Media, Inc.

Hatzigeorgiadis, A. Zourbanos, N. Mpoumpaki, S. & Theodorakis, Y. (2010). Mechanisms underlying the self-talk–performance relationship: The effects of motivational self-talk on self-confidence and anxiety. Psychology of Sport and Exercise, 2009. 10: 186–192.

Hooper, L. M. (2008). Individual and Family Resilience: Definitions, Research, and Frameworks (Relevant for All Counselors). The Alabama Counseling Association Journal, Volume 35, no 1. 19-26.

Hurlock, E. (2003). Psikologi Perkembangan, Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang kehidupan. Jakarta: Erlangga.

Ilfiandra. (2008). Model Konseling Kelompok Berbasis Pendekatan Kognitif Perilaku Untuk Mengurangi Gejala Prokrastinasi Akademik (Disertasi). Bandung: SPS UPI.

Isaacson, B. (2002). Characteristics and Enhancement of Resiliency in Young People : A Research Paper Tersedia :http://www.uwstout.ede/lib/thesis/2002/2002isaacsonb.pdf.(3 Desember 2013)

Linley, P. A, & Joseph, S. (2004). Positive Psychology In Prctice. New Jersey: John Wiley & Sons, Inc.

Liquanti, R. (1992). Using Community-wide Collaboration to Foster Resiliency in Kids: A Conceptual Framework Western Regional Center For Drugs-Free School and Communities, Far West Laboratory fo Educational Research and Development. San Fransisco. (Online). Tersedia : http://www.ncrel.org/sdrs/cityschool/citu11bhtm (diakses : 24-10-2010).

Masten, A. S., Best, K. M., & Garmezy, N. (2001). Resilience and development: Contributions from the study of children who overcome adversity. Journal of Development and Psychopathology, 2, 425-444.

Meichenbaum, D. & Goodman, J. (1971). Training Impulsive Children to Talk to Themselves: A Means of Developing Self-Control. Journal of Abnormal Psychology, 77, hlm. 115-126.

Meichenbaum, D. (1971). Cognitive-Behavior Modification: An Integrative Approach (second printing). New York: Plenum Press.

Parinyaphol, P., & Chongruksa, D. (2008). Resilience of Higher Educational Students : The Human Spirit Among Thai and Muslim Students. Journal in Department of Psychology and Guidance, Prince of Songkla University (7:08).

Russo, R., & Boman, P. (2007). Primary School Teachers’ Ability to Recognise Resilience in their Students. The Australian Educational Researcher Vol. 34 (1), April, 17-32.

Safaria, T. (2004). Terapi Kognitif Perilaku Untuk Anak. Yogyakarta : Graha Ilmu.

Santrock, J. W. (1996). Life-Span Develompment : Perkembangan Masa Hidup. Jakarta : Erlangga.

Schoon, I. (2006). Risk and Resilience, Adaptations in Changing Times. New York : Cambridge University Press.

Slavin, E. R. (2011). Psikologi Pendidikan. Teori dan Praktik. Jakarta: Indeks.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung : CV. Alfabeta.

Tugade, M. M. & Fredrickson, B. L. (2004). Resilient individuals use positive emotions to bounce back from negative emotional experiences. Journal of Personality and Social Psychology, 86, 320 – 333.




DOI: 10.24235/prophetic.v2i1.4755

Article Metrics

Abstract view : 73 times
PDF - 215 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Prophetic Indexed By:  

 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

View My Stats Prophetic: Professional, Empathy and Islamic Counseling Journal Published by Department Islamic Guidance Counseling, Faculty of Ushuluddin, Adab and Da'wah, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

Editorial Office:

FUAD Building, 2nd Floor, Department Islamic Guidance Counseling, Faculty of Ushuluddin, Adab and Da'wah, IAIN Sheikh Nurjati Cirebon.  Perjuangan Street of Sunyaragi, Cirebon City, West Java, Indonesia 45132 Phone. 0231-481264, Fax. 0231-489926, Email: prophetic.bki@syekhnurjati.ac.id / Email: prophetic.jurnal@gmail.com