Profil Komunikasi Interpersonal Peserta Didik dan Implikasi pada Program Bimbingan Pribadi Sosial

Yerika Arum Pertiwi(1*),


(1) Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui serta mendeskripsikan gambaran kemampuan komunikasi interpersonal peserta didik, serta mengetahui program bimbingan pribadi sosial yang dibuat berdasarkan gambaran kemampuan komunikasi interpersonal peserta didik kelas VII SMP Negeri 2 Kota Serang. Teknik pengambilan data pada penelitian menggunakan purposive sampling yang ditentukan berdasarkan perilaku dalam indikator komunikasi interpersonal seperti sulit menyesuaikan diri dengan lingkungan sekitar, mengabaikan pendapat orang lain, sulit berkomunikasi dengan orang lain, serta sulit menyampaikan ide atau gagasan di depan umum. Hasil analisis kuesioner komunikasi interpersonal pada peserta didik kelas VII SMP Negeri 2 Kota Serang terdapat sebesar 36,03% dengan kategori rendah, 47,7% dengan kategori sedang, dan 16,27% kategori tinggi yang selanjutnya dibuat rancangan program bimbingan pribadi sosial agar dapat meningkatkan kemampuan komunikasi interpersonal peserta didik.

Keywords


Komunikasi Interpersonal; Purposive Sampling; Program Bimbingan Pribadi Sosial.

Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. (2006). Metode Penelitian Kualitatif. Jakarta: Bumi Aksara.

Arifin, Z. (1991). Evaluasi Instruksional: Prinsip-Teknik-Prosedur. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Asih, G. Y. & Pratiwi, M. M. (2010). Perilaku Prososial Ditinjau dari Empati dan Kematangan Emosi. Jurnal Psikologi Universitas Muria Kudus 1(1) 33-42. Diakses dari http://eprints.umk.ac.id

Azwar, S. (1987). Sikap Manusia Teori dan Pengukurannya. Yogyakarta: Liberty.

Fatimah, D. N. (2017). Layanan Bimbingan Klasikal dalam Meningkatkan Self Control Siswa SMP Negeri 5 Yogyakarta. Jurnal Bimbingan Konseling dan Dakwah Islam 14(1) 25-37. Diakses dari http://202.0.92.5/dakwah/hisbah.

Indrawan, R. & Yaniawati, P. (2014). Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Campuran untuk Manajemen Pembangunan dan Pendidikan. Bandung: Refika Aditama.

Khalilah, E. (2017). Layanan Bimbingan dan Konseling Pribadi Sosial dalam Meningkatkan Keterampilan Hubungan Sosial Siswa. Journal of Islamic Guidance and Counseling 1(1) 41-57. Diakses dari http://jigc.fusa.unjambi.ac.id/index.

Maulana, M. A. et al. (2104). Model Bimbingan Kelompok Berbasis Budaya Jawa dengan Teknik Permainan untuk Meningkatkan Interaksi Sosial Siswa SMP Kota Serang. Jurnal Bimbingan Konseling 3(2) 80-96. Diakses dari http://journal.unness.ac.id/sju/index.php/jubk.

Mulyana, D. (2016). Ilmu Komunikasi: Suatu Pengantar. Cetakan ke 18. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Narti, S. (2019). Kumpulan Contoh Laporan Hasil Penelitian Tindakan Bimbingan Konseling (PTBK). Yogyakarta: Deepublish.

Pieter, H. Z. (2017). Dasar-Dasar Komunikasi Bagi Perawat. Jakarta: Kencana.

Rakhmat, J. (2005). Psikologi Komunikasi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Rianse, Usman dan Abdi. (2011). Metodologi Penelitian Sosial dan Ekonomi: Teori dan Aplikasi. Bandung: Alfabeta.

Soebardhy, et al. (2019). Kapita Selekta Metodologi Penelitian. Pasuruan: CV. Penerbit Qiara Media.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suharni & Pratama, B. D. (2016). Pemberian Layanan Bimbingan Pribadi Sosial dalam Menumbuhkan Perilaku Prososial Anak. Jurnal Ilmiah Counselia 6(2) 31-40. Diakses dari http://e-journal.unipma.ac.id.

Yusuf, A. M. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif & Penelitian Gabungan. Jakarta: Prenadamedia Group.

West, R. & Turner, L. H. (2007). Introducing Communication Theory: Analysis and Aplication, 3rd ed. New York: McGraw-Hill.

Wulandari, S. et al. (2012). Upaya Meningkatkan Empati dalam Berinteraksi Sosial melalui Dinamika Kelompok Pendekatan Experiental Learning. Jurnal Indonesia Bimbingan dan Konseling: Teori dan Implikasi 1(2) 40-46. Diakses dari http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jbk.

Zuhara, E. (2015). Efektivitas Teknik Sosiodrama untuk Meningkatkan Komunikasi Interpersonal Siswa. Jurnal Edukasi: Jurnal Bimbigan dan Konseling 1(1) 80-89. Diakses dari http://dx.doi.org/10.22373/je.vlil.319.




DOI: 10.24235/prophetic.v3i2.7588

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Prophetic Indexed By:  

 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

View My Stats Prophetic: Professional, Empathy and Islamic Counseling Journal Published by Department Islamic Guidance Counseling, Faculty of Ushuluddin, Adab and Da'wah, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

Editorial Office:

FUAD Building, 2nd Floor, Department Islamic Guidance Counseling, Faculty of Ushuluddin, Adab and Da'wah, IAIN Sheikh Nurjati Cirebon.  Perjuangan Street of Sunyaragi, Cirebon City, West Java, Indonesia 45132 Phone. 0231-481264, Fax. 0231-489926, Email: prophetic.bki@syekhnurjati.ac.id / Email: prophetic.jurnal@gmail.com