Pola Asus Ibu Karir pada Anak di Masa Pandemi Covid-19 dalam Pendidikan Agama Islam di Desa Tlompakan, Kecamatan Tuntang, Kabupaten Semarang

Annisa Indah Nurina(1*), Naimatus Tsaniyah(2),


(1) IAIN Salatiga
(2) UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pola asuh yang dilakukan oleh ibu karir dalam pendidikan Islam pada anak dimasa pandemi Covid-19 di Desa Tlompakan, Kecamatan Tuntang, Kabupaten Semarang Tahun 2020. Penelitian ini adalah penelitian lapangan yang menggunakan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini adalah ibu karier. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kebanyakan ibu yang berkarier di Desa Tlompakan, Kecamatan Tuntang, Kabupaten Semarang Tahun 2020 pada masa pandemi Covid-19 mempunyai karakteristik, yaitu (1) membuat jadwal belajar; (2) komunikasi; (3) jam sekolah yang dilakukan dirumah dan pendidikan agama lebih banyak; serta (4) membagi peran mengasuh. Lebih lanjut, para ibu karier memasukan ajaran agama Islam sejak dalam kandungan. Penanaman pendidikan agama yang kuat, berakhlak, dan pandai dalam membaca Al-Quran adalah efek dari pola asuh orang tua yang dipupuk sejak kecil. Pola asuh yang demokrasi pula mampu mengembangkan anak-anak dari segi: (1) perkembangan fisik yang kuat agar tidak menjadi muslim yang pemalas; (2) perkembangan kognitif yang baik agar menjadi muslim yang cerdas dalam intelektualitasnya; dan (3) perkembangan sosial agar menjadi manusia yang baik menjalin dengan makhluk-makhluk Allah secara bijaksana. Adapun faktor pendukung dan penghambat pola asuh ibu karir di Desa Tlompakan pada masa pandemi Covid-19 dalam pendidikan Agama Islam yang utama berkaitan dengan latar belakang ibu karier, kondisi pandemi, dan lingkungan sekitar.


Keywords


Pola Asuh Anak; Ibu Karier; Pendidikan Agama Islam; Covid-19.

Full Text:

PDF

References


Fadillah, Ika dkk. (2010). Hubungan Tipe Pola Asuh Orang Tua dengan Emotional Quotient pada Anak Usia Prasekolah di TK Islam AlFatihah Sumampir Purwokwrto Utara. Jurnal Keperawatan Soedirman (The Soedirman Journal of Nursing), 1(1), hlm 20-32.

Fara, Raissa, Putri.(2013). Pola Pengasuhan Oleh Polisi Wanita (Studi Deskriptif Mengenai Pola Asuh Anak Oleh Polisi Wanita). Surabaya: Tidak Diterbitkan.

Kartono, Kartini. (2007). Penerapan Keluarga Memandu Anak. Jakarta: Rajawali.

Leter. (1985). Tuntunan Rumah Tangga Muslim dan Keluarga Berencana. Padang: Angkasa Raya.

Santrock, John W. (2007). Psikologi Pendidikan (Edisi Kedua). Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Tri, Siwi. (2005). Simposium Riset Ekonomi Pengaruh Komitmen Profesi, Partisipasi Anggaran dan Self-Efficacy terhadap Konflik Peran. Yogyakarta: Studi Empiris Pada Wanita Karir.

Ummu, Sufyan. (2007). Senarai Konflik Rumah Tangga. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Zakiyah, Dradjat. (1994). Pendidikan Islam dalam Keluarga dan Sekolah. Jakarta: Ruhama.

Zakiyah, Darajat. (2005). Ilmu Jiwa Agama. Jakarta: Bulan Bintang.




DOI: 10.24235/prophetic.v4i1.8760

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Prophetic Indexed By:  

 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

View My Stats Prophetic: Professional, Empathy and Islamic Counseling Journal Published by Department Islamic Guidance Counseling, Faculty of Ushuluddin, Adab and Da'wah, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

Editorial Office:

FUAD Building, 2nd Floor, Department Islamic Guidance Counseling, Faculty of Ushuluddin, Adab and Da'wah, IAIN Sheikh Nurjati Cirebon.  Perjuangan Street of Sunyaragi, Cirebon City, West Java, Indonesia 45132 Phone. 0231-481264, Fax. 0231-489926, Email: prophetic.bki@syekhnurjati.ac.id / Email: prophetic.jurnal@gmail.com