Tingkat Efikasi Diri Performa Akademik Mahasiswa Ditinjau Dari Perspektif Dimensi Bandura

Siti Fatimah(1*), Ardian Renata Manuardi(2), Rini Meilani(3),


(1) IKIP Siliwangi
(2) IKIP Siliwangi
(3) IKIP Siliwangi
(*) Corresponding Author

Abstract


Efikasi diri performa akademik adalah keyakinan atas kemampuan diri sendiri dalam melakukan segala aktivitas yang menunjang proses belajar individu. Perkembangan efikasi diri dalam tiap fase dibutuhkan kompetensi dari individu itu sendiri untuk berhasil melalui tiap fase tersebut, meskipun tahap perkembangan yang dilalui individu tidaklah sama. Hal ini dikarenakan permasalahan dalam pendidikan sangat kompleks, dimulai dengan perubahan struktur kurikulum yang selalu berubah setiap pergantian pemangku kepentingan juga permasalahan teknis lainnya yang berimbas langsung kepada proses-proses pendidikan yang sedang berlangsung. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat efikasi diri mahasiswa Bimbingan dan Konseling IKIP Siliwangi dari perspektif dimensi Bandura. Metode yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dengan menganalisis data yang diperoleh dari angket yang disebarkan secara daring. Hasil dari penelitiannya adalah 23,9% mahasiswa berada pada kategori efikasi diri performa akademik rendah, disusul sebanyak 61,2 % mahasiswa yang termasuk ke dalam kategori efikasi diri performa akademik sedang, dan terakhir terdapat 14,9% mahasiswa yang termasuk ke dalam kategori efikasi diri performa akademik tinggi. Kemudian, tingkat efikasi diri performa akademik ini lebih banyak dipengaruhi oleh tingkat kekuatan dan kemantapan individu terhadap keyakinannya serta kemampuan individu dalam menguasai suatu tugas.


Keywords


Efikasi Diri; Performa Akademik; Mahasiswa; Dimensi Bandura.

Full Text:

PDF

References


Alwisol. (2004). Psikologi Kepribadian. Malang: UMM.

Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Azwar, S. (2010). Penyusunan Skala Psikologi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Bachria, R. D. (2012). Efikasi Diri Pada Performa Akademik Asisten Dosen Fakultas Psikologi Universitas Muhammadiyah Surakarta (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).

Bandura, A. (1995). Self-Efficacy in Changing Societies. New York: Cambridge University Press.

Bandura, A. (1997). Self Efficacy The Exercise of Control. New York: W. H. Freeman And Company.

Bart, S. (1994). Psikologi Kesehatan. Jakarta: PT. Gramedia Widiasarna Indonesia.

Bernardin, H. J & Russel, J. E. A. (1993). Human Resource Management. Singapore: McGraw Hill, inc.

Corey, G. (2007). Teori dan Praktek Konseling dan Psikoterapi. Bandung: RefikaAditama.

Damayanti, D. (2017). Kontribusi Self Efficacy Terhadap Motivasi Berprestasi Peserta Didik Kelas V Sdn Gugus 1 Kecamatan Sandubaya Kota Mataram Tahun Pelajaran 2016/2017. S1 Thesis, Universitas Mataram.

Faradillah, S. S., & Amriana, A. (2020). Cognitive-Behavioral Therapy dengan Teknik Thought Stopping untuk Menangani Trauma Psikologis Mahasiswa yang Mengalami Broken Home. Prophetic: Professional, Empathy and Islamic Counseling Journal, 3(1), hlm. 83-94.

Fatimah, S., Suherman, M. M., & Rohaeti, E. E. (2019). Pelatihan Penerapan Metode Plans Untuk Mengembangkan Efikasi Diri Dalam Pengambilan Keputusan Karier Siswa Di Kabupaten Purwakarta. Jurnal Bimbingan dan Konseling Islam, 9(2), hlm. 121-130.

Hakim, L. (2021). Penguatan Efikasi Diri Pada Pribadi Introvert. Jurnal Konseling Pendidikan Islam, 2(1), hlm. 203-216.

Jones, R. N. (2011). Teori dan Praktik Konseling dan Terapi (Eds 4). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Liwu, Y. F.D. (2014). Self Efficacy Mahasiswa Dalam Mengerjakan Skripsi Dan Implikasinya Terhadap Upaya Peningkatan Self Efficacy. Skripsi. Yogyakarta: Universitas Sanata Dharma Yogyakarta.

Madihah, M. (2019). Bibliokonseling Sebagai Upaya Meningkatkan Efikasi Diri Akademik Seorang Siswi Di MTs Miftahul Ulum Baturetno Singosari Malang (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Sunan Ampel).

Makaria, E. C., Rachman, A., & Rachmayanie, R. (2019). Korelasi Kepercayaan Diri dan Efikasi Diri Akademik Mahasiswa Program Studi Bimbingan Dan Konseling Angkatan 2018. JKI (Jurnal Konseling Indonesia), 5(1), hlm. 1-5.

Manuardi, A. R. (2018). Pengaruh Strategi Restrukturisasi Kognitif terhadap Efikasi Diri Performansi Akademik Mahasiswa Psikologi Universitas Negeri Malang. http://mulok.library.um.ac.id/index3.php/89082.html.

Maryam, S. (2015). Self efficacy anak didik pemasyarakatan di Lapas anak kelas IIA Blitar (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim).

Nursa, R. A. (2021). Analisis Persepsi Peserta Didik Terhadap Bimbingan Dan Konseling Di SMAN 1 Tapan. Journal of Islamic Education and Innovation, 2(1), hlm. 70-78.

Ormrod, J.E. (2008). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Erlangga

Permana, H., Harahap, F., & Astuti, B. (2016). Hubungan Antara Efikasi Diri Dengan Kecemasan Dalam Menghadapi Ujian Pada Siswa Kelas IX di MTs Al Hikmah Brebes. Hisbah: Jurnal Bimbingan Konseling dan Dakwah Islam, 13(2), hlm. 51-68.

Prianto, F. X. R. (2010). Efikasi Diri Pada Mahasiswa Psikologi Universitas Sanata Dharma Yang Sedang Mengerjakan Skripsi. Skripsi (tidak diterbitkan). Yogyakarta: Fakultas Psikologi Universitas Sanata Dharma.

Rachmahana, R. S. A. (2008). Peran Efikasi Diri Terhadap Prestasi Dan Performansi: Meta Analisis. Psikologika: Jurnal Pemikiran dan Penelitian Psikologi, 13(25), hlm. 15-24.

Rustika, I. M. (2012). Efikasi Diri: Tinjauan Teori Albert Bandura. Buletin Psikologi, 20(1-2), hlm. 18-25.

Simaremare, C. O. (2018). Efikasi Diri Mahasiswa Dalam Menyelesaikan Studinya (Studi Kasus Pada Mahasiswa Pendidikan Ekonomi). Jurnal efikasi diri mahasiswa dalam menyelesaikan studinya (Studi Kasus Pada Mahasiswa Pendidikan Ekonomi).

Schunk, Dale. H. (2012). Learning Theories: An Educational Perspectives, 6th Edition. New York: Pearson Education Inc.

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R &D. Bandung: Alfabeta.

Tamimi, I. (2019). Pengaruh Self Efficacy, Disiplin Kerja, Dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Bagian Produksi Pada UD Roti Matahari Pasuruan.

Wahyuni, S. F., & Dahlia, D. (2020). Hubungan Antara Efikasi Diri Akademik Dengan Prestasi Akademik Pada Siswa Sma Di Banda Aceh. Seurune Jurnal Psikologi Unsyiah, 3(2), hlm. 80-100.




DOI: 10.24235/prophetic.v4i1.8753

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Prophetic Indexed By:  

 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

View My Stats Prophetic: Professional, Empathy and Islamic Counseling Journal Published by Department Islamic Guidance Counseling, Faculty of Ushuluddin, Adab and Da'wah, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

Editorial Office:

FUAD Building, 2nd Floor, Department Islamic Guidance Counseling, Faculty of Ushuluddin, Adab and Da'wah, IAIN Sheikh Nurjati Cirebon.  Perjuangan Street of Sunyaragi, Cirebon City, West Java, Indonesia 45132 Phone. 0231-481264, Fax. 0231-489926, Email: prophetic.bki@syekhnurjati.ac.id / Email: prophetic.jurnal@gmail.com