Pengembangan Hipotetik Modul Bimbingan dan Konseling tentang Kesehatan Reproduksi Remaja Perempuan

Gita Afriani(1*), Evi Afiati(2), Putri Dian Dia Conia(3),


(1) Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
(2) Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
(3) Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
(*) Corresponding Author

Abstract


Media memiliki peran penting dalam pemberian layanan bimbingan dan konseling kepada siswa. Penelitian ini bertujuan mengembangkan media bimbingan dan konseling dalam bentuk modul tentang kesehatan reproduksi remaja perempuan. Tujuannya untuk membantu guru bimbingan dan konseling dalam memberikan informasi, serta menarik minat siswa belajar tentang kesehatan reproduksi remaja perempuan. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah penelitian pengembangan (R&D) model Borg & Gall. Model Borg & Gall di sederhanakan menjadi tujuh tahap yaitu, potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi desain, uji coba produk, revisi produk awal. Uji validasi modul dilakukan oleh satu orang ahli media dan satu orang ahli materi. Sementara, untuk uji coba produk dilakukan kepada 30 siswa sebagai calon pengguna modul. Hasil uji validasi yang dilakukan mencapai 81% oleh ahli materi, 83% oleh ahli media, dan 89%  oleh siswa. Berdasarkan uji validasi dan produk yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa modul bimbingan dan konseling kesehatan reproduksi remaja perempuan layak diimplementasikan kepada siswa.


Keywords


Modul Bimbingan dan Konseling; Kesehatan Reproduksi; Remaja Perempuan.

Full Text:

PDF

References


BKKBN. (2001). Program Keluarga Berencana Nasional. Jakarta: BKKBN.

BKKBN, BPS, & Kemkes. (2018). Survei Demografi dan Kesehatan Indonesia 2017 : Buku Remaja. Dipetik Januari 2020, dari https://e-koren.bkkbn.go.id

Depdiknas. (2008). Pengembangan Bahan Ajar. Sosialisasi KTSP. Dipetik 2020, dari http://dc218.4shared.com

Kusmiran, E. (2011). Kesehatan Reproduksi Remaja dan Wanita. Jakarta: Salemba Medika.

Prasetiawan, H. (2017). Media Dalam Layanan Bimbingan Dan Konseling. Dipetik 2020, dari http://lpp.uad.ac.id

Rosyidah, H., & Lukitaningsih, R. (2014). Pengembangan Modul Kesehatan Reproduksi Remaja Pada Siswa Kelas X SMAN 1 Menganti.

Rusdiana, E. H. (2013). Pengembangan Modul Pembelajaran Cahaya dengan Pendekatan Keterampilan Proses. Universitas Negeri Semarang. Dipetik 2020, dari lib.unnes.ac.id

Santrock, J. W. (2003). ADOLESCENCE Perkembangan Remaja. Jakarta: Erlangga.

Sugiyono. (2008). Metode Penelitian Pendidikan : (Pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R & D). Alfabeta.

Tjalla, A., Komalasari, G., & Asharika, E. (2016). Pengembangan Hipotetik Buku Bantuan Diri Tentang Bahaya Merokok. Jurnal Bimbingan Konseling, 5. Dipetik Mei 20, 2020, dari journal.unj.ac.id

Winarti, E. (2017). Buku Ajar Kesehatan Reproduksi untuk Mahasiswa Kebidanan. Sidoarjo: Indomedia Pustaka.




DOI: 10.24235/prophetic.v4i1.8762

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Prophetic Indexed By:  

 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

View My Stats Prophetic: Professional, Empathy and Islamic Counseling Journal Published by Department Islamic Guidance Counseling, Faculty of Ushuluddin, Adab and Da'wah, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

Editorial Office:

FUAD Building, 2nd Floor, Department Islamic Guidance Counseling, Faculty of Ushuluddin, Adab and Da'wah, IAIN Sheikh Nurjati Cirebon.  Perjuangan Street of Sunyaragi, Cirebon City, West Java, Indonesia 45132 Phone. 0231-481264, Fax. 0231-489926, Email: prophetic.bki@syekhnurjati.ac.id / Email: prophetic.jurnal@gmail.com