Intenitas Penggunaan Gawai terhadap Interaksi Sosial Mahasiswa (Studi Kasus Organisasi Primordial Ikatan Mahasiswa Tegal Wilayah Cirebon)

Isnin Agustin Amalia(1*), Alwi Zakie Yahya(2),


(1) IAIN Syekh Nurjati Cirebon
(2) IAIN Syekh Nurjati Cirebon
(*) Corresponding Author

Abstract


Mahasiswa IMT sangat familiar dengan gawai. Hal tersebut berdampak kepada interaksi langsung antarmahasiswa IMT yang relatif berkurang dan canggung. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui penggunaan gawai oleh mahasiswa IMT, mengetahui interaksi sosial mahasiswa di IMT, dan mengetahui intensitas penggunaan gawai. Metodologi yang digunakan dalam penulisan ini adalah kualitatif deskriptif. Sampel responden dalam penulisan ini sebanyak 13 mahasiswa yang terdiri dari 4 orang laki-laki dan 9 orang perempuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan gawai pada mahasiswa IMT sangat berpengaruh. Selain dapat memudahkan mahasiswa untuk menjalin interaksi jarak jauh, manfaat lainnya memudahkan memperoleh informasi seputar perkuliahan. Berkaitan dengan interaksi sosial, mahasiswa mengalami disfungsi sosial. Di sisi lain, intensitas penggunaan gawai terhadap interaksi sosial di IMT dalam konsteks saat berkumpul sangat mengganggu.


Keywords


Penggunaan Gawai; Interaksi Sosial; Mahasiswa.

Full Text:

PDF

References


Agusli, R. (2008). Panduan Koneksi Internet 3G & HSDPA di Handphone & Komputer. Jakarta: Mediakita.

Burhan, B. (2007). Penelitian Kualitatif Komunikasi, Ekonomi, Kebijakan Publik, dan Ilmu Sosial lainnya. Jakarta: Kencana

Soekanto, S. (2013). Sosiologi Suatu Pengantar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Darmawan, D. (2012). Pendidikan Teknologi Informasi Dan Komunikasi.; Bandung; Remaja Rosdakarya.

Gunawan I. (2015). Metode Penelitian Kualitatif Teori dan Praktik. Jakarta: Bumi Aksara.

Partanto, dkk. (n.d.). Kamus Ilmiah Populer. Surabaya: Penerbit Arloka.

Rayan A. B. (2004). Rahasia Dibalik Handphone. Jakarta: Darul Falah.

Walgito, B. (2003). Psikologi Sosial. Yogyakarta: Andi.




DOI: 10.24235/prophetic.v3i2.7594

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Prophetic Indexed By:  

 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

View My Stats Prophetic: Professional, Empathy and Islamic Counseling Journal Published by Department Islamic Guidance Counseling, Faculty of Ushuluddin, Adab and Da'wah, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

Editorial Office:

FUAD Building, 2nd Floor, Department Islamic Guidance Counseling, Faculty of Ushuluddin, Adab and Da'wah, IAIN Sheikh Nurjati Cirebon.  Perjuangan Street of Sunyaragi, Cirebon City, West Java, Indonesia 45132 Phone. 0231-481264, Fax. 0231-489926, Email: prophetic.bki@syekhnurjati.ac.id / Email: prophetic.jurnal@gmail.com